Dongkrak Karier Cemerlang, Begini Cara Memperbaiki Personal Branding di Dunia Digital

4 menit
Di era digitalisasi seperti saat ini, dongkrak karier yang paling efektif adalah melalui personal branding atau citra diri (Shutterstock).

Mendongkrak karier bisa melalui cara apa saja. Tetapi, di era digitalisasi seperti saat ini, dongkrak karier yang paling efektif adalah melalui personal branding atau citra diri.

Memiliki citra diri positif banyak mendatangkan keuntungan, terutama di dunia karier. Kamu bisa memperbaiki citra diri atau personal branding demi dilihat menarik oleh perusahaan tempatmu akan melamar.

Meski terlihat sepele, tetapi tidak mudah untuk membangun cap diri tanpa mengetahui strategi yang pas. Bagaimana sih membangun personal branding yang baik dan benar? Yuk intip tips nya berikut ini.

Baca juga: Baru Gajian Udah Miskin Lagi, Yuk Tiru Tips Hemat ala Ibu Rumah Tangga di Jepang

 

1. Deskripsikan diri sendiri melalui blog

Deskripsikan diri sendiri melalui blog (Shutterstock).

Kalau kamu memiliki blog, atau website pribadi, gak ada salahnya mendeskripsikan diri sendiri disana. Tulis hal baik dan negatif tentang dirimu, tetapi jangan terlalu buruk ya.

Bisa-bisa perusahaan tempatmu melamar gak jadi merekrutmu sebagai pegawainya. Tulis hal-hal baik, posting juga yang positif, jangan membuat tulisan provokatif atau berlebihan.

Jika kamu membuat blog untuk memajang karya berupa tulisan atau foto, usahakan dalam bentuk netral.

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, memiliki blog pribadi dengan ulasan positif menjadi kelebihan tersendiri lho. Tentu hal itu membuat seseorang lebih mengetahui potensi lain yang kamu miliki.

2. Brand diri sendiri

Brand diri sendiri (Shutterstock).

Strategi selanjutnya adalah menentukan brand yang kamu inginkan. Apa kelebihan yang kamu miliki, tentukan secara spesifik agar bisa memiliki banyak kesempatan untuk mengembangkannya.

Jika kamu menyukai fotografi, buat dirimu semakin menguasai hal tersebut. Skill biasanya selalu berguna di tempat kerja ketimbang yang lainnya. Buatlah perusahaan berlomba lomba memenangkanmu dengan kemampuan yang kamu miliki tersebut.

Baca juga: 5 Negara Bebas Visa yang Menarik untuk Dikunjungi dengan Bujet di Bawah Rp 10 Juta

3. Manfaatkan media sosial dengan bijak

Gunakanlah media sosial dengan bijak (Shutterstock).

Era teknologi saat ini semakin banyak informasi bermunculan. Baik itu benar atau hoax. Nah, jika kamu sedang membangun personal branding demi meniti karier, gunakanlah media sosial dengan bijak.

Jangan sampai skill yang sudah kamu bangun dari nol, hancur begitu saja hanya dengan postingan gak benar.

Di zaman modern seperti sekarang ini, media sosial bisa menjadi tempat pertama yang dituju jika ingin mengenal seseorang. Banyak yang mencari tahu bagaimana sifat asli seseorang melalui apa yang dia posting di medsosnya. Jadi, jangan kotori medsosmu untuk hal-hal gak berguna ya.

4. Buat profil LinkedIn

LinkedIn merupakan media sosial formal yang dapat diakses oleh banyak orang (Shutterstock).

LinkedIn merupakan media sosial formal yang dapat diakses oleh banyak orang. Fungsi media sosial yang satu ini adalah untuk membuat resume dan CV secara online.

Jadi, daftarkan diri kamu mulai sekarang. Sertakan foto profil yang menarik, pengalaman kerja, dan CV yang mudah dipahami.

Penting juga untuk menuliskan prestasi apa yang pernah kamu raih baik di kantor sebelumnya atau bahkan saat kuliah. Jangan lupa juga tulis kemampuan apa saja yang kamu kuasai ya.

Baca juga: Fantastis! Per Meter Kain Dibanderol Diatas Rp 100 Juta, Ini 3 Batik Termahal di Indonesia

5. Bangun jaringan seluas-luasnya

Membangun jaringan seluas-luasnya (Shutterstock).

Cara jitu terakhir untuk membuat personal branding kamu bagus adalah membangun jaringan seluas-luasnya. Sudah menjadi rahasia umum kalau kamu menginginkan karier cemerlang, harus bisa membangun jaringan seluas mungkin.

Gak ada orang sukses yang tidak memiliki teman. Kesuksesan juga bukan dibangun karena diri sendiri, melainkan juga ada campur tangan orang lain, yaitu relasi yang membantu kamu menuju tujuan kesuksesan tersebut.

Jika kamu sudah memiliki relasi yang cukup kuat, jangan ragu untuk bekerjasama di dalamnya. Ikuti agenda-agenda yang ada, atau berpartisipasi dalam project tertentu. Di saat itulah reputasi kamu akan terbentuk dengan baik. Jika sudah seperti ini, menuju karier yang cemerlang sudah bukan impian lagi.

Di era serba canggih seperti sekarang ini, sudah sewajarnya kamu memanfaatkannya dengan baik. Hal ini tentu akan berguna pada kehidupan kariermu ke depan. Jangan lupa untuk menjaga reputasimu di media sosial, jangan asal posting, hindari sesuatu hal yang dapat memperburuk citra diri sendiri. Selamat mencoba ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan