Berani Andalkan Blog Jadi Sumber Uang, Yuk Belajar dari 6 Blogger Ini!

5 menit
Blogger inspiratif

Blogger pada zaman dulu sangat mustahil buat dijadikan profesi, maka kini gak lagi. Blogging saat ini bisa dijadikan sumber penghasilan utama. Para blogger Indonesia terbaik ini membuktikannya, mereka bisa menghidupi diri tanpa harus jadi karyawan lagi.

Kisan para karyawan yang kemudian jadi entrepreneur mungkin sering kamu dengar. Namun, profesi blogger masih cukup jarang di bandingkan wirausahawan. Meski begitu, gak ada salahnya kamu melirik salah satu kegiatan bermanfaat ini.

Khususnya, buat kamu yang emang gemar menulis, kegiatan blogging bisa jadi passion. Yuk, simak kisah enam dari sekian banyak blogger Indonesia terbaik berikut ini:

1. Indah Julianti Sibarani, Creative Content stasiun televisi

Indah Julianti (IG indahjuli)
Indah Julianti (IG indahjuli)

Nama Indah Julianti Sibarani udah gak asing lagi di dunia per-blogging-an. Pasalnya, wanita yang akrab disapa IndJul ini adalah salah satu pentolan komunitas blogger Emak2Blogger.

Sebenarnya Indah Julia bisa dibilang dedengkot blogosphere (sebutan buat dunia per-blogging-an).

Indah pertama kali menulis blog di Geocities tahun 2003. Namun, saat itu, dia masih bekerja sebagai Creative Content buat salah satu televisi ternama di Indonesia. Saat itu, dia pun belum terpikir buat memonetasi blognya.

Yang unik adalah, Indah Julianti ternyata resign bukan karena mau jadi full-time blogger. Justru awalnya dia emang pengin break dari kerja kantoran dan fokus menulis buku. Namun, selama itu dia masih aktif menulis blog. Bahkan, di tahun 2010, dia udah dapat beberapa job buat dipublikasikan di blognya.

Akhirnya, Indah Julia memutuskan fokus pada niche parenting di blog www.indahjulianti.com. Indah menuturkan, para blogger buat menentukan niche blog mereka agar gak campur-aduk.

Bahkan, Indah rela menolak tawaran konten sponsor bila gak sesuai dengan tema blognya. Indah Julia bisa memperoleh bayaran lebih dari Rp 3 juta dari satu tulisan aja pada tahun 2016, dan kini dipastikan terus bertambah.

2. Bobby Ertanto, lulusan S2 dan karyawan di perusahaan manufaktur

Bobby Ertanto (IG virustraveling)
Bobby Ertanto (IG virustraveling)

Bobby Ertanto punya beberapa blog yang dia kelola bersama teman blogger lainnya. Namun, salah satu blog miliknya yang paling dikenal adalah www.virustraveling.com yang dikelola sejak tahun 2008 dan www.liburmulu.com.

Sesuai dengan namanya, Bobby adalah travel blogger. Yap! Passion-nya emang jalan-jalan. Namun, Bobby punya cara unik sebagai full-time blogger. Sebab, dia gak cuma mengandalkan konten sponsor sebagai penghasilan utama.

Selepas lulus dari S2, Bobby Ertanto mundur dari pekerjaan di salah satu perusahaan manufaktur ternama Indonesia. Dia mengelola blognya sembari juga mendirikan bisnis travel agent. Padahal dari blog aja, dia bisa dapat Rp 6 juta sampai Rp 10 juta lho!

Oh ya, Bobby punya tips buat kamu yang pengin mengembangkan blog agar makin ramai. Bobby gak sekadar menampilkan konten yang ciamik tetapi juga mengandalkan teknik Search Engine Optimization (SEO).

Teknik tersebut memungkinkan laman blog kamu bakal naik ke halaman satu mesin pencari seperti Google. Dengan demikian, orang-orang awam yang bukan blogger pun bisa menikmati informasi yang kamu berikan.

3. Shintaries Nijerinda, Site Manager proyek hotel

Shintaries (IG shintaries)
Shintaries (IG shintaries)

Shintaries Nijerinda bisa dibilang salah satu blogger Indonesia terbaik yang memiliki sepak terjang mengagumkan. Akrab disapa sebagai Shintaries, wanita pemilik blog www.shintaries.com tersebut bahkan sukses mendirikan perusahaan berkat kegiatan nge-blog.

Shintaries mulai nge-blog udah dari tahun 2005. Namun, benar-benar jadi full-time blogger sejak tahun 2014. Dari tentang tahun tersebut, Shinta juga sempat vakum menulis sekitar tujuh tahun sebelum memulai lagi menulis di tahun 2012.

Dulunya, Shintaries bekerja sebagai Site Manager proyek hotel. Pekerjaan tersebut ditinggalkan Shintaries bukan tanpa rencana. Sebelum resign, Shintaries udah bikin plan mengenai karier blogging-nya.

