Banner ImageBanner Image

Diramal Gak Bakal Laris, Ini Keunggulan Mobil di Atas 1.500 CC dari Sisi Finansial

3 menit
Mazda 6 (Shutterstock).

Belum lama ini, sempat muncul artikel di media massa yang memprediksikan bahwa mobil bensin berkapasitas  di atas 1.500 cc bakal sepi pembeli di tahun 2019. Kok bisa?

Detik baru saja mewawancarai seorang pakar feng sui bernama Suhu Yo. Menurut Suhu Yo, tahun 2019 adalah tahun Babi Tanah, dan di tahun ini mobil LCGC atau mobil ramah lingkunganlah yang dikabarkan bisa mendominasi pasar.

Selain itu, Tahun Babi Tanah juga dianggap bisa membuat mobil berelemen listrik jadi laris. Masa sih? SPBU aja kan masih banyak banget di sini.

Sebagai calon konsumen, sejatinya gak ada yang salah kok dengan mobil berbahan bensin yang kapasitas mesinnya di atas 1.500 cc. Memang sih harganya mahal, tapi kalau memang sesuai dengan kebutuhan ya pasti tepat guna dong.

Pengin tahu apa saja kelebihan mobil bensin di atas 1.500 cc yang bisa menghemat kantong? Yuk simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: Dongkrak Karier Cemerlang, Begini Cara Memperbaiki Personal Branding di Dunia Digital

1. Tipenya beragam dan identik dengan predikat mewah

Toyota Corolla Altis (Shutterstock).

Berbeda dengan mobil 1.000 atau 1.200 cc, mobil bensin 1.500 punya tipe yang beragam. SUV ada, MPV ada, sedan ada, hatchback ada, crossover pun ada. Apalagi? Paling yang gak ada cuma tipe double cabin saja bukan?

Bandingkan saja dengan mobil LCGC atau 1.200 cc. Palingan desainnya hanya sebatas hatchback bukan? Atau low MPV.

Dari poin ini, jelas banget kamu cukup diuntungkan karena mobil mengakomodir banyak tipe sesuai keinginan pelanggan. Belum mampu beli 2.500 cc ya masih ada kok yang 1.800 atau 20 ribuan.

Dan dari segi desain, rata-rata mobil di atas 1.500 cc produksi saat ini punya desain yang cukup keren. Gak nyesel deh, walau sudah lebih lima tahun imagenya tetap mewah dan gak pasaran.

2. Tenaga besar

Honda HR-V (Shutterstock).

Memang sih, mobil bensin di atas 1.500 cc gak seirit mobil LCGC. Kapasitas mesinnya saja sudah lebih besar.

Ibarat kita punya piara kuda 10 ekor, tentu saja butuh rumput yang cukup banyak untuk memberi makan kuda-kuda tersebut. Lain halnya jika kudanya cuma ada dua ekor.

Tapi kalau bicara soal tenaga, ya jelas mobil di atas 1.500 lebih unggul dan bisa diandalkan lantaran 1.500 cc memang dianggap “pas.”

Otomatis, mobil dengan kapasitas ini memang bisa jadi pilihan mobil keluarga. Atau bisa juga diajak untuk transportasi jarak jauh lintas kota.

Menjadikan mobil 1.200 cc atau LCGC sebagai mobil keluarga bisa-bisa saja sih. Tapi dengan torsi yang kecil, kayaknya gak tega deh memaksa mobil itu buat kerja berat angkut banyak barang, penumpang, atau disiksa keluar kota. Setuju gak?

Baca juga: Tidak Hanya Pantai yang Indah, Banten Miliki Segudang Destinasi Wisata Lainnya

3. Untung jika beli mobil ini dalam kondisi bekas

Mazda 6 (Shutterstock).

Salah satu kekurangan mobil bensin di atas 1.500 cc adalah resale valuenya yang kurang bagus ketimbang yang cc kecil. Tapi, itu tandanya adalah kamu bisa untung jika membeli mobil ini dalam kondisi second alias bekas.

Karena harga yang ditawarkan bisa lebih murah. Daripada beli baru tapi harga mahal, mending beli bekas saja.

Tapi untuk beli bekas juga gak bisa sembarangan ya. Harus ekstra cermat, apalagi kalau mobilnya produksi lima tahun ke atas.

Itulah tiga keuntungan dari memiliki mobil bensin di atas 1.500 cc. Sejatinya, ketika memang bujetnya ada dan siap buat perawatannya, gak salah kok punya mobil di atas 1.500 cc.

Yang salah justru yang memaksakan diri untuk beli tapi gak siap dengan biaya lain-lainnya. Apakah mobil ini sesuai dengan kebutuhanmu? Jangan buru-buru lho ya. (Editor: Winda Destiana Putri)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan