Cari Destinasi Wisata? 10 Kota Paling Aman di Dunia Ini Referensinya

4 menit
Copenhagen, Salah Satu Destinasi Wisata Paling Aman yang Layak Dikunjungi (Shutterstock).

Ingin mencari destinasi wisata yang aman dan nyaman? Kota-kota di Asia-Pasifik juaranya. Terbebas dari tindakan kriminal, kejahatan cyber, bencana, dan ancaman polusi udara adalah daerah idaman dan dambaan untuk dikunjungi paling tidak sekali seumur hidup.

Lembaga riset milik media ekonomi asal Inggris, The Economist telah merilis daftar kota paling aman di dunia. Laporan sebanyak 64 halaman itu menjabarkan secara rinci kota-kota dengan indeks keamanan yang paling baik. 

Penilaian diberikan oleh para pakar-pakar tata perkotaan dari berbagai negara dan beberapa pejabat kota. Ada peneliti tata kota dari Bank Dunia, peneliti dari PBB, hingga peneliti dari Stanford University

Indikator penilaian dilihat berdasarkan dari infrastruktur, pelayanan kesehatan, keamanan digital, ketahanan kota dari bencana, dan faktor lingkungan. Hasilnya ada 60 kota dengan penilaian terbaik versi The Economist. 

Tapi di posisi 10 teratas, lebih banyak diisi oleh kota-kota di Asia dan Australia. Sementara Amerika dan Eropa hanya menampilkan satu kotanya saja. Lantas kota mana saja yang layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata? Berikut ini daftar 10 kota teraman di dunia. 

Baca juga: Gak Mahal! Bermodalkan Tiket PP Rp 3 Juta, Udah Bisa Liburan ke Jepang Lho

1. Tokyo

Destinasi Wisata
Tokyo, Jepang (Shutterstock).

Kota di Jepang ini telah dua kali berturut-turut menduduki peringkat pertama sebagai kota teraman di dunia. Pantas saja banyak warga dari Indonesia yang ketagihan menjadikan Ibu Kota Jepang ini sebagai destinasi wisata mereka. 

Poin penilaian yang didapat Tokyo adalah 92 dari skala 100, tinggi banget kan! Katanya, saking amannya, kalau kamu ninggalin barang berharga di pinggir jalanan selama 24 jam, barangmu tetap bakalan ada di tempat semula, alias gak ada yang ambil. 

2. Singapura 

Destinasi Wisata
Wisata di Singapura (Shutterstock)

Negara tetangga kita, meski kotanya sangat kecil, tapi mereka menduduki peringkat kedua sebagai kota teraman di dunia tahun 2019 ini. Singapura mendapatkan poin penilaian yang beda tipis dari Tokyo yaitu 91,5. 

3. Osaka 

Destinasi Wisata
Osaka, Jepang (Shutterstock).

Posisi tiga besar ini didominasi oleh Jepang, kali ini kota Osaka. Kota yang berjarak sekitar 8 jam perjalanan darat dengan bus dari Tokyo ini cocok banget jadi destinasi wisata. Poinnya sebagai kota teraman di dunia mencapai 90,9. 

Berbeda dengan Tokyo yang menawarkan pemandangan khas perkotaan, di Osaka kamu lebih bisa mengeksplor spot-spot wisata khas pedesaan, lebih tenang deh pokoknya.

4. Amsterdam 

Destinasi Wisata
Wisata di Amsterdam (Shutterstock).

Tahun ini, Amsterdam bertengger di posisi keempat dengan poin 88. Padahal tahun 2018 lalu, mereka berada di posisi ke-6. Artinya tahun ini dari segi keamanannya, Ibu Kota Belanda ini berhasil mengalami peningkatan kualitas. 

5. Sydney 

Destinasi Wisata
Sydney, Australia (Shutterstock).

Sydney harus puas berada di nomor lima sebagai kota teraman di dunia dengan poin 87,9. Sydney belakangan juga menjadi salah satu destinasi wisata andalan warga Indonesia. Hal ini karena selain jaraknya yang terbilang dekat, harga tiket pesawat ke Sydney juga sudah banyak yang murah, penerbangan pulang-pergi bisa Rp 3 juta sampai Rp 5 jutaan. 

6. Toronto 

Destinasi Wisata
Toronto, salah satu kota aman di dunia (Shutterstock).

Satu perwakilan dari Kanada adalah kota Toronto. Salah satu kota terbesar di Kanada ini memiliki nilai keamanan sebesar 87,8. Kalau kamu berniat berwisata ke sana, harus mempersiapkan budget yang berlebih. 

7. Washington DC

Destinasi Wisata
Washington DC (Shutterstock).

Sementara Ibu Kota Amerika Serikat, Washington DC hanya mampu menduduki peringkat ke-7 sebagai negara teraman di dunia. Poin penilaian mereka sebesar 87,6, beda tipis dengan Toronto. 

8. Seoul

Destinasi Wisata
Desa wisata yang ada di Seoul (Shutterstock).

Buat penggemar K-pop, gak ada salahnya kalian untuk menjadikan Seoul sebagai destinasi wisata sekali seumur hidup. Karena kota ini menjadi teraman di posisi ke-8 dengan poin 87,4. 

Berlibur ke sana juga terbilang cukup terjangkau kok. Kalian bisa berkeliling-keliling kotanya selama satu minggu hanya bermodalkan Rp 7-10 juta sudah termasuk penerbangan pulang pergi Jakarta-Seoul. Asalkan, kalian irit pengeluaran di makan dan kalau bisa memilih penginapannya yang murah meriah.

9. Copenhagen 

Destinasi Wisata
Copenhagen, Denmark (Shutterstock).

Negara-negara Skandinavia terkenal banget dengan keamanannya. Bahkan sampai-sampai penjara di sana sepi alias jarang penduduknya. Salah satu kota teraman di sana adalah Copenhagen, Denmark. Nilai tingkat keamanan Copenhagen sama dengan Seoul, yaitu 87,4. 

10. Melbourne 

Destinasi Wisata
Suasana di kota Melbourne (Shutterstock).

Dan di peringkat 10 diisi oleh kota dari Australia lagi, yaitu Melbourne. Poin untuk tingkat keamanan mereka mencapai 87,3. 

Itulah 10 kota teraman di dunia tahun 2019 yang layak untuk dijadikan destinasi wisata. Lantas penasaran gak sih, Jakarta ada di peringkat berapa? Nah berdasarkan penelitian itu, Jakarta berada di posisi ke 53 dengan poin 54,5. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.