Di blognya, Shintaries sering berbagi tentang teknis blog sederhana yang dibutuhkan oleh para ibu yang mulai nge-blog. Kemudian, Shintaries juga menginisiasi komunitas Blogger Perempuan yang kini udah jadi perusahaan agency blogger pula.

Sekarang, Shintaries bahkan bisa memperoleh penghasilan sampai Rp 12 juta dari konten sponsor aja. Itu belum dari perusahaan yang dia pegang.

Buat para blogger pemula, Shintaries menyatakan bahwa buat jadi full-time blogger butuh jalan panjang. Plus, blogger dituntut buat branding diri sesuai dengan kemampuan yang dia kuasai.

4. Marikxon Manurung, karyawan pengelola gedung mal

Maxmanroe (IG maxmanroe)
Maxmanroe (IG maxmanroe)

Nama Marikxon Manurung lebih sering ditemukan di mesin pencari. Blog www.maxmanroe.com sering banget muncul di laman pertama Google bila mencari topik-topik bisnis dan blogging.

Pria berdarah Batak tersebut mulai nge-blog sejak tahun 2009 saat masih bekerja sebagai karyawan perusahaan pengelola gedung mal. Saat itu dia tahu blog karena baca blog teman sekantornya.

Totalitas buat terjun ke dunia blogging, Marikxon gak tanggung-tanggung buat belajar nge-blog. Dia mengikuti salah satu sekolah blogging dan Internet marketing ternama di Indonesia. Dari situlah dia belajar mengenai monetasi blog.

Total blog yang dimiliki oleh Marikxon mencapai 20 buah. Blog-blog tersebut bahkan ada yang berbahasa Inggris dengan target orang Amerika Serikat dan Kanada. Sumber penghasilannya adalah dari Google Adsense dan Amazon.

Blog MaxManroe.com sendiri cukup sukses di Indonesia. Sebab, kini blog tersebut bahkan sering dikontak buat mengulas bisnis perusahaan tertentu.

Marikxon sedikit membocorkan penghasilan beberapa blog-nya meski gak detail. Omzet dari beberapa blog tersebut bisa mencapai US$ 700 sampai US$ 4000 atau setara Rp 10 juta sampai Rp 60 juta.

5. Ani Berta, Akuntan

Ani Berta (IG ani.berta)
Ani Berta (IG ani.berta)

Ani Berta awalnya menulis blog buat menyampaikan opini, review buku dan film, dan bahkan menulis cerpen. Sekitar tahun 2008, Ani menulis blog di platform blog dari media online ternama Indonesia.

Dulu pemilik blog www.aniberta.com tersebut bekerja sebagai akuntan. Namun, passion-nya buat menulis bikin Ani berani buat resign di tahun 2013. Sejak itu, Ani serius mengelola bahkan gak cuma satu blog melainkan sampai lima blog.

Gak cuma itu, Ani pun sangat aktif berkomunitas dan bahkan jadi salah satu pendiri komunitas blog bernama, Indonesian Social Blogpreneur.

Penghasilan dari satu tulisan di blog Ani pernah mencapai Rp 5 juta! Ani membeberkan bahwa buat menghasilkan uang dari blog perlu konsistensi. Plus, jadilah creator orisinal bukan follower.

6. Zata Ligouw, karyawan firma hukum

Zata Ligouw (IG zataligouw)
Zata Ligouw (IG zataligouw)

Nama Zata Ligouw dikenal sebagai blogger yang sering membagikan konten gaya hidup sehat. Lewat blog www.zataligouw.com, Zata sering berbagi tips kesehatan. Bahkan, kini dia juga mengelola portal wanita bernama www.lolamagz.id.

Kiprah Zata di dunia blogging terbilang udah lama banget. Sebab, dia udah mengenal blog sejak tahun 2001.

Kala itu, Zata menulis di Geocities dan Multiply saat masih mengikuti suami dinas di Brunei Darusallam. Kemudian, Zata juga sempat jadi karyawan di firma hukum asing di Indonesia.

Tahun 2011, Zata mulai benar-benar fokus buat mengelola blog-nya dengan tujuan sebagai sumber penghasilan. Sekarang, dari blog aja, Zata bisa memperoleh sekitar Rp 8 juta sampai Rp 20 juta per bulan.

Zata menuturkan buat jadi blogger profesional, blogger dituntut buat konsisten dan mengembangkan networking. Gak cuma itu, Zata juga menganjurkan para blogger buat menulis konten positif dan gak melulu menulis konten sponsor melainkan berimbang. Saran yang bagus ya.

Demikian hasil wawancara MoneySmart.id bersama beberapa dari sekian banyak blogger Indonesia terbaik yang bisa dijadikan panutan. Hebat-hebat ya mereka!

Pilihan mereka jadi full-time blogger ternyata gak sekadar emosi sesaat melainkan emang sesuai passion. Tips-tips yang mereka berikan pun bisa jadi inspirasi buat kamu yang pengin terjun sebagai blogger penuh waktu.

Salam sukses! (Editor: Chaerunnisa)

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan