Destinasi Wisata Warisan Dunia Ini Ada di Indonesia, Pernah Dikunjungi Mark Zuckerberg!

3 menit
destinasi wisata
Destinasi wisata warisan dunia di Indonesia wajib dikunjungi (Shutterstock)

Indonesia mempunyai warisan dunia paling baru yang diberikan UNESCO, yaitu Ombilin Sawahlunto di Sumatera Barat, beberapa waktu lalu.

Nama tersebut menyusul beberapa destinasi wisata lainnya yang udah menyandang gelar serupa, dan banyak dikunjungi pelancong dalam maupun luar negeri.

Sebagai negara yang kaya sumber daya dan keindahaan alamnya, Indonesia mempunyai ratusan hingga ribuan tempat wisata yang tersebar dari ujung Sabang sampai Marauke.

Meski banyak yang seru dan asyik-asyik, gak semua lokasi liburan menyandang gelar warisan dunia dari UNESCO. Pasalnya, hanya objek wisata tertentu yang memiliki nilai sejarah dan sosial tinggi bisa mendapatkannya.

Di Indonesia, tercatat paling gak 14 warisan dunia yang berupa alam, taman nasional, dan karya budaya.

Nah, kalau kamu lagi merencanakan liburan bareng teman bisa cek lima rekomendasi destinasi wisata di Indonesia yang udah dapat pengakuan UNESCO sebagai warisan dunia berikut:

1. Candi Borobudur

Destinasi wisata
Destinasi wisata Candi Borobudur

Di urutan pertama, ada destinasi wisata Candi Borobudur yang berada di kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Nama warisan dunia ini udah dikenal sejagat karena cerita sejarahnya yang sangat panjang.

Bahkan, tokoh mancanegara seperti Mark Zuckerberg, Richard Gere, hingga Mariah Carey sempat mengunjungi bangunan yang sudah didirikan dari tahun 800-an Masehi itu. Gelar warisan dunia udah dipegang semenjak tahun 1991 lalu.

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Mahal, Salah Satunya Bukan di Bumi Ini

Buat kamu yang pengin ke Candi Borobudur, bisa menyiapkan uang sekitar Rp 40 ribuan untuk satu orang untuk membeli tiket masuknya. 

2. Candi Prambanan

Destinasi wisata
Destinasi wisata Candi Prambanan

Selanjutnya, ada destinasi wisata Candi Prambanan yang lokasinya berada di daerah Sleman, Yogyakarta.

Bangunan ini merupakan candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Dan, dibangun pada abad 9 Masehi, gak berbeda terlalu jauh dengan candi Borobudur.

Penyanyi-penyanyi luar negeri juga banyak yang pernah mengunjungi Candi Prambanan seperti Kenny G hingga boyband legendaris Boyzone.

Kerennya lagi, pada tahun 2019 ajang musik konser Jazz terbesar di Indonesia yakni Java Jazz menggunakan Prambanan sebagai lokasi perhelatannya.

Sama seperti Borobudur, Candi Prambanan dikukuhkan sebagai warisan dunia pada tahun 1991. Harga tiket masuknya juga gak mahal hanya sekitar Rp 30 ribuan aja.

3. Taman Nasional Lorentz

Destinasi wisata
Destinasi wisata Taman Wisata Lorentz

Bisa jadi sebagian dari kamu masih belum familiar sama nama Taman Nasional Lorentz. Taman satu ini berlokasi di Provinsi Papua dan udah menjadi warisan dunia UNESCO sejak tahun 1999.

Luasnya mencapai 2,4 juta hektar yang membentang di daerah selatan Papua. Untuk bisa masuk ke destinasi wisata satu ini, kamu bisa datang dari Kota Timika, Wamena dan Enarotali.

Terdapat beragam tanaman dan hewan asli yang hidup di ekosistem alamnya. Harga tiket masuknya pun gratis. Hanya saja, kalau kepengin mendaki harus meminta izin dulu dengan petugas setempat.

4. Taman Nasional Gunung Leuseur

Destinasi wisata
Destinasi wisata taman nasional Gunung Leuseur

Di urutan keempat, ada Taman Nasional Gunung Leuseur yang berlokasi di Sumatera Utara dekat provinsi Aceh. UNESCO mengesahkannya sebagai warisan dunia pada tahun 2004.

Yang menjadi daya tarik utama destinasi wisata satu ini adalah keanekaragaman binatang yang hidup bebas di alam. Terutama, binatang Orang Utan.

Untuk jalan-jalan ke Taman Nasional Gunung Leuseur, kamu tinggal menyiapkan kocek sekitar Rp 5.000 sampai Rp 10 ribuan.

5. Taman Nasional Ujung Kulon

Destinasi wisata
Destinasi wisata Taman Nasional Ujung Kulon

Yang terakhir adalah Taman Nasional Ujung Kulon yang berlokasi paling dekat dari Ibu Kota DKI Jakarta, yaitu di Provinsi Banten.

Taman Nasional Ujung Kulon telah mendapat pengakuan warisan dunia sejak tahun 1991. Di sini juga terdapat wilayah konservasi binatang Badak bercula satu yang populasinya udah terancam punah.

Kalau kamu pengin mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon, siapkan uang sekitar Rp 5 ribuan untuk membeli tiket masuk. 

Itulah lima destinasi wisata di Indonesia yang udah dapat gelar warisan dunia dari UNESCO. Dari kelima nama tersebut, mana nih yang udah pernah kamu kunjungi, guys? (Editor: Chaerunnisa)

 

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!