Belajar Baking lewat Kursus Online Mulai Rp500 Ribu! di Dapur Wanita Ini Aja

5 menit

Perkembangan teknologi banyak membantu dalam pekerjaan sehari-hari, termasuk belajar baking. Salah seorang yang memanfaatkan perkembangan teknologi ialah Lindawaty, yang membuat ecourse Dapur Lindawaty melalui video tutorial di laman media sosial.

Ecourse Baking Dapur Lindawaty merupakan sebuah kursus baking yang dilakukan dengan menonton video tutorial. Melalui kursus online alias ecourse, kamu tidak perlu lagi repot mengatur waktu dan pergi jauh-jauh ke tempat kursus.

Cukup akses melalui ecourse, video tutorial baking bisa kamu tonton kapanpun dan dimanapun kamu inginkan, bahkan bisa diulang sebanyak apapun yang kamu butuhkan.

Ecourse Dapur Lindawaty ini berisi tutorial menu-menu pilihan dari sang owner, Lindawaty, dengan selera dan cita rasa khas dari dapur wanita berdarah Palembang tersebut.

Lewat video tutorial kursus baking ecourse Dapur Lindawaty, sukses membuat cake premium dan beragam menu modern ala kafe hingga hotel berbintang bukan lagi sekadar impian.

MoneySmart, belum lama ini, berkesempatan ngobrol santai bersama Lindawaty di dapur miliknya untuk mengetahui lebih jauh kisahnya membuat ecourse Dapur Lindawaty hingga bisnis kuliner yang dijalaninya.

Untuk mengetahuinya lebih jauh, yuk ikuti kisahnya di sini:

Awal mula membagikan resep makanan

Buku Resep Rahasia Menu Kekinian (MoneySmart/Ruben Setiawan)
Buku Resep Rahasia Menu Kekinian (MoneySmart/Ruben Setiawan)

Ibu muda yang sejak kecil senang memerhatikan aktivitas mamanya memasak sebenarnya bukan seorang profesional dalam bidang kuliner.

Namun, berkat kegemarannya memasak, ibu dua anak itu mencoba memasak resep satu per satu hingga membuatnya semakin mencintai dunia masak.

Berlatar belakang sebagai pebisnis kecantikan dan fesyen tidak menghalanginya terus belajar memasak, terutama masakan dengan teknik baking yang sebagian besar orang menganggapnya sebagai teknik memasak cukup rumit dan ribet.

Lantas, bagaimana Linda yang tidak memiliki latar belakang memasak malah bisa sangat ahli dalam hal baking? Ternyata Linda punya resep tersendiri.

“Dapur Lindawaty secara nggak sengaja. Sebagai perempuan, aku sudah buka salon, nyobain bisnis butik dan sanggar senam,” kata Linda mengawali percakapan dengan MoneySmart.

“Aku nggak sadar dari kecil sering ngerasain makanan enak karena mamaku yang orang Palembang hobi masak. Eh, kok kayaknya senang ya, jadi ngembangin (bisnis) lebih ke kesukaanku,” sambungnya.

Lantaran memiliki visi tidak akan menghentikan niat untuk terus belajar memasak hingga sukses, membuat wanita berhijab itu membagikan resep kita disukai banyak orang.

“Awalnya belajar sedikit demi sedikit untuk anak-anak, gak kepikiran nge-share resep. Awalnya cuma ngerasa setiap mencoba resep kok di lidahku selalu ada yang kurang, kenapa orang kasih resep nggak yang enak saja. Akhirnya dari situ aku mulai share resep,” ungkapnya.

Buku Resep Rahasia Menu Kekinian (MoneySmart/Ruben Setiawan)
Buku Resep Rahasia Menu Kekinian (MoneySmart/Ruben Setiawan)

Wanita yang telah merilis buku “Resep Rahasia Menu Kekinian” itu memastikan, dirinya hanya membagikan resep masakan tersebut dengan kondisi sudah dimodifikasi.

“Tapi resep yang aku share itu sudah berdasarkan eksprimen dulu, jadi bukan juga resep yang aku punya itu sudah gitu aja aku punya. Jadi yang aku share yang sudah aku modifikasi,” ujarnya.

Baca juga:

Dulu Cuma 10 Karyawan Kini Jadi Raksasa, Yuk Belajar dari Bisnis Harry Sanusi

Cerita soal Dapur Lindawaty

Dapur Lindawaty (IG dapur_lindawaty)
Dapur Lindawaty (IG dapur_lindawaty)

Kecintaanya pada baking tidak hanya membuat Linda mampu berbagi resep kepada 256 ribu pengikutnya di Instagram. Namun, turut mengantarkannya pada dunia bisnis kue yang memiliki prospek menggiurkan.

