Miliki 89 Juta Nasabah, Ini 5 Fakta Bank HSBC yang Memiliki Total Aset Rp 64 Kuadriliun

3 menit
bank hsbc
Bank HSBC di Hong Kong. (Shutterstock)

Kalau ngomongin dunia perbankan pasti kamu mengenal nama Bank HSBC sebagai salah satu yang terbesar di dunia pada hari ini. Ekspansinya yang begitu besar di seluruh dunia membuat perusahaan ini memiliki brand awareness yang kuat.

Selain bergerak di bidang perbankan, sekarang HSBC juga udah merambah ke industri lain seperti pembiayaan, investasi, informasi jasa finansial serta asuransi. Upaya diversifikasi tersebut dilakukan demi mengembangkan sayapnya ke seluruh dunia.

Selain dari sisi bisnis, mereka juga sering mensponsori berbagai macam kejuaraan olahraga seperti kejuaran badminton dan golf bertaraf internasional. Bahkan, HSBC sempat menjadi sponsor utama tim balap F1 Jaguar pada tahun 2004.

Nah yuk kita lihat langsung aja beberapa fakta tentang Bank HSBC berikut ini.

Baca juga: Limit Hingga Rp 1 Miliar, Ini Kartu Kredit HSBC yang Kasih Banyak Promo

1. Bank HSBC kepanjangannya apa sih?

bank hsbc
Bank HSBC di Canada Square, London. (Shutterstock)

Mungkin sudah banyak orang mengetahui keberadaan korporasi yang bermarkas di London, Inggris yang satu ini. Namun, pasti banyak juga ternyata yang kurang tahu mengenai kepanjangan dari HSBC itu sendiri. Kamu salah satunya?

HSBC sendiri memiliki kepanjangan HongKong Shanghai Bank Corporation. Walaupun hari ini bermarkas di kota London, tapi awal berdirinya sendiri berada di Hong Kong pada tahun 1865.

Pendirinya sendiri adalah pria asal Skotlandia bernama Thomas Sutherland yang bekerja di Peninsular and Oriental Steam Navigation Company. Ketika itu ia melihat potensi adanya kebutuhan fasilitas perbankan di daerah Hong Kong dan China.

Baca juga: Aman dan Kasih Cuan Gede, Ini Produk Investasi yang Cocok Buat Milenial

2. Total keuntungan dan jumlah aset

bank hsbc
Ilustrasi utang. (Shutterstock)

Pada tahun 2019 atau di umurnya yang ke 154 tahun, Bank HSBC sukses membukukan keuntungan yang sangat fantastis. Tercatat pada tahun 2018 lalu mereka berhasil membukukan keuntungan mencapai Rp 761 triliuan.

Sementara itu, untuk total asetnya sendiri menyentuh Rp 64 kuadriliunan di seluruh dunia. Hal ini sekaligus mengukuhkan namanya sebagai salah satu perusahaan perbankan terbesar di dunia.

Baca juga: Ada yang Jadi Rujukan di Indonesia, Ini 10 Bank Investasi Paling Top di Dunia

3. Masuk dalam daftar 10 besar terbesar di dunia

bank hsbc
Ilustrasi top 10. (Shutterstock)

Dengan total keuntungan menyentuh Rp 761 triliun dan aset sebanyak Rp 64 kuadriliun, Bank HSBC berada di peringkat ke-7 perbankan terbesar di dunia. Mereka berada satu peringkat di atas Bank of America dan satu peringkat di bawah JP Morgan Chase and Co yang bertengger di urutan keenam.

4. Sebagian besar karyawannya adalah wanita lho

bank hsbc
Ilustrasi karyawan wanita. (Shutterstock)

Melansir dari Bright Network, sedikit berbeda dengan korporasi pada umumnya di mana mayoritas pegawainya adalah laki-laki, di HSBC justru sebagian pos-pos pegawai full time maupun part-time mereka diisi oleh kaum hawa.

Tentunya ini menjadi kebijakan yang bisa dibilang membanggakan dalam hal kesetaraan gender. Bisa pula menjadi contoh baik untuk perusahaan lainnya agar bisa mengikuti jejak HSBC. 

5. Memiliki jumlah nasabah yang fantastis

bank hsbc
Ilustrasi pengguna produk perbankan. (Shutterstock)

Secara global, HSBC udah beroperasi di 85 negara di seluruh dunia dengan total kantor cabang sekitar 72.000 unit dan memiliki lebih dari 230.000 pegawai. Total nasabahnya sendiri menyentuh sekitar Rp 89 juta jiwa yang tersebar di Asia, Eropa, Afrika dan Amerika.

Nah itulah sedikit fakta unik tentang Bank HSBC yang namanya udah gak asing lagi di telinga kamu. Apakah kamu salah satu nasabahnya? (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1