Mutiara yang Tersembunyi! Nusa Penida Masuk 10 Destinasi Wisata Favorit 2019

2 menit
Nusa Penida (IG explorenusapenida)

Destinasi wisata favorit pada tahun 2019 sudah mulai direkomendasikan berbagai situs traveling, salah satunya booking.com. Lewat situs tersebut, Nusa Penida, Bali masuk 10 besar destinasi wisata paling direkomendasikan pada 2019.

Bukan tak beralasan, situs traveling itu mengungkapkan, hampir separuh dari total traveler global (45%) menginginkan petualangan menantang. Begitu menurut laporan yang dirilis pada 18 Oktober lalu.

“Sebanyak 58% keinginan tersebut disampaikan oleh para pelancong berusia 18-34 tahun,” ungkap booking.com.

“Pada tahun depan, sebanyak 51% traveler juga ingin mengunjungi tempat yang belum pernah dikunjungi sahabatnya dan sebanyak 60% traveler berusia 25-34 tahun berencana jalan-jalan keluar negeri,” sambung bunyi laporan tersebut.

Ada alasan mengapa Nusa Penida, bukan wilayah lain di Indonesia, yang masuk dalam destinasi wisata favorit 2019. Berikut, pemaparannya seperti dilansir dari Sindonews jaringan MoneySmart:

Mengapa Nusa Penida?

Nusa Penida (IG explorenusapenida)
Nusa Penida (IG explorenusapenida)

Di kalangan para traveler, Pulau Bali dan Gili menjadi destinasi wisata paling favorit di Tanah Air selama beberapa tahun terakhir.

Namun, pada 2019, para traveler merekomendasikan pulau lain yang jarang dikunjungi wisatawan asing seperti Nusa Penida.

Nusa Penida telah mengalami banyak perubahan sejak 10 tahun terakhir, menyusul tingginya minat turis asing. Pengembangan akses dan infrastruktur mulai tumbuh secara perlahan meski belum sebaik dan sebagus di Bali.

Penduduknya yang mencapai 46.749 jiwa pada 2010 juga terkenal sopan dan ramah terhadap turis. Selain itu, pulau yang dipisahkan Selat Badung itu masih asri dan tidak banyak terjamah tangan manusia.

Para traveler tidak hanya dapat menyelam di bawah air biru menggunakan scuba, tapi juga bisa melihat detail ukiran kuil. Kondisi tanah di sana dipenuhi kapur karang dengan sumber air mengalir sepanjang tahun.

“Banyak traveler yang mengunjungi Bali atau Gili saat mengunjungi Indonesia. Mereka belum mengenal Nusa Penida. Nusa Penida menawarkan pemandangan yang indah dan asri. Banyak keajaiban-alam hebat di sana,” begitu bunyi pernyataan Booking.com.

Mutiara yang tersembunyi

Nusa Penida (IG explorenusapenida)
Nusa Penida (IG explorenusapenida)

Nusa Penida dalam beberapa tahun terakhir ini memang menjadi salah satu tujuan alternatif para wisatawan. Pasalnya, memiliki pantai yang jernih dan bening.  

Gak heran jika Booking.com menyatakan Nusa Penida merupakan mutiara yang tersembunyi.

Made Sutama, pemilik Nusa Penida Travel, mengatakan, selama empat tahun terakhir kunjungan turis ke Nusa Penida, Bali, mengalami peningkatan signifikan, bahkan hampir mencapai 50 persen setiap tahunnya.

“Ada perubahan yang dirasakan pelaku usaha di sini, terutama di bulan Juni, itu ramai sekali,” jelasnya.

Lokasi wisata favorit

Nusa Penida (IG explorenusapenida)
Nusa Penida (IG explorenusapenida)

Adapun beberapa lokasi wisata di pulau yang ada di sebelah tenggara Bali ini yaitu Broken Beach, Bukit Atuh, Angel’s Billabong, Smoky Beach, Crystal Bay’s, Pantai Kelingking, Teletubbies Hills, Manta Bay’s dan Pantai Suwehan.

Jadi, siap mengeksplorasi mutiara yang tersembunyi di Indonesia? Bisa kok! Satu yang pasti, harus nabung dulu biar aman selama di Pulau Dewata.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan