Jadi Tempat Wisata Favorit, Ini 5 Destinasi Wajib di Nusa Penida yang Indahnya Bikin Takjub!

4 menit
wisata nusa penida
Paluang Cliff. (MoneySmart.id/Dewi Puri)

Beberapa tahun belakangan mulai berhamburan foto maupun video pemandangan indah tempat-tempat wisata Nusa Penida di dunia maya. Ya, Nusa Penida yang terletak di Pulau Dewata, Bali memang kini kian menjadi destinasi liburan bagi banyak orang, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Gimana gak, perpaduan laut biru dengan pasir putihnya membuat keindahan pulau yang berada di sebelah tenggara Bali itu patut diacungi jempol.

Makanya gak heran kalau banyak orang yang rela mengantri dari pagi hari di Pelabuhan Sanur dan harus menaiki fast boat selama 45 menit dengan arus ombak yang tinggi untuk bisa sampai di Nusa Penida.

Belum lagi kamu juga harus melewati jalanan yang terbilang sempit, belum mulus dan juga berkelok-kelok. Tapi semua hal itu terbayarkan dengan pemandangan tempat wisata Nusa Penida yang begitu indah.

Ditambah lagi kamu dapat mengunjungi beberapa tempat wisata yang dijamin akan membuat kamu takjub dengan keindahan alam di Nusa Penida.

Penasaran apa saja objek wisata yang wajib banget kamu kunjungi saat datang ke tempat wisata Nusa Penida? Berikut ini lima di antaranya.

Baca juga: Nusa Penida Hingga Jelajah Beach Club, Ini Trik Liburan Mewah di Bali dengan Bujet Rp 1,5 Juta

1. Wisata Nusa Penida, Crystal Bay

wisata nusa penida
Crystal Bay. (MoneySmart/Dewi Puri)

Objek wisata pertama yang bisa kamu kunjungi saat ke Nusa Penida adalah Pantai Crystal Bay. Sesuai dengan namanya, pantai ini menawarkan keindahan air laut yang sangat bening layaknya kristal. Terdapat juga gugusan bukit di tengah laut yang semakin memanjakan mata.

Tak hanya bening, pantai yang satu ini juga memiliki alam bawah laut yang mengagumkan. Makanya gak heran kalau banyak wisatawan yang melakukan aktivitas snorkeling dan scuba diving di pantai tersebut.

Pemandangan daratnya pun tak kalau indah, kamu akan disuguhkan hamparan pasir yang luas dan kursi payung warna-warni di bibir pantai yang membuat pemandangan semakin indah.

Baca juga: Kerap Tolak Pengunjung, Begini Caranya Bisa Masuk Club La Favela Bali!

2. Angel’s Billabong

wisata nusa penida
Angel’s Billabong. (MoneySmart.id/Dewi Puri)

Tempat selanjutnya yang juga harus banget kamu datangi adalah Angel’s Billabong di mana kamu bisa merasakan suasana tenang berenang di surga tersembunyinya Nusa Penida.

Angel’s Billabong merupakan muara akhir sungai sebelum sampai ke lautan lepas. Kamu akan melihat kolam alami yang sangat indah dan memukau dengan batuan karang warna hijau kekuningan.

Namun, ada waktu-waktu tertentu untuk bisa berenang di tempat tersebut yakni selain bulan Juli, Agustus dan September. Pasalnya di bulan-bulan tersebut ombak sangat besar jadi bisa membahayakan pengunjung.

“Kalau di bulan Juli sampai September gak boleh berenang di Angel’s Billabong karena arusnya ombaknya besar, takut nanti pengunjungnya malah terbawa arus,” ungkap Made tour guide yang mengantar MoneySmart jelajah wisata Nusa Penida.

Baca juga: Klub Malam Terbaik Hingga Langganan DJ Terkenal, Ini Fakta Menarik Klub Sky Garden Bali

3. Pantai Pasih Uug atau Broken Beach

wisata nusa penida
Pantai Pasih Uug. (MoneySmart.id/Dewi Puri)

Kurang lengkap rasanya kalau berlibur ke Nusa Penida tidak mampir ke Pantai Pasih Uug atau Broken Beach. Selain keindahannya, pantai tersebut juga dikenal dengan keunikannya karena memiliki sebuah tebing yang terdapat lubang di bagian tengahnya.

Birunya air laut di Pantai Pasih Uug ini semakin indah dengan adanya tebing yang mengelilingi. Di sekitar tempat wisata nusa penida tersebut juga terdapat rerumputan hijau yang kian memanjakan mata.

Di area Broken Beach juga banyak sekali spot untuk berfoto ria. Jadi, jangan lupa membawa kamera dan sunblock ya biar kulitmu tidak gosong.

4. Kelingking Beach

wisata nusa penida
Kelingking Beach. (MoneySmart.id/Dewi Puri)

Kelingking Beach juga menjadi salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Nusa Penida. Tak hanya hamparan laut biru yang luas, Pantai Kelingking juga memiliki tebing karang yang berbentuk menyerupai dinosaurus jenis T-Rex yang menghadap lautan lepas.

Namun untuk bisa melihat keindahan laut tersebut, kamu perlu menuruni anak tangga yang cukup panjang dan bahkan harus antre untuk bisa berpose di tebing Pantai Kelingking.

5. Paluang Cliff

wisata nusa penida
Paluang Cliff. (MoneySmart.id/Dewi Puri)

Tak jauh dari Kelingking Beach, terdapat objek wisata lainnya yakni Paluang Cliff. Jadi bisa dibilang, Paluang Cliff merupakan hidden spot untuk melihat keindahan batu di Kelingking Beach dari sudut pandang yang berbeda.

Gak cuma itu aja, di Paluang Cliff juga terdapat beberapa sarang walet berbentuk unik yang bisa kamu jadikan spot untuk berfoto ria. Namun, kamu harus mengeluarkan uang Rp 10 ribu untuk berfoto di tiga spot di tempat tersebut.

Nah, itu dia lima destinasi yang wajib banget kamu datangi saat berkunjung ke tempat-tempat wisata Nusa Penida, Bali. Namun, agar liburanmu menyenangkan, selain minum obat anti mabuk buat kamu yang mabuk perjalanan, jangan lupa menggunakan sunblock agar kulitmu tidak terbakar matahari. Selamat berlibur! (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.