Dulu 10 Pengusaha Sukses Indonesia Ini Merangkak dari Nol, Sekarang Jadi Menteri

6 menit

Menjadi seorang menteri adalah impian banyak orang. Untuk menjadi menteri, biasanya seseorang harus berlatar belakang politikus atau aktif di partai politik. Tapi ada juga yang berasal dari kalangan pengusaha sukses Indonesia.

Menteri-menteri ini biasanya berasal dari kalangan profesional atau ahli di bidangnya. Ada yang dari kalangan pengusaha, ada juga dari kalangan akademisi.

Beberapa nama berikut adalah jajaran menteri berlatar belakang pengusaha sukses Indonesia yang berhasil mengembangkan usahanya. Mereka dipercaya menjadi menteri untuk membantu presiden di bidang-bidang tertentu.

1. Susi Pudjiastuti

pengusaha sukses indonesia
Susi Pudjiastuti (Tempo)

Nama Susi Pudjiastuti sempat menjadi perbincangan ketika diumumkan menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan pada Pemerintahan Joko Widodo.

Menteri yang nyeleneh dan blak-blakan ini awalnya adalah seorang pengusaha pengepul ikan di Pangandaran, Jawa Barat. Dia lalu naik kelas menjadi pengusaha olahan ikan yang diekspor ke Asia dan Amerika.

Susi juga mendirikan perusahaan PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Produk yang dijual berupa lobster dengan merek Susi Brand. Kemudian dia melebarkan sayap bisnisnya di bidang maskapai penerbangan. Nama Susi Air pun resmi menjadi bisnis barunya sebagai penyewaan pesawat dan penerbangan perintis.

[Baca: Ini Dia 7 Kisah Pengusaha Sukses Indonesia di Bawah Umur 25]

Bisnis yang dilakoni Susi gak selalu berjalan mulus. Dia sempat mengalami jatuh bangun dalam membangun bisnisnya.

Boleh dibilang, ia merupakan salah satu pengusaha sukses Indonesia yang membangun bisnisnya dari bawah. Itulah yang menjadi alasan Susi diangkat sebagai menteri oleh Presiden Jokowi.

2. Andi Amran Sulaiman

pengusaha sukses indonesia
Andi Amran Sulaiman (Nasionalisme.co)

Salah satu pengusaha sukses Indonesia lainnya adalah Andi Amran Sulaiman. Dia saat ini menjabat sebagai Menteri Pertanian.

Menteri yang diangkat Presiden Jokowi pada tahun 2014 ini telah sukses membesarkan 14 perusahaan. Dia membentuk holding perusahaan dan menjabat sebagai CEO di  PT Tiran Group.

Beberapa unit usahanya bergerak di bidang produsen pestisida, kelapa sawit, gula, distributor semen, tambang emas hingga SPBU.

Ketika didaulat menjadi menteri, Andi punya ambisi menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan pada 2045. Selain itu, ia ingin komoditas-komoditas pertanian tak lagi impor.

Malah, ia berambisi menjadikan Indonesia sebagai negara eksportir komoditas pertanian terbesar di dunia.

3. Rudiantara

pengusaha sukses indonesia
Rudiantara (Katadata)

Menteri yang satu ini lahir di Bogor, Jawa Barat 59 tahun lalu. Namanya Rudiantara. Sebelum menjadi menteri, dia adalah salah satu pengusaha sukses Indonesia yang membesarkan perusahaan-perusahaan swasta maupun milik pemerintah.

Beberapa perusahaan telah ditanganinya. Sebagian besar adalah perusahaan telekomunikasi. Di antaranya Indosat, Telkomsel, XL hingga Telkom.

Kiprah di sektor telekomunikasi menjadikan Rudiantara dipercaya menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika oleh Presiden Jokowi.

Salah satu ambisi yang ingin dikerjakan Rudiantara adalah membangun serat optik Palapa Ring di seluruh provinsi di Indonesia.

4. Rachmat Gobel

pengusaha sukses indonesia
Rachmat Gobel (Katadata)

Pengusaha suskes Indonesia yang menjadi menteri lainnya adalah Rachmat Gobel. Dia adalah pekerja keras.

Ketika berusia 19 tahun, selepas lulus SMA di Jakarta, Gobel melanjutkan pendidikannya ke Jepang. Maklum, perusahaan orangtuanya Gobel Group punya kerja sama dengan perusahaan Jepang yakni Matsushita Group.

