4 Sosok Ini Lebih Tajir dari Orang Terkaya di Dunia, Ada yang Hartanya Rp 2.800 T

3 menit
Vladimir Putin masuk dalam deretan orang terkaya di dunia
Vladimir Putin masuk dalam deretan orang terkaya di dunia (Shutterstock)

Percaya gak percaya, deretan orang terkaya di dunia seperti Mark Zuckerberg, Amancio Ortega, Warren Buffett, Bill Gates, hingga Jeff Bezos masih kalah tajir sama orang-orang ini. Siapa ya mereka?

Sayangnya, Forbes, Fortune, atau Bloomberg gak pernah merilis informasi kekayaan seputar orang-orang yang kabarnya lebih tajir dari orang terkaya di dunia.

Alasannya, karena media-media tersebut umumnya gak pernah memasukkan informasi kekayaan dari elite politik atau anggota keluarga kerajaan.

Bukan perkara mudah juga untuk melacak aset-aset mereka. Pasalnya, orang-orang ini gak pernah transparan soal kepemilikan harta mereka.

Pengin tahu siapa saja deretan orang terkaya di dunia yang disebut jauh lebih tajir dari Jeff Bezos? Yuk, simak rangkuman MoneySmart berikut:

1. Vladimir Putin

Vladimir Putin
Vladimir Putin

Presiden Rusia tampaknya sering disebut media asing sebagai sosok yang masuk dalam deretan orang terkaya di dunia “sesungguhnya”. Pasalnya, Putin disinyalir mengantongi kekayaan US$ 200 miliar atau setara Rp 2.800 triliun!

Yang jelas, gaji Putin dalam setahun mencapai Rp 1,5 miliaran, dia juga punya rekening di 13 bank. Belum lagi, dia menyimpan banyak aset properti ratusan lembar saham di bank St Petersburg.

Gak heran sih kalau kekayaan orang nomor satu Rusia itu memang melebihi pendiri Amazon, pria terkaya di dunia.

Dia memiliki koleksi 700 unit mobil, punya kapal pesiar mewah, 58 pesawat, dan juga jam tangan yang harganya miliaran rupiah.

Baca juga: Jangan Merasa Orang Kaya Benaran Kalau Belum Pernah Lakukan 5 Olahraga Ini

2. Hosni Mubarak

Hosni Mubarak
Hosni Mubarak

Hosni Mubarak merupakan mantan Presiden Mesir yang telah berkuasa di Negeri Piramida dari 1981 hingga 2011.

Pria yang memimpin Mesir dengan tangan besi ini disinyalir mengantongi kekayaan US$ 700 miliar! Tapi, data tersebut pada tahun 2011.

Jelas kekayaan itu lebih besar dari Jeff Bezos yang menyandang gelar orang terkaya di dunia. Bezos mengantongi kekayaan US$ 136 miliar alias Rp 1.836 triliun!

Kabarnya, jumlah aset yang cukup besar itu disembunyikan keluarga Mubarak. Dan, sebagian besar aset itu adalah aset negara yang dia curi. Wah, seram ya korupsinya!

Baca juga: Ini Pola Pikir yang Gak Ditemukan di Orang Miskin, tapi Ada di Orang Kaya

3. Keluarga Al Saud

Keluarga Al-Saud
Keluarga Al-Saud

Menurut laporan dari lembaga konsultan bisnis, Brand Finance, total kekayaan keluarga Kerajaan Inggris adalah US$ 88 miliar atau Rp 1.233 triliun. Itu jelas gak ada apa-apanya sama Jeff Bezos.

Lantas, bagaimana dengan keluarga Al Saud? Ternyata, CNBC memprediksikan keluarga yang menguasai Arab Saudi itu memiliki total aset lebih dari US$ 1 triliun. Kalau dirupiahkan tentu saja lebih dari Rp 14 ribu triliun. Angka yang fantastis!

Harta Raja Salman sudah mencapai Rp 244 triliun. So, gak heran kalau harta dari seluruh anggota keluarga kerajaannya bisa melampaui orang terkaya di dunia sekalipun.

Keluarga Al Saud memang dibebaskan memilih pekerjaan sesuai yang mereka mau. Dan, Arab Saudi merupakan salah satu negeri penghasil minyak terbesar di dunia. Gak heranlah, Raja Minyak kok dilawan!

4. Keluarga Rothschild

Keluarga Rothschild (luxury-insider.com)
Keluarga Rothschild (luxury-insider.com)

Total aset deretan orang terkaya di dunia juga masih kalah sama aset keluarga Rothschild. Kamu familiar sama nama mereka yang identik dengan teori konspirasi?

Keluarga Rothschild merupakan keluarga terkaya di dunia di era Napoleon masih berkuasa. Kejayaan Rothschild dimulai dari Mayer Amschel Rothschild. Pria itulah yang mendirikan bisnis perbankan terbesar di Jerman.

Total aset dari keluarga yang sering disebut sebagai pemicu Perang Dunia ini dikabarkan mencapai US$ 2 triliun atau Rp 28 ribu triliun. Wow!

Beberapa nama Rothschild memang ada yang muncul di Forbes. Namun, kalau digabung semua, total kekayaan mereka bisa mencapai US$ 2 triliun.

Itulah empat orang dan keluarga yang asetnya mengalahkan deretan orang terkaya di dunia. Sayangnya, Forbes dan kawan-kawan memang gak pernah mengunggah informasi kekayaan soal mereka yang aktif di dunia politik. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!