Banner ImageBanner Image

Di balik Feeds Keren di Instagram, Ada Pengorbanan Besar yang Dilakukan Selebgram

3 menit
Selebgram dengan jumlah pengikut jutaan orang, Awkarin (Instagram).

Jadi selebgram sepertinya terlihat enak banget. Jalan dibayarin, sering dapat produk endorsement, dan tentu ada kepuasan tersendiri bila foto dan video kamu dapat likes. Namun, tahukah kamu bahwa cara jadi selebgram ternyata gak seindah foto-foto dan video yang ditayangkan, lho!

Menjadi selebgram ternyata butuh pengorbanan yang gak sedikit. Pengorbanan yang dilakukan mereka pun menyangkut uang, uang, dan uang. Yap! Gak sedikit modal yang dibutuhkan buat menyajikan foto dan video yang keren banget.

Pasalnya, di awal karier sebagai selebgram, ternyata mereka rela gak dibayar buat unggahan di akun sosial media.

Penasaran pengorbanan alias modal finansial apa saja yang mereka siapkan saat meniti karier sebagai selebgram? Yuk, simak beberapa poin menarik berikut.

1. Modal beli peralatan foto dan video

Sony A5100 (Ilustrasi).

Namanya juga mau menyajikan foto-foto indah plus terkadang video satu menit yang ciamik. Tentu, kamu butuh peralatan yang mendukung untuk itu semua.

Gak heran, sebagai seorang yang pengin terkenal di Instagram, kamu harus siap membeli peralatan tersebut. Modal ini kadang kala terbilang gak kecil, lho!

Buat seperangkat kamera mirrorless paling murah aja, kamu butuh bujet Rp 5 jutaan. Contoh, Canon M10 atau Sony A5100 yang paling sering digunakan oleh para influencer di Instagram.

Itu belum termasuk tripod seharga Rp 150 ribuan bila kamu lakukan sesi foto seorang diri. Kemudian, buat yang pengin jadi beauty selebgram, kamu butuh lighting yang harganya sekitar Rp 1,6 jutaan.

Eits, itu belum termasuk kemampuan editing foto dan video. Pasalnya, gak mudah lho buat edit foto jadi semenarik mungkin. Apalagi edit video.

2. Investasi properti foto

Properti foto (Ilustrasi).

Peralatan foto tanpa pendukung tentu rasanya hambar dong. Nah, biar kamu stand-out dibandingkan dengan influencer Instagram lainnya, kamu butuh properti tertentu yang bikin foto kamu lebih menarik.

Misalnya nih buat kamu yang pengin jadi selebgram fashion. Kamu tentu butuh modal buat beli pakaian-pakaian kece, kan? Buat kamu yang pengin terkenal di Instagram sebagai foodies, kamu harus punya properti berupa peralatan makanan yang mempermanis foto.

Bahkan, buat kamu yang lebih pengin dikenal sebagai traveler, tetap saja kamu butuh properti tertentu. Misalnya, biar kamu terlihat keren di foto, kamu mesti siapin baju-baju menarik, topi, selendang, dan sebagainya.

Minimal buat beli baju baru bisa jadi berada di angka ratusan ribu. Belum lagi buat beli topi dan sebagainya.

3. Keluar uang buat liburan atau review restoran tertentu

Liburan (Ilustrasi).

Setelah jadi selebgram, emang sih kebanyakan dari mereka dibayarin buat perjalanan atau review tertentu. Namun, saat mereka belum jadi “siapa-siapa”, merekalah yang keluar modal.

Misalnya aja, mereka yang pengin dikenal sebagai foodies alias tukang review makanan di Instagram. Mereka harus merogoh kocek untuk mengulas satu restoran dan tempat makan lainnya. Pasalnya, mereka harus punya konten menarik terlebih dahulu agar bisa menggaet klien.

Begitu juga dengan selebgram yang sering traveling. Biar punya nilai jual, mereka harus rela mengeluarkan modal sendiri buat jalan-jalan ke sana kemari demi spot foto.

4. Kemampuan pitching dengan brand

Meeting dengan calon klien (Ilustrasi).

Setelah tahu cara jadi selebgram dan berhasil, perjalanan gak sampai di situ aja. Kamu mesti punya kemampuan buat “menjual diri” pada brand.

Biasanya, selebgram-selebgram ini punya media kit, lho. Yap! Semacam CV buat ditunjukin ke pihak brand. Dengan gitu, brand bakal yakin buat kerjasama dan mudah-mudahan kasih nilai kontrak yang diinginkan dan sesuai.

Bikin media kit butuh duit juga dong. Kalau bisa bikin sendiri sih gak masalah. Kalau gak, si selebgram mesti bayar orang buat mendesain. Gak cuma itu aja, biaya transportasi mereka buat pitching ke brand juga butuh uang, kan?

5. Kadang kala gelontorkan uang buat iklan

Pasang iklan online (Ilustrasi).

Cara jadi selebgram pun kadang kala gak bisa dilakukan tanpa bantuan tools tertentu. Yap! Beberapa orang menggunakan fitur iklan di Instagram buat meraih lebih banyak followers dan likes.

Emang sih gak harus selalu gunakan fitur tersebut. Namun, penggunaan iklan bakal mempercepat pertumbuhan akun Instagram kamu. Nah, buat iklan tersebut tentu butuh dana juga, kan?

Melihat pengorbanan finansial tadi, kamu masih kepengin jadi selebgram? Jangan langsung ciut gitu dong. Kalau kamu emang punya passion buat terkenal, kamu pasti bisa berhasil dan balik modal!

 

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong