Anjing Malamut Alaska Milik Fadli Zon yang Super Menggemaskan, Berapa Harganya?

3 menit
Fadli Zon Pelihara Anjing Malamut Alaska
Fadli Zon Pelihara Anjing Malamut Alaska (Twitter).

Selain Hendropriyono, Fadli Zon juga dikenal sebagai penyayang anjing lho. Anggota DPR dari Partai Gerindra ini pernah mem-posting foto kebersamaan dengan anjing-anjing peliharaannya di akun Twitter miliknya.

Dari posting-an tersebut, anjing-anjing yang dipelihara Fadli diketahui berjenis Malamut Alaska. Anjing yang tinggal di habitat dingin ini cukup populer jadi hewan peliharaan.

Pasalnya, anjing ini memiliki bulu yang tebal dan lembut yang bikin orang gemas buat memegangnya. Ditambah lagi anjing ini terbilang ramah terhadap manusia. Makanya anjing ini disebut juga sebagai anjing keluarga ketimbang penjaga.

Nah, kalau anjing Hendropriyono per ekornya bisa mencapai Rp 30 jutaan, berapa ya harga anjing Malamut Alaska peliharaan Fadli ini?

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

Anjing Malamut Alaska dijual dari harga Rp 7 juta – Rp 60 juta

Fadli Zon
Anjing Malamut

Harga anjing Malamut Alaska yang dipelihara Fadli Zon emang mahal. Anjing dewasanya dijual dengan harga dari Rp 7 juta hingga lebih dari Rp 60 juta. Perbedaan harga ini tergantung dari mana anjing ini diperoleh, apakah didapat dari penjual di dalam negeri atau dari luar negeri.

Faktanya nih anjing Malamut Alaska ini digunakan sebagai anjing penarik kereta barang lho di daerah asalnya Alaska, Amerika Serikat. Apalagi anjing ini bisa memiliki tinggi badan dari 58 – 63 cm lho. Makanya berguna banget buat menarik kereta di sana.

Dinamakan Malamut Alaska karena anjing ini pertama kali dipelihara penduduk yang menetap di Alaska, yaitu suku Mahlemut. Suku tersebut kemudian memberi nama Malamut ke anjing-anjing yang mereka pelihara tersebut.

Karena fisiknya yang besar dan kuat, penduduk Alaska memanfaatkan anjing Malamut ini buat membantu pekerjaan mereka. Mulai dari menarik kereta hingga berburu. Bahkan, anjing Malamut ini disebut-sebut bisa memburu beruang lho yang jelas-jelas lebih besar dari mereka.

Gak cuma itu, anjing Malamut Alaska ini juga pernah berperan dalam Perang Dunia II. Anjing ini membantu pencarian dan penyelamatan korban-korban.

Anjing ini juga pernah diterjunkan dalam misi penyelamatan di Greenland lho. Anjing Malamut Alaska pada 2010 resmi menjadi anjing negara bagian Alaska.

Walaupun mirip, ini bedanya anjing Malamut Alaska dengan Siberian Husky

Fadli Zon
Serupa tapi tak sama (Tribunnews).

Buat yang awam soal anjing, pasti bingung membedakan yang mana Malamut Alaska dan yang mana Siberian Husky. Sebab keduanya memiliki kemiripan. Namun, ada beberapa perbedaan bisa kamu temukan di antara keduanya seperti yang dikutip dari Perfect Dog Breeds berikut ini.

Perbedaan Malamut Alaska dan Siberian Husky

Malamut Alaska Siberian Husky
Ukuran Betina: 56 – 61 cm, Jantan: 61 – 66 cm Betina: 50 – 56 cm, Jantan: 54 – 60 cm
Berat Betina: 32 – 38 kg, Jantan: 36 – 43 kg Betina: 16 – 23 kg, Jantan: 20 – 27 kg
Panjang bulu Lebih panjang dari Husky Panjangnya medium
Warna bulu Mulai dari hitam, abu-abu cerah hingga sedikit kemerah-merahan Kemerah-merahan, hitam, abu-abu, dan putih
Masa hidup 10 – 12 tahun 10 – 14 tahun
Sifat Menyenangkan, ramah dan percaya diri Ramah, menyenangkan, dan gak melulu bergantung pada majikan
Kecerdasan Cerdas Sangat cerdas
Sosialisasi Bisa agresif ke anjing jenis kelamin yang sama Ramah dengan anjing lainnya
Perilaku Diketahui karena perilakunya yang mengunyah dan menggali Bisa pergi dengan melompat pagar dan berusaha melarikan diri
Interaksi Suka habiskan waktu dengan majikannya dan pengin berada dekat dengan orang-orang Bisa hidup tanpa majikannya dan gak butuh interaksi yang sering dengan orang-orang
Kekuatan Masih kalah sedikit dari Husky dan masih perlu latihan setiap hari Energinya luar biasa tinggi dan butuh stimulasi mental dan fisik setiap hari

 

Sementara harga Siberian Husky beda-beda tipis mahalnya dengan Malamut Alaska. Di pasaran Siberian Husky dijual mulai dari harga Rp 10 jutaan. Paling mahal bisa mencapai Rp 80 jutaan. Mahal banget ya? Harga segitu sih bisa buat beli dua motor sport tuh.

Nah, itu tadi sekilas tentang anjing Malamut Alaska peliharaan sekaligus kesayangan Fadli Zon. Harganya aja udah mahal dan itu masih ditambah biaya makan, serta perawatannya.

Asal tahu aja nih, anjing ini merupakan anjing yang hidup di daerah dingin. Makanya perlu tinggal di kandang yang juga dingin. Gak heran, kalau pemiliknya menempatkan anjing-anjing Malamut di ruangan ber-AC lho. Pastinya biaya pemeliharaannya gak sedikit.

Gimana, tertarik buat memelihara anjing Malamut Alaska kayak Fadli Zon? (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!