Begini Kondisi Dunia 25 Tahun yang Lalu Saat Jeff Bezos Mendirikan Amazon

3 menit
perusahaan amazon
Kondisi dunia saat perusahaan Amazon didirikan 25 tahun lalu (Instagram/@jeffbezos)

Jeff Bezos yang kini jadi orang terkaya sejagat mendirikan bisnisnya yang jadi cikal bakal perusahaan Amazon, tepat pada Juli 1994. 

Buat kamu yang lahir di tahun 1996 ke atas, mungkin mengenal Bezos sebagai figur yang sangat sukses sekaligus sanggup menciptakan sebuah situs yang membuatnya kaya raya hingga  saat ini.

Tapi, kamu juga harus tahu, seperti apakah dunia saat Bezos mendirikan perusahaan Amazon. 

Penasaran sama kondisi dunia khususnya di dunia bisnis teknologi di tahun 1994? Yuk, simak ulasannya di sini:

1. Internet lemot dan mahal

Perusahaan Amazon
Perusahaan Amazon 25 tahun lalu (Pixabay)

Data dari World Bank menyebutkan, hanya ada 0,447 persen masyarakat di dunia yang memiliki akses internet. 

Jika terlahir pada tahun 1980-an awal, kamu tentunya merupakan salah satu orang yang sama sekali gak tergantung dengan internet pada tahun 1994.

Meski internet sudah ada, koneksinya gak secepat sekarang dan sistemnya dial up alias nyambung dengan telepon. Otomatis, pembayaran internet bakal jadi satu dengan pembayaran tagihan telepon rumah.

Makin sering dipakai, makin mahal tagihan internetnya. Dan ketika internet dipakai, telepon gak bisa dipakai.

Baca juga: Jeff Bezos Masih yang Terkaya Sejagat, Ada Hartono Bersaudara dalam Daftar!

2. Disket jadi tempat penyimpanan data

perusahaan amazon
Perusahaan Amazon 25 tahun lalu (Pixabay)

Anak kelahiran 1998 mungkin udah gak tahu apa itu disket. Saat perusahaan Amazon didirikan, disket masih diandalkan sebagai perangkat yang fungsinya mirip flashdisk.

Disket sebenarnya sudah diperkenalkan pada tahun 1967-an. Sistemnya pun read only alias ketika data tersimpan, data tidak lagi bisa dimodifikasi atau dihapus, kapasitasnya juga cuma 80 kb sebelum akhirnya floppy disk yang ukurannya lebih kecil ditemukan.

Floppy disk sanggup menyimpan data sebesar 256 kb. Lambat laun, lahir pula zip disk yang sanggup menyimpan data dengan kapasitas lebih besar.

Pada intinya, floppy disk itu masih sering digunakan di tahun itu. Jadi bayangkan saja, seorang programmer harus menyimpan banyak disket di rumahnya.

3. Transfer duit masih pakai ATM

perusahaan amazon
Perusahaan Amazon 25 tahun lalu (Pixabay)

Boro-boro ada internet banking, transfer aja masih pakai ATM atau datang ke bank langsung. Intinya, mau transfer ya harus keluar rumah dulu, gak ada yang serbapraktis.

eBay saja diluncurkan tahun 1995. Orang yang menang dalam lelang eBay harus mengirimkan cek via email untuk metode pembayarannya. 

4. Banyak technopreneur belum memulai bisnisnya

perusahaan amazon
Perusahaan Amazon 25 tahun lalu (Instagram/@zuck)

Mark Zuckerberg sang pendiri Facebook masih berusia 10 tahun pada tahun 1994, Jack Dorsey pendiri Twitter juga masih SMA, Evan Spiegel sang pendiri SnapChat masih balita. Mereka sama sekali belum memulai bisnisnya di bidang teknologi.

Bahkan, Jack Ma sang pendiri Ali Baba saja baru melek internet tahun 1995. Dia mengenal internet saat berada di Seattle, dan kata pertama yang ditulisnya di mesin pencari adalah “beer”.

Sementara itu, Craig Newmark, pendiri situs iklan baris Craiglist baru memulai usahanya di tahun 1995!

Baru Jeff Bezos lah yang sedang asyik menggarap perusahaan Amazon. 

5. Ada dua bisnis online selain Amazon yang user-nya cukup banyak

perusahaan amazon
Perusahaan Amazon 25 tahun lalu (Instagram/@jeffbezos)

Saat perusahaan Amazon sedang didirikan, sebenarnya sudah ada perusahaan penjual buku online di Amerika, yaitu Powell.com

Sementara itu, Pizza Hut juga sudah meluncurkan order pizza online. Tapi, tetap saja, di masa depan Amazon jadi yang paling top di antara yang lain.

Itulah secuil fakta yang terjadi 25 tahun saat perusahaan Amazon didirikan. Apakah cukup mengejutkan?

Intinya, Jeff Bezos ternyata mendirikan sebuah bisnis yang infrastrukturnya saja belum mendukung pada masanya. Tapi, coba lihat sekarang.

Fakta ini menunjukkan, bahwa gak ada kesuksesan yang instan. Butuh 25 tahun lamanya untuk jadi orang terkaya di dunia dengan aset nyaris Rp 2 ribu triliun.

Satu lagi, jangan pernah takut untuk inovasi. Lihat saja, Bezos membangun semuanya saat internet masih jadi produk yang jarang digunakan orang. Jadi, mau menciptakan apa guys? (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!