[Baca: Kisah Inspiratif 5 Pengusaha Muda Usia 20 Tahun yang Bisa Kamu Tiru]

Ilmu perdagangan internasional yang diperolehnya dari Jepang ia terapkan di perusahaan Gobel Group. Di usia 26 tahun, Gobel dipercaya jadi Asisten Presiden Direktur PT Panasonic Manufacturing Indonesia, salah satu produsen elektronik terbesar saat itu.

Selain itu, Gobel juga pernah menduduki Komisaris PT Smart Tbk, pada 2004, Komisaris PT Indosat Tbk, pada 2008 dan Komisaris Utama PT Visi Media Asia Tbk, pada 2014.

Sepak terjang itulah yang membuat Gobel dipercaya menjadi Menteri Perdagangan oleh Jokowi pada 2014. Meskipun, jabatan prestisius itu tak lama diembannya. Jokowi memberhentikan Gobel sebagai Menteri Perdagangan pada Agustus 2015.

5. Saleh Husin

pengusaha sukses indonesia
Saleh Husin (Swa)

Salah satu menteri yang berasal dari latar belakang keluarga pas-pasan adalah Saleh Husin. Pada 2014 ia dipercaya Presiden Jokowi sebagai Menteri Perindustrian.

Kiprah Husin untuk menjadi seorang menteri cukup panjang dan berliku. Dia harus merangkak dari nol untuk sampai menjadi orang seperti sekarang ini.

Lahir dari keluarga tak berada di Rote, Nusa Tenggara Timur tak membuat Husin minder. Justru ia ingin hidupnya lebih baik dari segi ekonomi meski keluarganya tak berada.

[Baca: Contek Kisah Sukses 4 Pengusaha Rantau Ini Biar Kamu Makin Semangat Berbisnis]

Di situlah peta hidup Husin berubah. Dia melanjutkan pendidikannya hingga menyabet gelar doktor. Lalu terjun di dunia bisnis dan politik dengan memegang kendali di beberapa perusahaan.

Dia dipercaya menangani sejumlah perusahaan antara lain menjadi Direktur PT Shelbi Pratama pada 1989-1990, Komisaris PT Ades Alfindo Putra Setia pada 1993-2005, hingga Direktur Utama PT Sapta Kencana Buana sampai sekarang.

Kegigihan hidup Husin di dunia bisnis dan politik menarik perhatian Jokowi. Dia memeroleh jatah Menteri Perindustrian dari kursi Partai Hanura. Jabatan menteri itu pun tak berselang lama. Husin harus rela diberhentikan Jokowi pada Juli 2016.

6. Rini Soemarno

pengusaha sukses indonesia
Rini Soemarno (Okezone)

Wanita tangguh berperawakan kurus ini adalah pekerja sejati. Namanya Rini Soemarno. Dia telah menjadi menteri dua kali. Pertama pada era pemerintahan Presiden Gusdur dan Megawati pada 2001-2004. Saat itu ia menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan.

Kedua pada era pemerintahan Jokowi. Ia dipercaya menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara periode 2014-2019.

Rini juga adalah pengusaha Indonesia yang sukses dari nol. Di tangan dinginnya, beberapa perusahaan berkembang pada saat ia tangani.

Sebut misalnya ketika ia menjadi Dirut PT Astra International pada 1998-2000, Dirut PT Semesta Citra Motorindo pada 2000-2001 hingga Presdir PT Kanzen Motor Indonesia pada 2005.

Sebelum menjadi menteri di era Jokowi, Rini dipercaya menjadi tim transisi. Tim ini bertugas mengurus APBN 2015 pada pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Hingga akhirnya, dia didapuk sebagai Menteri BUMN hingga sekarang.

7. Dahlan Iskan

pengusaha sukses indonesia
Dahlan Iskan (Pronewsfm)

Jika ditanya adakah menteri di Indonesia berlatar belakang jurnalis? Ya jawabannya ada. Dia adalah Dahlan Iskan. Seorang jurnalis andal yang menjelma pengusaha media dan Menteri BUMN di era Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono.

Dahlan Iskan dikenal sebagai pekerja keras. Saat masih kecil ia mengalami hidup serba kekurangan. Tapi ia terus mencoba memperbaiki nasib. Hingga akhirnya ia terjun menjadi jurnalis dan menemukan jati dirinya.

Menjadi jurnalis membawa Dahlan sebagai konglomerat media di bawah Grup Jawa Pos. Grup media ini hampir eksis di setiap daerah. Ia dicap sebagai salah satu pengusaha Indonesia yang sukses di bidang media.

Kerja keras Dahlan membuat ia dipercaya pemerintah untuk menangani perusahaan BUMN sebagai Dierektur Utama PT Perusahaan Listrik Negara pada 2009.

Dan pada 2011, ia juga didaulat menjadi Menteri BUMN menggantikan Mustafa Abubakar yang di-reshuffle oleh Presiden SBY.

8. Chairul Tanjung

pengusaha sukses indonesia
Chairul Tanjung (Tempo)

Pengusaha Indonesia yang mencicipi kursi menteri lainnya adalah Chairul Tanjung. Ia menjabat Menteri Koordinator Perekonomian di era pemerintahan Soesilo Bambang Yudhoyono pada 2014 lalu.

CT, biasa ia dipanggil menjadi menteri menggantikan Hatta Rajasa. Hatta saat itu maju menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2014.

Sepak terjang CT sebagai pengusaha sukses Indonesia tak bisa diragukan lagi. Ia juga salah satu pengusaha yang merangkak dari nol hingga menjadi sekarang ini.

Salah satu orang terkaya di Indonesia berusia 55 tahun ini belajar bisnis kecil-kecilan saat kuliah. Ia mencoba berbisnis kaos, buku hingga membuka usaha foto kopian di kampusnya Universitas Indonesia.

Setelah mencicipi kursi menteri di era SBY selama lima bulan, Si Anak Singkong ini mengaku tak ingin lagi menjabat sebagai menteri. Ia ingin fokus mengembangkan usahanya kembali.

9. Aburizal Bakrie

pengusaha sukses indonesia
Aburizal Bakrie (Bisnis)

Salah satu pengusaha sukses Indonesia yang aktif di semua bidang adalah Aburizal Bakrie. Ia banyak mencicipi tahta jabatan mulai dari bisnis, politik, asosiasi hingga menteri.

Di bidang bisnis, ARB begitu ia disapa adalah pemilik perusahaan Bakrie Group. Perusahaan warisan orangtuanya itu bergerak di bidang media, infrastruktur, pertambangan, properti hingga migas.

Kerja keras yang dilakoni ARB berhasil menobatkan ia menjadi orang terkaya di Indonesia pada 2007 versi majalah Forbes Asia. Selain itu, ia juga dinobatkan menjadi orang terkaya di Asia tenggara pada 2008 oleh majalah Globe Asia.

Di pemerintahan, ARB juga pernah mencicipi kursi menteri dua kali. Pertama Menteri Koordinator Perekonomian dan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat pada era pemerintahan SBY-JK.

Selain jadi pengusaha dan merasakan empuknya kursi menteri, ARB kemudian terjun langsung ke dunia politik. Ia ikut dalam pencalonan Ketua Partai Golkar pada 2009 dan terpilih berturut-turut selama dua periode.

10. Abdul Latief

pengusaha sukses indonesia
Abdul Latief (kanan) bersama Presiden Jokowi (Tempo)

Abdul Latief adalah Menteri Tenaga Kerja pada zaman Presiden Soeharto. Dia merupakan salah satu pengusaha sukses Indonesia yang juga mengembangakan bisnisnya dari nol.

Latief dikenal sebagai pengusaha toko di era Orde Baru. Salah satu toko terkenalnya adalah Pasaraya Sarinah Jaya. Toko ini menyediakan berbagai produk lokal dan kerajinan khas Indonesia.

Selain sukses jadi pengusaha, Latief juga dipercaya dua kali jadi menteri oleh Soeharto. Setelah menjabat Menteri Tenaga Kerja, dia juga diminta untuk menjadi Menteri Pariwisata, Seni, dan Budaya pada 1998.

Nah, itulah 10 pengusaha sukses Indonesia yang mengawali karirnya dari bawah. Sukses membawa gerbong usahanya, mereka pun mencoba mengabdi pada pemerintah dengan menjadi menteri.

Jabatan menteri bukan berarti lebih presitius dibanding menjadi pengusaha. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Yang penting, menjadi pengusaha atau menteri harus bisa memberikan banyak manfaat bagi bangsa dan negara. Setuju?

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.