Resmi Dilarang Pemerintah, Ekspor Bijih Nikel Indonesia Paling Besar di Dunia?

3 menit
ekspor nikel
Pertambangan nikel di Sulawesi Selatan. (Shutterstock)

Ekspor nikel resmi dilarang Pemerintah dan larangan ini mulai berlaku pada tahun 2020 mendatang. Informasi ini telah disampaikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Senin (2/9).

Adanya larangan ekspor ini bertujuan agar bijih nikel diolah terlebih dahulu di dalam negeri. Asal tahu aja nih, upaya hilirisasi ini disebut-sebut memberi potensi senilai US$ 35 miliar tahun 2024 seperti yang disampaikan Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. 

Selain itu, terdapat beberapa alasan mengapa Indonesia sebaiknya gak lagi ekspor nikel dalam bentuk bahan mentah. Mulai dari ketersediaan cadangan nikel di Indonesia, banyaknya pabrik pengolahan tambang (smelter) yang telah dibangun, hingga ketersediaan teknologi di Indonesia yang mumpuni buat mengolah nikel.

Informasi larangan ekspor logam tahan karat ini diduga berefek pada perubahan harga jual nikel di pasar global. Saat larangan tersebut diumumkan harga nikel menguat 3,62 persen di angka US$18.547,5 per ton di bursa London.

Gak cuma itu, penghentian ekspor logam ini diprediksi bakal memengaruhi perolehan pendapatan beberapa emiten tambang. Misalnya aja PT Vale Indonesia, Tbk. (INCO) yang sejauh ini memperoleh pendapatan dari penjualan nikel. Begitu juga dengan PT Aneka Tambang, Tbk. (ANTM) yang kontribusi pendapatannya berasal dari penjualan nikel.

Menarik buat diulas, memangnya seberapa besar nilai ekspor nikel Indonesia? Apakah paling besar di dunia? Berikut ini ulasannya.

Ini 15 negara dengan nilai ekspor nikel terbesar di dunia, ada Indonesia?

ekspor nikel
Ilustrasi tambang. (Shutterstock)

Harga jual nikel sejak awal tahun 2019 terus bergerak naik. Informasi ini bisa dilihat pada grafik Nickel Price Commodity dari Markets Insider. Pada grafik tersebut, harga nikel yang dari awal tahun 2019 sekitar US$ 11 ribuan, kini harganya berada di kisaran US$ 17 ribuan.

Tentu aja kenaikan harga tersebut makin menguntungkan negara-negara yang tercatat melakukan ekspor logam tersebut. Apalagi secara global, ada peningkatan ekspor logam ini rata-rata 18,2 persen dari 2017 ke 2018.

Nikel dikenal sebagai salah satu logam yang tahan terhadap korosi. Pemanfaatan nikel tampak pada produk-produk stainless steel, magnet, baterai isi ulang, hingga melapisi pipa. Gak heran kalau permintaan terhadap nikel tinggi seiring naiknya permintaan terhadap barang-barang berbahan nikel tersebut.

Berikut ini adalah 15 negara yang punya nilai ekspor nikel paling besar di dunia sepanjang tahun 2018 seperti yang dikutip dari World’s Top Exports. Negara-negara mana aja itu?

Negara Nilai ekspor nikel
Indonesia US$ 628 juta
Filipina US$ 458,2 juta
Kaledonia Baru US$ 432,8 juta
Zimbabwe US$ 394,1 juta
Amerika Serikat US$ 222 juta
Finlandia US$ 216,5 juta
Australia US$ 193,7 juta
Kanada US$ 135 juta
Belgia US$ 85,1 juta
Guatemala US$ 76,7 juta
Rusia US$ 38,2 juta
Ivory Coast US$ 15,3 juta
Jerman US$ 10 juta
Albania US$ 6,6 juta
Singapura US$ 5,7 juta

Dari daftar di atas, Indonesia menjadi negara nomor satu yang memiliki nilai ekspor nikel paling tinggi di dunia. Indonesia pada tahun 2018 membukukan nilai ekspor sekitar US$ 628 juta atau sekitar Rp 8,79 triliun (dengan asumsi 1 dolar itu Rp 14 ribuan).

Negara-negara mana aja yang menjadi tujuan ekspor nikel Indonesia? Berikut daftarnya

ekspor nikel
Ilustrasi pabrik peleburan logam. (Shutterstock)

Dari data terakhir yang dipublikasi Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat empat negara yang menjadi tujuan ekspor logam nikel Indonesia. Di bawah ini adalah daftar negara yang menjadi tujuan ekspor nikel Indonesia tahun 2014.

Negara tujuan ekspor Jumlah nikel (ton)
Jepang 80.524
China 3.989.893,9 
Australia 51.170
Yunani 38.532,8

Nah, itu tadi informasi negara-negara yang punya nilai ekspor nikel paling tinggi di dunia. Semoga informasi barusan bermanfaat! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!