Hingga Puluhan Miliar, Ini Lho Mobil Kepresidenan yang Dipakai para Pemimpin Dunia

3 menit
Mobil Kepresidenan Termahal di Dunia (Shutterstock).
Mobil Kepresidenan Termahal di Dunia (Shutterstock).

Seorang kepala negara harus dijamin keamanannya di mana pun dirinya berada. Makanya mobil kepresidenan yang dipilih sebagai kendaraan kepala negara harus dibekali fitur-fitur yang mampu menghindarkannya dari bahaya yang sewaktu-waktu bisa aja terjadi.

Wajar aja kalau mobil kepresidenan itu memiliki harga yang sangat mahal. Selain mesti bisa melindungi, rupanya keberadaan mobil kepresidenan menjadi simbol status lho di sebagian kepala negara.

Itulah kenapa pemilihan mobil-mobil kepresidenan gak cuma mempertimbangkan segi keamanan, tapi juga modelnya yang mampu bikin mata banyak orang terpana. Nah, dari sekian banyak kepala negara, beberapa dari mereka menaiki mobil yang super mahal lho harganya.

Penasaran siapa aja kepala negara tersebut dan berapa harga mobil kepresidenan yang mereka gunakan? Berikut ini ulasannya seperti yang dikutip dari Statista.

Baca juga: Terbuat dari Emas 120 Kilogram, Ini 7 Mobil Rolls Royce Termahal di Dunia

Deretan mobil kepresidenan dari Donald Trump, Xi Jinping, Ratu Elizabeth II, hingga Putin, Berapa harganya?

Mobil Kepresidenan
Berapa sih harga mobil presiden? (Shutterstock).

Statista mencatat beberapa kepala negara yang diketahui memiliki mobil kepresidenan mulai dari harga ratusan ribu dolar hingga jutaan dolar. Itu berarti harganya dari miliaran hingga puluhan miliar. Berikut ini daftarnya.

Negara Kepala Negara Mobil Kepresidenan Harga
Amerika Serikat Donald Trump Cadillac One “The Beast” US$ 1.500.000
China Xi Jinping Hongqi L5 US$ 800.000
Spanyol Felipe VI Rolls-Royce Phantom IV US$ 750.000
Inggris Elizabeth II Bentley Arnage US$ 300.000
Jerman Angela Markel Mercedes-Benz S600 US$ 196.000
Russia Vladimir Putin Aurus Senat US$ 160.000

 

Walaupun dari tabel di atas mobil kepresidenan milik Vladimir Putin menjadi paling murah, spesifikasi yang dimilikinya gak main-main lho. Mobil mewah alias limusin benar-benar berlapis baja. Itu berarti mobil gak mudah ditembus peluru.

Mobil kepresidenan yang diproduksi perusahaan otomotif Rusia NAMI memiliki kapasitas 4.379 cc dan kecepatan maksimum hingga 155 meter per jam. Rencananya sih mobil yang dipakai Putin ini bakal diekspor. Tinggal tunggu aja kapan mobil ini bisa dibeli.

Baca juga: 3 Crazy Rich yang Pernah Beli Mobil Raffi Ahmad, Salah Satunya Sunan Kalijaga

Dijual dengan harga US$ 1,5 juta atau Rp 21 miliaran, ini spesifikasi yang ditawarkan mobil Donald Trump

Mobil Kepresidenan
Mobil khusus kedinasan milik Donald Trump (Shutterstock).

Seperti yang kamu udah tahu, Donald Trump menjadi kepala negara yang memiliki mobil kepresidenan dengan harga yang paling mahal. Gak tanggung-tanggung, mahalnya mobil Cadillac One “The Beast” ini mencapai US$ 1,5 juta atau sekitar Rp 21,13 miliar.

Alih-alih bakal dikendarai saat pelantikan Donald Trump pada 20 Januari 2017, mobil kepresidenan The Beast rupanya pertama kali digunakan pada 24 September 2018. Saat itu Donald Trump melakukan perjalanan kenegaraan ke Kota New York.

Meskipun punya embel-embel Cadillac di namanya, pembuatan chassis, mesin diesel, dan transmisi mobil limusin ini dilakukan General Motors (GM). Namanya mobil kepresidenan pastinya mobil mewah ini kebal terhadap peluru.

Asal tahu aja nih, bahan yang digunakan sebagai bodi mobil adalah kombinasi dari baja, aluminium, titanium, dan keramik. Sementara bannya yang besar ditambah kevlar di dalam sehingga tetap bisa terus melaju walaupun ban nya hancur.

Terus nih pintu mobil Cadillac One mengadopsi kecanggihan pintu pesawat Boeing 757 lho. Kenapa dibilang canggih? Sebab sang presiden bakal tetap aman sekalipun melintas di jalan yang diselimuti gas kimia.

Ditambah lagi mobil ini punya kulkas yang dipakai buat menyimpan darah lho. Darah yang ada di kulkas tersebut merupakan darah yang golongannya sama dengan golongan darah Trump.

Darah itu sendiri digunakan seandainya terjadi apa-apa terhadap Trump. Pantas aja ya mobilnya mahal banget ternyata ada kulkas darahnya segala.

Itu tadi informasi mengenai deretan mobil kepresidenan milik kepala negara yang harganya fantastis. Walaupun identik dengan harganya yang mahal, rupanya ada juga lho presiden yang sukanya pakai mobil biasa seperti Presiden Uruguay Jose Mujica yang ke mana-mana berkendara dengan Volkswagen Beetle tua keluaran tahun 1987. Gimana menurutmu, Presiden lebih baik pakai mobil kepresidenan atau mobil biasa-biasa aja? (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!