4 Barang Ini Jadi Simbol Orang Kaya, Ada yang Harganya Rp 3 Triliun!

3 menit
Orang Kaya (Ilustrasi).

Stigma orang kaya, atau bisa dikatakan berkecukupan dan merasa merdeka dalam segi keuangan identik dengan barang-barang yang melekat pada dirinya. Bukan hanya itu saja, apa yang mereka lakukan pun menjadi ciri khas seseorang yang memiliki uang banyak.

Nah, ternyata, ada lho barang-barang yang selama ini menjadi simbol orang kaya. Pasti barang-barang yang disebut-sebut simbol orang kaya itu harganya mahal? Kalau ini sih, gak perlu ditanyakan. Makanya barang-barang tersebut hanya bisa dibeli orang-orang yang uangnya gak berseri.

Asal tahu aja nih. Dikutip dari CNBC Indonesia, jumlah orang terkaya di dunia yang tercatat pada awal tahun ini mencapai 2.754 orang. Dan Amerika Serikat mencatatkan diri sebagai negara terbanyak pencetak konglomerat yang jumlahnya 680 orang.

Indonesia juga termasuk negara yang mencetak orang-orang kaya. Seperti yang diulas Katadata, jumlah orang kaya di Indonesia mencapai 111 ribu orang. Sebanyak 868 orang dapat predikat sebagai konglomerat.

Nah, balik lagi ke simbol orang kaya. Emangnya apa aja sih barang-barang yang menjadi simbol orang kaya? Buat menjawab pertanyaan ini, simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Kapal pesiar

Kapal Pesiar (Ilustrasi).

Pada tahun 2011, BBC pernah memberitakan para orang kaya di Asia menjadikan kapal pesiar sebagai simbol status mereka. Uang yang digelontorkan buat memiliki satu kapal pesiar gak tanggung-tanggung besarnya hingga mencapai US$ 12 juta atau Rp 178 miliar.

Apalagi permintaan kapal pesiar mewah saat itu alami peningkatan seiring bertambahnya orang kaya baru di Asia.

Salah satu orang Asia yang memiliki kapal pesiar berasal dari Indonesia lho, yaitu Hengky Setiawan. Pengusaha sukses yang merupakan bos PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk ini kabarnya memiliki kapal pesiar senilai Rp 104 miliar.

2. Jet pribadi

Jet Pribadi (ilustrasi).

Selain kapal pesiar, simbol orang kaya lainnya adalah jet pribadi. Pada 2012, pesawat cepat ini mewakili status orang-orang berduit di Cina. Sosok populer seperti Jackie Chan dan Zhang Yue memiliki jet pribadi mereka sendiri.

Gak cuma orang-orang tajir di Cina, seleb-seleb tajir kenamaan juga gak mau ketinggalan lho memiliki jet pribadi. Misalnya aja Shahrukh Khan yang diberitakan membeli pesawat jet pribadi dengan harga Rp 702 miliar.

Bos Amazon Jeff Bezos yang dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia juga punya jet pribadi Gulfstream G650ER. Pesawat yang dibelinya pada tahun 2015 tersebut harganya mencapai US$ 65 juta atau Rp 966 miliar.

3. Pesawat Boeing

Pesawat Boeing (Ilustrasi)

Dasar orang kaya, gak cukup punya kapal pesiar dan jet pribadi, mereka juga membeli pesawat boeing. Siapa pun bakal geleng-geleng kepala begitu tahu pesawat superbesar ini jadi simbol dari orang-orang tajir.

Harga pesawat Boeing paling murah US$ 85,8 juta atau Rp 1,27 triliun. Di antara orang-orang tajir di dunia, salah satu yang memiliki pesawat Boeing adalah Al-Waleed bin Talal.

Pangeran Arab Saudi ini rupanya membeli pesawat Boeing 747-400 dengan harga Rp US$ 220 juta atau Rp 3,27 triliun. Gak mengherankan sih, kekayaan Pangeran Arab ini disebut-sebut mencapai US$ 18,7 miliar atau Rp 278 triliun.

Jadi, keluarkan uang Rp 3 triliun kayaknya bukan soal buat konglomerat Timur Tengah yang satu ini.

4. iPhone

iPhone (Ilustrasi)

Produk yang lahir berkat kerja keras Steve Jobs ternyata jadi simbol orang kaya. Karena predikat itulah, banyak orang yang mempersepsikan mereka yang memiliki iPhone sebagai orang-orang berekening gendut.

Anggapan tersebut gak berasal dari satu dua orang lho. Dikutip dari Detik, Biro Riset Ekonomi Nasional University of Chicago mengumumkan hasil risetnya.

Ternyata nih orang-orang di Amerika Serikat beranggapan orang-orang yang menggunakan iPhone adalah orang-orang yang punya pendapatan di atas rata-rata. Hal ini makin diperkuat dengan harga iPhone yang lebih mahal dibanding Android.

iPhone paling murah dijual sekitar Rp 4 jutaan. Sementara paling mahal mencapai Rp 17 jutaan.

Udah tahu kan sekarang barang-barang mana aja yang jadi simbol orang kaya? Kalau kepengin jadi orang kaya, boleh tuh beli salah satu yang disebutkan tadi. Asalkan kuat aja di bujetnya. Soalnya harganya itu ngeri-ngeri sedap lho.

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!