Sama-Sama Orang Kaya, Lebih Tajir Erick Thohir atau Sandiaga Uno?

3 menit
Erick Thohir dan Sandiaga Uno (IG erickthohir)
Erick Thohir dan Sandiaga Uno (IG erickthohir)

Erick Thohir telah terpilih sebagai ketua tim kampanye pemenangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. Kabar tersebut langsung membuat heboh banyak orang, karena belum ada yang tahu pengalaman politik orang kaya yang satu ini.

Di tegah kabar tersebut, kedekatan Erick dengan cawapres Sandiaga Uno yang merupakan sahabat sejak kecil turut mencuat. Sampai sama-sama menjadi orang kaya pun, mereka tetap bersahabat.

Namun, persahabatan bagai kepompong ini tampaknya jadi dilema tersendiri. Pasalnya, dalam pilpres nanti, kedua orang kaya ini bakal berada di kubu yang berbeda. Yang satu mendukung Jokowi, lainnya mendukung dan sekaligus jadi cawapres Prabowo.

Seakan menepis kabar gak sedap tentang ketidakharmonisan mereka, keduanya bertemu lalu berpelukan saat menghadiri acara pernikahan putra Ketua DPR Bambang Soesatyo. Siapa pun yang melihat ini pasti setuju, hubungan keduanya baik-baik aja.

Nah, sama-sama orang kaya, kira-kira siapa yang lebih tajir? Erick Thohir atau Sandiaga Uno? Buat menjawab ini, kita cari tahu yuk jawabannya dalam ulasan berikut:

1. Perbandingan kekayaan Erick Thohir dan Sandiaga Uno

Erick Thohir dan Sandiaga Uno (Pepnews)
Erick Thohir dan Sandiaga Uno (Pepnews)

Kalau dibanding-bandingkan kekayaan kedua orang kaya ini, ternyata Erick Thohir jauh lebih kaya daripada Sandiaga Uno.

Seperti yang dilaporkan Tribunnews, Erick Thohir memiliki kekayaan yang nilainya mencapai US$ 1,4 miliar atau sekitar Rp 20 triliun. Sementara nilai kekayaan Sandiaga Uno seperti yang tercantum dalam LHKPN mencapai Rp 5 triliun.

Kekayaan Sandiaga kali ini bertambah dibandingkan sewaktu dirinya menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Dalam LHKPN 2016, Sandiaga Uno tercatat punya kekayaan yang nilainya mencapai Rp 3,8 triliun plus US$ 34 juta.

Kekayaan orang kaya yang maju jadi cawapres ini paling besar dalam bentuk investasi. Seperti yang terungkap dalam LHKPN 2016, nilai investasi Sandiaga dalam bentuk surat berharga sebesar Rp 3,7 triliun. Ditambah dolar sebesar US$ 1,28 juta.

2. Erick Thohir bangun bisnis kuliner hingga media

 

View this post on Instagram

 

Pawai obor siap di mulai di Indonesia, setelah tim obor Asian Games 2018 mengambil api dr India sbg tuan rumah Asian Games pertama.

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir) on

Sosok Erick Thohir dikenal sebagai salah satu pengusaha yang terbilang sukses di Indonesia. Ia diketahui menjalankan usaha kuliner, yaitu pemilik Restoran Hanamasa dan Pronto.

Selain usaha kuliner, Ketua INASGOC yang menyukseskan Asian Games 2018 ini membangun grup media yang diberi nama Mahaka Group. Lewat grup usahanya ini, ia bisa memiliki Republika. Kemudian berlanjut membangun Jak TV, 98,7 Gen FM, dan 101 Jak FM.

Bersama salah satu anggota keluarga Bakrie, yaitu Anindya Bakrie, ia membesarkan TV One dan Viva dengan menjadi co-owner. Lalu pada 2014, pria kelahiran 30 Mei 1970 menjabat Presiden Direktur ANTV.

Hebatnya, Erick Thohir bisa membeli klub sepak bola internasional Inter Milan lho. Ia mencatatkan diri sebagai pemilik 70 persen saham klub sepak bola Italia tersebut. Otomatis, dia resmi menjadi Presiden Inter Milan menggantikan Massimo Moratti.

3. Sandiaga Uno merintis perusahaan investasi

 

View this post on Instagram

 

Ditemani Pak Sudirman Said, mantan Menteri ESDM yang juga seorang aktivis anti-korupsi, saya menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pelaporan ini memang rutin saya lakukan 3 bulan sekali sejak saya menjabat sebagai Wakil Gubernur, dan hari ini saya melaporkannya sebagai syarat untuk ditetapkan sebagai calon Wakil Presiden. Kedepan kami ingin semuanya serba transparan, jangan ada yang ditutup-tutupi, dan harus berani dipertanggung jawabkan. Kami yakin dengan pemerintahan yang bersih, percepatan pembangunan khususnya di bidang ekonomi yang mampu membuka lapangan kerja dan memastikan harga bahan pokok yang terjangkau dapat terwujud dengan baik.

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno) on

Tak berbeda dengan Erick, Sandiaga Uno juga punya kerajaan bisnis yang terbilang banyak. . Pria kelahiran 28 Juni 1969 ini tercatat menjadi pendiri dari Saratoga Investama Sedaya.

Bersama Edwin Soeryadjaya yang merupakan anak pendiri Astra Internasional William Soeryadjaya, ia membesarkan perusahaan investasi.

Gak sedikit perusahaan ternama dapat sokongan dana dari Saratoga Investama Sedaya. Mulai dari Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), Adaro Energy, Mitra Pinasthika Mustikan (MPM), Provident Agro, hingga Medco Power Indonesia.

Kabar terakhir ternyata Sandiaga Uno udah melepaskan kepemilikannya atas Saratoga Investama. Ia udah gak lagi berada dalam jajaran dewan komisaris maupun jajaran dewan direksi.

Nah, itu tadi perbandingan kekayaan antara Erick Thohir dan Sandiaga Uno. Sekalipun ada jarak karena beda pilihan politik dan jumlah kekayaan, mereka punya persamaan, yaitu sama-sama orang kaya yang terjun ke dunia politik.

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan