Dulu Hidup Susah, 6 Sosok Ini Buktikan Kerja Keras Berbuah Kesuksesan

4 menit
TEMPO/Subekti; SB2013011517
TEMPO/Subekti; SB2013011517

Gimana ya caranya biar sukses dan banyak uang? Pertanyaan ini sering banget diajukan orang-orang yang merasa hidupnya gitu-gitu aja. Padahal, jawabannya sederhana kok: kerja keras.

Boleh aja kamu ragu. Namun, dengan fakta emang benar ada orang yang sukses karena kerja keras, kamu masih gak percaya gitu?

Gak perlu berlama-lama lagi, langsung aja yuk cari tahu siapa aja yang jadi orang sukses karena kerja keras. Berikut ulasannya.

1. Chairul Tanjung

kerja keras
Chairul Tanjung (waktuku)

Siapa coba yang gak kenal dengan sosok yang satu ini? Pria yang terkenal lewat buku Anak Singkong ini adalah salah satu pengusaha sukses dan kaya di Indonesia.

Itu semua diraihnya berkat kerja keras lho.

Bos dari Trans Corp ini dulu pernah merasakan yang namanya hidup susah. Menyadari kenyataan ini, Chairul sejak kuliah udah membiasakan diri buat survive.

Dari buka usaha fotokopi di kampusnya dengan mesin sewaan, jual peralatan kedokteran, hingga kontraktor. Semuanya dia lakoni dengan kerja keras.

Sayangnya, usaha-usahanya tersebut gak ada yang berjalan mulus. Namun, dasar mental baja, Chairul gak pernah nyerah gitu aja.

Kerja keras Chairul nyatanya gak sia-sia. Bermula dari usaha pabrik sepatu, hidup Chairul perlahan-lahan berubah. Bersama teman-temannya, Chairul bekerja keras membesarkan usahanya itu hingga produk-produknya bisa diekspor ke luar negeri.

Gak cukup satu bisnis, Chairul mencoba peruntungan di berbagai bidang. Mulai dari pertelevisian, properti, hingga finansial.

Beberapa udah terkenal gaungnya, seperti Trans TV, Trans 7, Bank Mega, dan Trans Studio.

2. Ciputra

kerja keras
Ciputra (swa)

Orang kaya yang satu ini dulu hidupnya berat banget. Bersama ibunya, Ciputra yang masih kecil banget berjualan kue buat mencukupi kebutuhan keluarga.

Namun, kesulitan ekonomi yang dihadapinya gak pernah bikin semangat Ciputra buat bersekolah padam. Ia pun berhasil kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Di sinilah Ciputra mencoba peruntungan di dunia bisnis. Bersama teman-temannya, Ciputra menjalankan usaha konsultan arsitektur bangunan sewaktu masih kuliah.

Bersama teman-temannya, ia berhasil membangun Taman Impian Jaya Ancol, perumahan elite Pondok Indah, hingga kawasan elite Serpong.

Tahun 1998, grup bisnisnya bisa dibilang hancur terlilit utang. Untungnya, kebijakan pemerintah memberikan kesempatan kepada Ciputra buat bangkit dari keterpurukan.

Lagi-lagi Ciputra harus kerja keras merebut kembali kesuksesannya. Gak sia-sia, Ciputra Grup bangun lagi dan masih eksis hingga sekarang.

3. Bob Sadino

kerja keras
Bob Sadino (metrotvnews)

Meskipun udah tiada, sosok Bob Sadino tetap layak jadi inspirasi. Kakek tua yang nyeleneh dan identik dengan celana pendek ternyata merupakan sosok yang suka kerja keras.

Bob Sadino pernah merasakan jatuh bangun hidup di ibu kota. Dari jadi kuli dengan upah Rp 100, pedagang telur, sopir taksi, hingga penjual daging olahan. Semua dilakukannya tanpa penyesalan sedikit pun.

Buat Bob Sadino, yang penting action dulu. Karena itu, setiap hal yang dilakukannya gak pernah dipikirkan dulu. Eksekusi aja deh.

Setelah kerja keras dengan berbagai pekerjaan, Bob Sadino akhirnya mendirikan usaha supermarket yang diberi nama Kem Chiks.

Gak cuma itu. Bob Sadino juga mendirikan Kem Food yang memproduksi daging olahan dan Kem Fam yang bergerak di bidang agrikultur.

Semua usahanya tersebut tergabung dalam Kem Group.

4. Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono

kerja keras
Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono (biografiku)

Ada yang tahu siapa sosok di balik suksesnya Taksi Blue Bird? Dia adalah Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono. Gak ada yang menduga buat memiliki usaha taksi Blue Bird seperti sekarang Mutiara harus melalui lika-liku yang berat.

Bersama suaminya, Mutiara menjalani hidup yang sederhana. Buat memenuhi kebutuhan, ia bekerja keras berjualan ke sana ke sini tanpa peduli pandangan orang lain.

Sepeninggal suami, dengan berbekal dua mobil dari teman-teman suaminya, Mutiara punya ide mengembangkan usaha taksi. Setelah melewati perjuangan yang keras, usaha taksi Mutiara mendapat izin. Dari sinilah nama Blue Bird lahir. Namanya terinspirasi dongeng dari Eropa.

Usaha taksi Blue Bird pun berkembang hingga menjadi besar seperti sekarang.

5. Susi Pudjiastuti

kerja keras
Susi Pudjiastuti (malangtoday)

Ibu yang satu ini pasti udah pada kenal. Menteri Kelautan dan Perikanan yang gemar merokok dan bertato ini punya kisah hidup yang patut jadi inspirasi.

Susi mustahil bisa seperti sekarang kalau dulunya gak kerja keras. Saat banyak orang pengin sekolah setinggi-tingginya, Susi malah memutuskan berhenti aja karena pengin usaha.

Dari usaha jualan baju dan bedcover, Susi kemudian melangkah dengan buka usaha jual beli ikan bermodalkan Rp 750 ribu. Karena kebetulan rumah tinggal merupakan daerah penghasil ikan, Susi melihat ada peluang yang bisa dimanfaatkannya.

Awalnya Susi diragukan mampu sukses. Namun ia tetap bertahan dan terus kerja keras buat menyakinkan pembeli.

Upaya yang dilakukannya tentu aja berbuah sukses. Ikan-ikan yang dijualnya disukai banyak orang. Gak cuma Jakarta, bahkan sampai ke luar negeri.

Gak cukup sampai di situ, Susi juga membuka usaha penerbangan dengan nama Susi Air. Kerja keras Susi emang layak diacungi jempol.

6. Hotman Paris

kerja keras
Hotman Paris Hutapea (grid)

Pengacara yang satu ini namanya ramai jadi perbincangan karena konten pada akun Instagramnya. Di sana dia cukup ceplas-ceplos bicara banyak hal. Ia juga kerap memamerkan kekayaannya.

Belum banyak yang tahu Hotman bisa seperti sekarang ya karena kerja keras.

Walaupun berasal dari keluarga yang mapan di Sumatra Utara sana, Hotman Paris toh tetap menghabiskan masa muda buat kerja keras. Setiap hari ia bangun jam empat subuh dan mulai bekerja jam enam. Jam-jam segitu kalau orang biasa sih masih pada tidur ya.

Kebiasaan kerja kerasnya udah dimulai sejak dia bekerja di Australia. Sampai sekarang ia masih terus menjalankan kebiasaan ini.

Kini Hotman Paris dikenal sebagai sosok pengacara yang kaya raya. Dari mobil Lamborghini sampai properti, semua dimiliki pengacara yang dijuluki “The Most Dangerous Lawyer” ini.

Kini kamu percaya kan kenapa kerja keras itu jadi faktor kenapa orang bisa sukses?

Intinya, dalam setiap pekerjaan ataupun usaha yang kamu jalani, jangan pernah setengah-setengah. Kerja keras kamu mesti total sekalipun kadang menemui kendala.

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!