Dulu Ngamen dan Gak Lulus SMA, Ini Perjalanan Sukses Didi Kempot yang Inspiratif

4 menit
didi kempot
Didi Kempot. (Instagram/@didikempot_official)

Nama Didi Kempot tentunya sudah gak asing lagi di telinga kita semua. Pria berambut gondrong dan nyentrik ini kerap dijuluki Godfather of Broken Heart alias Bapak Loro Ati Nasional karena karya-karyanya yang bertema sakit hati itu memang ngehits.

Adik dari pelawak Mamiek Prakoso ini sejatinya bukanlah seorang yang langsung kaya mendadak. Dia memulai karier dari nol hingga akhirnya sukses sebagai penyanyi bergenre campursari. 

Berawal dari lagu Stasiun Balapan, pria bernama asli Didi Prasetyo ini langsung naik daun. Akan tetapi, Didi gak lantas jadi crazy rich seperti banyak musisi lainnya.

Ingin tahu fakta-fakta seputar perjalanan karier Didi Kempot? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: Pakai Korset Rp 250 Juta, Ternyata dari Sini Sumber Kekayaan Nunung Srimulat!

1. Bekas pengamen

didi kempot
Kempot ternyata kependekan dari Kelompok Pengamen Trotoar. (Instagram/@didikempot_official)

Di balik kesuksesannya, siapa sangka Didi Kempot dulunya adalah seorang pengamen. Pria asal Surakarta ini mengamen dari trotoar ke trotoar lho layaknya pengamen jalanan pada umumnya. 

Nama grupnya pada saat itu adalah Kelompok Pengamen Trotoar yang kalau disingkat jadi Kempot. Nah nama itulah yang akhirnya melekat di nama panggung Didi saat ini.

Gak nyangka ya, sebelum jadi sukses ternyata sempat jadi pengamen. Namun inilah yang namanya berkarier di dunia hiburan. Gak sedikit juga para musisi sukses yang dulunya harus berjuang mati-matian di jalanan. 

Baca juga: Mau Punya Pabrik Es Krim, Raffi Ahmad “Beli” Perusahaan Crazy Rich Surabaya

2. Lama berkarier, lagu jadi hits, tapi royaltinya kecil

didi kempot
Gak langsung tajir karena royalti kecil. (Instagram/@didikempot_official)

Bisa dibilang, lagu karya Didi Kempot memang jumlahnya ratusan dan sebagian besar memang jadi hits. Tapi sayangnya royalti yang dia dapatkan gak besar. 

Didi Kempot sendiri mengaku bahwa sistem pemberian royalti di dunia musik Indonesia saat itu memang sangat kecil. 

“Lagu saya tuh banyak, karya saya tuh banyak. Banyak yang sudah mendapatkan sesuatu dari lagu-lagu saya entah itu diputar di radio mana atau karaoke, untuk royalti kita sampai saat ini belum. Saya belum menikmati dari apa yang telah saya kerjakan,” keluhnya di tahun 2017, seperti dikutip Okezone.

Saat itu, dia memang merasa dicurangi lantaran aturannya memang sudah ada tapi masih saja ada oknum yang melanggar. 

Baca juga: Makin Kaya! Kaesang Pangarep Targetkan Buka 1.000 Gerai Ternakopi

3. Gak lulus SMA

didi kempot
Gak lulus SMA. (Instagram/@didikempot_official)

Didi Kempot juga kabarnya gak lulus SMA lho. Kabarnya, dia mendengar perkataan sang ayah yang menyebutkan bahwa seniman itu gak perlu sekolah tinggi-tinggi. 

Sejatinya pendidikan itu memang penting sih. Sekolah seni pun ada, karena seni itu juga harus dipelajari secara mendalam.

Pendidikan musik juga gak hanya mengulas seputar bagaimana cara memainkan musik, melainkan juga sound engineering hingga bisnisnya.

Intinya, pendidikan SMA tetap saja penting buat seniman. Karena berbekal dari SMA, mereka yang tertarik mendalami seni tentu bisa kuliah di jurusan seni yang mereka inginkan.

4. Jadi paling populer di Suriname

didi kempot
Lagu-lagunya populer di negeri orang. (Instagram/@didikempot_official)

Siapa sangka, karya Didi Kempot ternyata populer di luar negeri khususnya di Suriname. Negara di benua Amerika ini memang dipenuhi diaspora Indonesia. Bahkan, Mendagri Suriname yang menjabat di tahun 2013 bernama Soewarto Mustadja, berdarah Kebumen, Jawa Tengah.

Saat berkunjung ke Indonesia, Soewarto mengatakan bahwa Didi menjadi penyanyi yang paling tenar karena lagunya sering diputar di radio-radio lokal. 

Bukan hanya komunitas Jawa yang suka lagu Didi, melainkan warga lokal juga suka. Mereka sangat menyukai keroncong dan campur sari.

5. Didi Kempot jadi Duta Kereta Api

didi kempot
Jadi duta kereta api. (Instagram/@didikempot_official)

Kesuksesannya di dunia hiburan membuat Didi akhirnya didaulat menjadi Duta Kereta Api oleh PT KAI pada 2017 lalu. Hal itu disebabkan karena penyanyi ini memang sangat dekat dengan nilai budaya lokal.

Dengan menunjuk Didi menjadi Dutanya, KAI diharap bisa semakin mudah dalam mensosialisasikan program-programnya dengan masyarakat. 

Usai ditunjuk jadi Duta, Didi langsung melaksanakan tugas perdananya di Stasiun Gambir mendendangkan lagu-lagu nostalgia bersama grup musik Starplus. Kabarnya, mereka akan rutin menghibur calon penumpang KA di lantai 2 Stasiun Gambir. Keren yah!

Itulah secuil fakta seputar perjalanan karier Didi Kempot yang inspiratif. Siapa yang mengira, seorang pengamen pada akhirnya bisa jadi orang terpopuler di negara lain hingga jadi Duta perusahaan BUMN. 

Setelah karyanya ngehits, dia juga gak langsung tajir karena “dicurangi” kejamnya bisnis di dunia musik.

Mudah-mudahan ke depannya bakal banyak penerus mas Didi yang juga sukses dengan karya-karya penuh kearifan lokal ya. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.