Dianggap Terlalu Cantik, Evi Apita Maya Punya Kekayaan Mencapai Rp 1,5 Miliar

3 menit
Evi Apita Maya
Dianggap Terlalu Cantik, Evi Apita Maya Punya Kekayaan Mencapai Rp 1,5 Miliar, (BBC.co.uk).

Pasca selesainya penghitungan pemilu tahun 2019, nama calon anggota DPD RI asal Provinsi Nusa Tenggara Barat, Evi Apita Maya muncul ke permukaan publik akibat kasus fotonya yang dianggap terlalu cantik. Tahu gak sih kalau Evi Apita calon pejabat negara ini memiliki tiga kendaraan merek Honda dan kekayaan mencapai Rp 1,5 miliar lho.

Evi Apita sendiri dilaporkan oleh calon anggota DPD lainnya yakni Farouk Muhammad ke Mahkamah Konstitusi. Dalam aduannya Farouk menuliskan bahwa Calon Anggota DPD RI ini telah memanipulasi atau mengedit foto di luar batas yang sepantasnya.

Aduan tersebut sontak langsung disangkal oleh Evi sendiri dan menyatakan bahwa foto yang digunakan merupakan asli dan gak rekayasa sama sekali.

“Tadi sudah dijawab saksi ahli kita bahwa apa sih manipulatif itu? Itu kan harus dijelaskan oleh putusan hakim. Tidak bisa semena-mena menuduh itu foto manipulasi dan berasumsi,” ucapnya setelah usai persidangan di gedung MK pada tanggal 25 Juli 2019, mengutip dari Kompas.

 Menurut data LHKPN tahun 2019 yang baru dilaporkan oleh Evi Apita Maya tercatat bahwa harta kekayaannya mencapai Rp 1,5 miliaran. Yuk lihat daftar lengkap asetnya berikut ini. 

Baca juga: Sejak Lahir Kaya, Pejabat Amerika Ini Punya Kekayaan Mencapai Rp 46 Triliun

Evi Apita Maya memiliki tanah dan bangunan senilai Rp 1 miliar

evi apita maya
Calon Anggota DPD RI ini dikabarkan memiliki sebidang tanah mencapai Rp 1 miliar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Wanita kelahiran Tanjung Enim, Sumatera Selatan ini memiliki sebidang tanah dan bangunan yang berada di kota Mataram. Luas tanahnya mencapai 241 meter persegi sedangkan luas bangunannya mencapai 121 meter persegi yang ia peroleh hasil usahanya sendiri.

Untuk nilainya sendiri ketika dilaporkan kepada pihak Komisi Pemberantasan Korupsi mencapai Rp 1 miliar pas. Itulah satu-satunya aset tanah serta bangunan yang dimiliki Evi Apita Maya dalam laporan harta kekayaan tahun 2019.

Baca juga: Politisi, Selebriti, dan Pejabat Ini Pilih Toyota Vellfire Ketimbang Alphard

Alat transportasi dan mesin senilai Rp 376 juta

Setelah aset berupa rumah dan bangunan ada alat transportasi dan mesin yang nilainya gak kalah tinggi. Berikut adalah kendaraan yang dimiliki Evi Apita Maya:

Honda CR-V

evi apita maya
Mobil mewah berupa Honda CR-V juga nangkring nih di garasi rumahnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mobil pertama dan satu-satunya yang dimiliki oleh perempuan ini adalah satu unit Honda CR-V bermesin 2.000cc transmisi manual keluaran tahun 2018. Ia membelinya lewat hasil usaha sendiri dengan nilai saat pelaporan mencapai angka Rp 350 juta.

Honda Vario

evi apita maya
Honda Vario juga ada nih di garasi rumah Calon Anggota DPD RI yang dituding terlalu cantik fotonya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selanjutnya ada motor dengan kode mesin NC12A1CF atau biasa kita kenal dengan Honda Vario 125cc bertransmisi automatic keluaran tahun 2016. Motor matic ini ia peroleh melalui hasil usahanya sendiri. Saat melaporkan kekayaannya,  nilai dari kendaraan ini menyentuh angka Rp 6 juta.

Honda dengan nomor mesin X1HQ2N35M1

evi apita maya
Honda dengan nomor mesin X1HQ2N35M1 juga ada nih di garasi kediaman Evi Apita, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketiga ada sepeda motor Honda yang memiliki kode mesin X1HQ2N35M1. Dikeluarkan pada tahun 2018 dan kendaraan ini ia peroleh juga dari hasil usahanya sendiri. Nilainya ketika dilaporkan saat itu menyentuh di angka Rp 20 juta. Jika dijumlahkan ketiga aset kendaraan itu bernilai Rp 376 juta.

Baca juga: Punya Jeep CJ7 dan Yamaha Mio, Total Kekayaan Menteri LHK Siti Nurbaya Capai Rp 3,5 M!

Harta bergerak lainnya dan kas menyentuh Rp 220 juta

evi Apita maya
Harta lainnya senilai ratusan juta rupiah lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Terakhir yang dimiliki oleh Calon Anggota DPD RI ini terdapat aset berupa harta bergerak lainnya dan kas atau setara kas. Untuk harta bergerak sendiri seperti barang elektronik, furnitur rumah dan perabotan lainnya mencapai Rp 85 juta. Sedangkan kas atau setara kas seperti uang tunai dan elektronik sebesar Rp 135 juta.

Bila dijumlahkan maka total aset harta bergerak dan kas atau setara kas Evi Apita Maya menyentuh nominal Rp 220 juta pas.

Nah itulah aset harta kekayaan yang dimiliki oleh Evi Apita Maya yang totalnya Rp 1,5 miliar. Semoga kasus yang menimpanya bisa cepat selesai dan waktunya bisa digunakan kembali buat kepentingan rakyat ya guys! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1