Setiap harinya, Linda dapat memasak dua hingga tiga menu, di mana beberapa di antaranya adalah kue yang kemudian dijadikan konten untuk media sosial di Dapur Lindawaty.

Mengatur resep dan menu apa yang akan dibuatnya, Linda yang sangat familiar dengan kamera, lampu, dan peralatan memasak, membuat konten lalu membagikannya di Instagram, dan website www.lindawaty.com.

“Prinsipku rezekiku nggak akan ketukar, jadi mau aku share resep rahasiaku kalau itu bermanfaat dan berguna untuk orang lain, kenapa gak. Pasar pembeli penjual kan luas, meski banyak banget yang lihat, tapi gak juga banyak yang membuatnya sendiri,” kata Linda.

“Dengan sendirinya peluang bisnisku terbuka. Toh mereka sudah aku share resep pun nggak semua bikin sendir, karena video 1 menit gak akan meng-cover semua teknik baking. Karena itu, rencana ke depannya aku akan membuka toko kue. Sementara aku menerima orderan,” lanjutnya.

Baca juga:

Pengin Cepat DP Rumah? Coba Jalani Dulu 6 Bisnis Ini

Ecourse Dapur Lindawaty

Ecourse Dapur Lindawaty (IG dapur_lindawaty)
Ecourse Dapur Lindawaty (IG dapur_lindawaty)

Di balik kesuksesannya, Linda juga sempat mengalami kesulitan. Baking yang memang membutuhkan skill, membuatnya semakin sering latihan. Meski begitu, Linda tak menampik pernah gagal dalam praktik pembuatan kue.

Karena kondisi itu,  pemilik salon muslimah Tewink Salon dan Muztreat tersebut membagikan kiat suksesnya dalam baking. Dari situlah, ecourse Dapur Lindawaty bermula.

Baking itu sesuatu yang unik, banyak gagalnya. Kalau pas trial itu bisa 2-3 kali gagal, jadi cost-nya lebih banyak. Kalau kursus, pasti udah dapat yang enak, tingkat kegagalannya juga kecil, sudah tidak usah mengira macam-macam,” papar wanita berkacamata ini.

“Karena banyak banget yang minta aku buka kelas, tapi aku gak punya banyak waktu. Dari situ kepikiran gimana caranya bisa menyelesaikan masalah orang dan memenuhi kebutuhan mereka, jadi launching kursus online di Facebook ada juga link langsung private group,” jelasnya.

Lebih lanjut, Linda memaparkan, lewat ecourse Dapur Lindawaty itu mereka yang ingin baking atau memasak makanan kegemaran atau khusus bisa mewujudkannya.

“Jadi kursusnya secara online aja. Kalau video, mereka gak ngerti bisa tonton berkali-kali. Kalau kursus ada kurang lebihnya, tapi semuanya akan ada. Toh aku offline course-nya juga akan bikin. Untuk launching awalnya online course dulu,” imbuhnya.

Berniat mencobanya? Sudah banyak resep kue, masakan, maupun menu lainnya yang telah dibagikan di laman Instagram milik Linda, yakni @dapur_lindawaty, yang hampir setiap hari Linda membagikan konten memasaknya.

Selain itu, wanita yang pernah berkolaborasi dengan Chef Juna tersebut telah membagikan video memasaknya lewat chanel YouTube Dapur Lindawaty.

Namun, buat kamu yang ingin mendapat lebih saat membuat resep tersebut, bisa mengikuti kelas ecourse yang tentu saja ada biayanya.

Untuk mengikuti ecourse, wanita yang sebelumnya telah membagi ebook gratis membaginya sesuai paket yang akan diikuti.

Ecourse Dapur Lindawaty (IG dapur_lindawaty)
Ecourse Dapur Lindawaty (IG dapur_lindawaty)

“Ikut kursus harganya dari Rp 500 ribu sampai termahal Rp1,9 juta. Itu paket ada beberapa resep diambil, dari empat sampai 16 resep. Pasti berhasil asalkan mengikuti prosedurnya. Di kursus aku, mereka boleh nanya asalkan sudah bikin,” tandasnya.

Nah, buat kamu yang ingin mengetahui lebih jauh, bisa langsung mengikuti private group maupun chanel Facebook Dapur Lindawaty.  Atau, email ke [email protected]. Selamat mencoba, dan happy baking ya!

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.