Senilai Miliaran Rupiah, Ini Fakta Muscle Car Fast & Furious yang Disita Polres Bengkayang

2 menit
Fakta Chevrolet Chevelle SS yang Masuk ke Indonesia (Shutterstock).

Belum lama ini, Polres Bengkayang Kalimantan Barat menyita mobil Chevrolet Chevelle SS warna biru tua dan Ferrari berwarna merah. Mobil sport ini diselundupkan dari Malaysia lewat Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Jagoi Babang.

Informasi ini didapat lewat postingan akun Facebook Divisi Humas Polri. Mereka menyebutkan bahwa kepolisian setempat telah menyita mobil Fast and Furious.

Chevrolet Chevelle SS

Kedua mobil yang diselundupkan ini, valuasinya ditaksir mencapai Rp 4 miliar! 

Sayangnya, Polri gak mengunggah foto Ferrari berwarna merah yang mereka sebut. Cuma ada Chevrolet Chevelle SS. 

Kalau Chevrolet Camaro SS kan kamu udah tahu nah Chevelle belum semua paham kan. Gimana kalau kita simak saja fakta-fakta mobil ini. 

1. Jaya di 1960an hingga 1977

Chevrolet Chevelle SS
Jaya di tahun 60-an (Wikipedia).

Muscle car yang satu ini ini lahir di tahun 1964 hingga 1977. SS berarti Super Sport. 

Di antara tahun 1964 hingga 1977, terdapat tiga generasi Chevrolet Chevelle SS. Yang disita Polri dipastikan adalah Chevelle tahun 1970an awal.

Di tahun itu, Chevelle memang mengeluarkan varian dengan desain yang lebih garang dan sporty. Terdapat garis putih di bagian kap mobil tersebut.

2. Kapasitas mesin luar biasa besar

Chevrolet Chevelle SS
Kapasitas mesin luar biasa (WIkipedia).

Bodinya saja sudah berat, gak mungkin banget kalau mesinnya cuma 1.500 cc. Mobil ini menggendong mesin Turbo-Jet 396 V8 yang kapasitasnya berkisar antara 5.600 hingga 7.400 cc!

Dengan kapasitas mesin yang luar biasa besar, hasil tenaga kuda yang bisa dikeluarkan mobil ini diperkirakan mencapai 450 tk. Tenaga ini dikawinkan dengan transmisi empat percepatan manual yang sangat agresif.

Makanya dinamakan muscle car, bukan cuma bodinya doang yang kekar dan keras. Tapi mesinnya juga serem!

3. Mobil Dominic Toretto

Chevrolet Chevelle SS
Mobil ini sering dipakai oleh Dom saat syuting Fast and Furious

Mengapa di dalam berita, mobil ini disebut mobil Fast and Furious? Ternyata, karakter Dominic Toretto yang diperankan oleh Vin Diesel.

Toretto menggunakan Chevrolet Chevelle SS 454 lansiran tahun 1970 dan berwarna merah hitam. 

Mobil ini tentu jadi representasi muscle car yang sangat tangguh. Bahkan bukan tangguh saja, larinya pun luar biasa cepat.

Bisa dipakai untuk traveling keluar kota, balapan drag race, hingga yang lain. Asal kuat aja beli bensin dan perawatannya.

Itulah sekilas fakta mengenai Chevrolet Chevelle SS yang diselundupkan ke Indonesia. Kalau dibilang harganya sampai miliaran Rupiah ya wajar saja. Mobil klasik ini tentunya masih diminati oleh segelintir crazy rich penggila otomotif. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.