Ditangkap KPK Terkait Suap, Segini Kekayaan Bupati Talaud Saat Menjabat Anggota DPRD

3 menit
Bupati Talaud
Ditangkap KPK Terkait Suap, Segini Kekayaan Bupati Talaud Saat Menjabat Anggota DPRD, (Instagram/@swmmanalip).

Lagi-lagi KPK menjerat bupati yang diduga melakukan korupsi. Kali ini Bupati Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip ditangkap KPK pada 30 April 2019 atas dugaan menerima suap barang-barang mewah.

KPK melakukan penangkapan tersebut saat Bupati Talaud tengah menghadiri suatu acara di daerah. Sri Wahyumi Maria Manalip disangkakan menerima hadiah berupa tas, jam, dan perhiasan yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

Hadiah yang diberikan tersebut diduga sebagai syarat buat memuluskan pengadaan proyek di Kepulauan Talaud. Bukan cuma Sri Wahyumi Maria Manalip yang ditangkap, KPK sebelumnya juga telah menangkap empat orang pada 29 April 2019.

Tentu aja penangkapan dirinya ini bikin heboh dan ramai jadi pemberitaan. Apalagi Sri Wahyumi Maria Manalip yang pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud bukanlah orang yang kere.

Buktinya aja nih sewaktu ia menjabat sebagai anggota DPRD telah memiliki kekayaan senilai Rp 745 jutaan. Penasaran apa aja aset-aset yang dimilikinya sehingga bisa punya kekayaan sebesar itu? Yuk, disimak.

Baca juga: Soekarno Hingga Sri Mulyani! Ini 10 Quotes Orang Sukses yang Membuatmu Lebih Produktif

1. Punya tanah dan bangunan yang nilainya mencapai Rp 33 jutaan

Bupati Talaud
Punya tanah dan bangunan yang nilainya mencapai Rp 33 jutaan, (Instagram/@swmmanalip).

Dari Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang dilaporkannya tahun 2010, Sri Wahyumi Maria Manalip memiliki tanah dan bangunan senilai Rp 33.220.000. Tanah berikut bangunannya tersebut berada di Kepulauan Talaud.

Sri Wahyumi diketahui memiliki tanah warisan seluas 612 meter persegi dengan nilai Rp 21.420.000. Lalu ada tanah seluas 590 meter persegi yang nilainya mencapai Rp 11.800.000.

Baca juga: Mengedepankan Rasa dan Digitalisasi, Fore Coffee Berhasil Memikat Pecinta Kopi

2. Memiliki delapan kendaraan pribadi dengan mobil Honda CR-V sebagai kendaraan yang paling mahal

Bupati Talaud
Memiliki delapan kendaraan pribadi dengan mobil Honda CR-V sebagai kendaraan yang paling mahal, (Instagram/@swmmanalip).

Dalam catatan LHKPN, ia juga tercatat memiliki delapan kendaraan pribadi. Nilai keseluruhan kendaraan tersebut mencapai Rp 400.900.000.

Sri Wahyumi mempunyai lima sepeda motor yang empat di antaranya merupakan warisan. Selebihnya, ia memiliki tiga mobil pribadi dari Toyota, Nissan Livina, hingga Honda CR-V. Mobil Honda CR-V menjadi kendaraan termahal yang dimilikinya dengan nilai Rp 250 juta.

Baca juga: Tak Satupun Bermerek Toyota, Ini 3 Mobil di Garasi Ganjar Pranowo

3. Tercatat memiliki logam mulai dari hasil sendiri ataupun warisan senilai Rp 27 jutaan

Bupati Talaud
Tercatat memiliki logam mulai dari hasil sendiri ataupun warisan senilai Rp 27 jutaan, (Instagram/@swmmanalip).

Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip juga memiliki aset berupa logam mulia yang nilainya mencapai Rp 27.080.000. Logam mulia ini ada yang berasal dari hasilnya sendiri maupun warisan.

Dari hasilnya sendiri, Sri memiliki logam mulia dengan nilai yang mencapai Rp 7.840.000. Sementara logam mulai yang merupakan warisan memiliki nilai sekitar Rp 19.240.000.

4. Bagian kekayaannya yang mencapai Rp 284 juta terdapat di giro dan setara kas lainnya

Bupati Talaud
Bagian kekayaannya yang mencapai Rp 284 juta terdapat di giro dan setara kas lainnya, (Instagram/@swmmanalip).

Sri Wahyumi Maria Manalip tercatat punya kekayaan dalam bentuk giro dan setara kas lainnya. Bagian kekayaannya tersebut berasal dari hasil sendiri ataupun warisan.

Nilai bagian kekayaannya tersebut dilaporkan mencapai Rp 284.728.492. Dari hasil sendiri, Sri menyimpan kekayaannya sebesar Rp 224.728.492. Sementara dari warisan, Sri menerima Rp 60.000.000.

Nah, itu tadi aset-aset kekayaan Bupati Talaud. Apakah dengan kekayaan hingga ratusan juta, sang bupati masih terlihat kekurangan? Gimana menurut mu? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!