Indonesia Diharapkan pada 2045, 15 Negara Ini Lebih Dulu Masuk Top Ekonomi Dunia

3 menit
Indonesia Diharapkan pada 2045, 15 Negara Ini Lebih Dulu Masuk Top Ekonomi Dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Indonesia punya harapan bisa masuk dalam jajaran lima negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada 2045. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dalam suatu acara di Jakarta pada Kamis (12/9).

Walaupun ekonomi dunia lagi melambat, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut ekonomi Indonesia cukup baik dibandingkan negara-negara lain. Ia juga bilang kondisi mata uang Rupiah lebih baik ketimbang mata uang negara-negara lain.

Namun, Menko Bidang Kemaritiman ini juga mengakui kerumitan birokrasi Indonesia yang berefek pada perekonomian seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia. Luhut pun berpesan agar jangan pesimis dulu sebab Pemerintah sedang membenahinya.

Ngomongin soal ekonomi terbesar di dunia, emangnya negara-negara mana aja yang menyandang predikat sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Jadi Rumah Terbesar di Dunia, Ini Lho Isinya Rumah Sultan Brunei

Ini 15 negara dengan ekonomi terbesar di dunia

ekonomi terbesar di dunia
Ini lho deretan negara yang memiliki ekonomi terbesar, (ssl.com).

Laju ekonomi dunia gak pernah berhenti. Ini bisa dilihat dari besarnya Produk Domestik Bruto (PDB) alias Gross Domestic Product (GDP) yang cenderung meningkat. Data terakhir menunjukkan PDB dunia berada di angka US$ 86 triliun.

PDB bisa dibilang sebagai gambaran ekonomi yang menjadi ukuran seberapa cepat atau lambat ekonomi bergerak, baik dalam suatu negara maupun dunia. Semakin tinggi angka PDB, semakin pesat perkembangan negara atau dunia.

Itulah kenapa negara-negara maju memiliki angka PDB yang terbilang tinggi. Sebab kenaikan PDB yang berlangsung terus-menerus dalam negara tersebut mendorong negara tersebut menjadi negara besar dalam hal perekonomian.

PDB ini mencakup beberapa komponen, yaitu tingkat konsumsi, belanja Pemerintah, investasi Pemerintah, dan ekspor-impor. Besarnya komponen-komponen tersebut nantinya membuat angka PDB menjadi besar.

Dalam ulasannya, HowMuch.net mencatat PDB dunia bertumbuh 6,9 persen pada 2018. Pertumbuhan ini menaikkan angka PDB dunia dari US$ 80,2 triliun (2017) menjadi US$ 86 triliun (2018).

Kontribusi terbesar terhadap PDB dunia tersebut datang dari negara-negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Data dari Bank Dunia menunjukkan kalau Amerika Serikat dan China berperan dalam pembentukan angka PDB sebesar US$ 86 triliun.

Selain Amerika Serikat dan China, masih ada negara-negara lain yang memberi kontribusi signifikan terhadap PDB dunia. Negara-negara tersebut diketahui masuk jajaran ekonomi terbesar di dunia. Berikut ini daftarnya berdasarkan PDB Nominalnya.

Negara dengan ekonomi terbesar di dunia PDB Nominal Persentase kontribusi ke PDB Dunia
Amerika Serikat US$ 20,49 triliun 23,89 persen
China US$ 13,61 triliun 15,86 persen
Jepang US$ 4,97 triliun 5,79 persen
Jerman US$ 4,00 triliun 4,66 persen
Inggris US$ 2,83 triliun 3,29 persen
Prancis US$ 2,78 triliun 3,24 persen
India US$ 2,73 triliun 3,18 persen
Italia US$ 2,07 triliun 2,42 persen
Brazil US$ 1,87 triliun 2,18 persen
Kanada US$ 1,71 triliun 1,99 persen
Rusia US$ 1,66 triliun 1,93 persen
Korea Selatan US$ 1,62 triliun 1,89 persen
Australia US$ 1,43 triliun 1,67 persen
Spanyol US$ 1,43 triliun 1,66 persen
Meksiko US$ 1,22 triliun 1,43 persen

Baca juga: Dijual Rp 50 Miliar, Rumah Anang Lebih Mahal dari Orang Terkaya di Dunia

Indonesia diprediksi masuk jajaran negara dengan ekonomi terbesar di dunia tahun 2030

ekonomi terbesar di dunia
Indonesia bakal masuk dalam jajaran ekonomi terbesar pada tahun 2030, (Ilustrasi/Shutterstock).

Moneysmart sebelumnya pernah mengulas tentang prediksi Standard Chartered yang memasukkan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia tahun 2030. Indonesia ditempatkan di peringkat keempat dalam jajaran tersebut.

Prediksi ini didasarkan pada PDB Paritas Daya Beli. Indonesia pada tahun 2017 memiliki PDB Paritas Daya Beli sekitar US$ 3,2 triliun. Namun, pada 2030 nanti, Indonesia diprediksi mencetak PDB Paritas Daya Beli sekitar US$ US$ 10,1 triliun.

Namun, prediksi berdasarkan PDB Paritas Daya Beli ini diragukan sejumlah pihak. Alasannya, Yunani yang pernah tercatat punya PDB Paritas Daya Beli ternyata dilanda krisis ekonomi.  PDB Nominal dinilai lebih baik sebagai ukuran ketimbang PDB Paritas Daya Beli. 

Nah, itu tadi informasi seputar negara-negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!