Duit Bisa Bertambah Ratusan Ribu Setiap Bulan dengan Lakukan Cara Menabung Ini

3 menit
Cara menabung yang baik bisa membuat pengeluaran kamu sehat.

Sebenarnya banyak cara menabung yang praktis dan tentunya gak menyiksa. Pasalnya, gak sedikit orang yang merasa sulit menabung dengan alasan susah menyisihkan uang setiap bulan.

Padahal kalau dipaksakan sebenarnya bisa aja, cuma sayangnya banyak di antara mereka yang enggan menyisihkan sebagian dari penghasilannya. Ya, ujung-ujungnya uang habis buat beli barang yang gak dibutuhin.

Sayang banget gak sih, kalau kerja capek-capek tapi uang habis gitu aja hanya karena “lapar mata”. Padahal, yang terpenting itu kan masa depan. Ya, masa kamu mau sih saat tua nanti masih pusing mikirin utang yang gak kunjung kelar.

Kamu tentu mau kan di masa tua nanti, hidup nyaman menikmati masa tua setelah lelah bekerja saat muda.

Lalu, gimana sih caranya biar bisa hidup menikmati hidup di masa tua? Kalau kamu masih takut untuk investasi, kamu bisa memulainya dengan cara menabung lho.

Gampang kok. Asal konsisten dan disiplin aja setiap bulan. Dijamin deh pundi-pundi rupiah bakal terus bertambah setiap bulan.

Tenang! Gak pakai ribet kok. Gimana caranya? Kamu bisa melakukan lima cara menabung ini biar uang di tabungan terus bertambah ratusan ribu rupiah setiap bulannya. Simak langsung yuk di bawah ini:

1. Punya rekening lebih dari satu

Rekening tabungan (Shutterstock).

Cara menabung pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memiliki rekening lebih dari satu. Jadi, rekening untuk kebutuhanmu sehari-hari harus dipisahkan dengan rekening buat nabung.

Pasalnya, kalau gak dipisah ya sama aja kayak cari penyakit. Karena dijamin kamu bakal sulit mengontrol pengeluaran.

Kenapa penyakit? Ya, karena kalau gak dipisahkan, kamu akan merasa ada uang lebih di rekening dan bakal menciptakan keinginan buat menghabiskannya.

Kalau bisa nih rekening tabunganmu itu jangan difasilitasi dengan kartu ATM. Jadi, gak memicu keinginan untuk tarik tunai.

2. Gunakan fasilitas autodebet

Fasilitas autodebet (Shutterstock).
Fasilitas autodebet (Shutterstock).

Kini perbankan sudah menyediakan tabungan dengan menggunakan fasilitas autodebet, salah satunya adalah tabungan berjangka.

Nah, kamu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Pasalnya, selain autodebet, tabungan berjangka juga memiliki waktu dimana uang gak bisa diambil sebelum waktu yang disepakati.

Kalau terpaksa diambil, maka kamu akan dikenakan biaya penalti yang dijamin bisa bikin gigit jari. Karena itu, tabungan berjangka bisa menjadi solusi buat kamu yang ingin disiplin menabung.

3. Ikut arisan

Ikut arisan (Shutterstock).
Ikut arisan (Shutterstock).

Kamu tentu udah gak asing lagi dengan istilah arisan yang sering dilakoni oleh para ibu-ibu di lingkungan rumah.

Nah, kamu juga bisa lho berpartisipasi ikut arisan agar kamu disiplin menyisihkan uang. Pasalnya dengan arisan kamu dipaksa mau gak mau harus mengeluarkan uang.

Selain dapat membuatmu dipaksa untuk menabung, bisa juga sekalian untuk menjaga tali silaturahmi bukan?

4. Tetapkan tujuan menabung

Tetapkan tujuan menabung untuk apa (Shutterstock).

Percaya atau gak, menetapkan tujuan menabung itu sebenarnya dapat dijadikan sebagai pendorong untuk memiliki tabungan dengan jumlah dan di waktu tertentu.

Contohnya aja, kamu ingin jalan-jalan ke Jepang tahun depan. Kamu pasti akan menghitung berapa pengeluaran yang akan dikeluarkan. Jadi, kamu tahu berapa uang yang harus disisihkan setiap bulannya untuk menabung.

Nah, dengan tujuan itu akan membuat disiplin menabung kamu jadi semakin kuat karena kalau meleset sedikit yang ada tujuan tersebut gak akan terealisasikan.

5. Isi duit di dompet secukupnya

Isi duit di dalam dompet sedikit mungkin (Shutterstock).
Isi duit di dalam dompet sedikit mungkin (Shutterstock).

Setuju gak, kalau ada uang cash banyak di dompet membuat kamu bakal lebih boros? Kamu bahkan sering gak sadar kemana saja uang yang dikeluarkan.

Karena itu, sebaiknya isi dompet dengan uang yang secukupnya. Buat kamu yang bepergian menggunakan kendaraan pribadi, setidaknya sisihkan uang buat beli bensin, tol, parkir atau jaga-jaga.

Jangan mengisi dompet dengan uang yang berlebihan kalau kamu gak mau boncos di kemudian hari. Setuju?

Nah, itu dia lima cara menabung yang mudah dan simpel banget buat diterapkan agar uang di tabungan terus beranak pinak setiap bulannya.

Yuk, jangan cuma menghabiskan uang buat foya-foya aja. Kamu juga perlu menyisihkan uangmu untuk menabung dan juga investasi agar masa depan terjamin dan hidup makmur di masa tua. (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.