Mundur dari Gojek, Juragan Ojek Berharta Rp 1,4 T Siap Jadi Pembantu Presiden

5 menit
Nadiem Makarim (Instagram/@nadiemmakarimofficial)

Nadiem Makarim termasuk salah satu sosok pengusaha yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi menteri Kabinet Indonesia Kerja Jilid 2. Hanya saja, Nadiem Makarim masih merahasiakan posisinya di kabinet Jokowi nanti. 

Meski begitu, Nadiem Makarim mengaku sudah sepenuhnya mundur sebagai CEO Gojek. Pria 35 tahun itu akan fokus menjadi pembantu presiden alias menteri. 

“Saya sudah mundur dan tidak punya kekuasaan apapun di Gojek,” kata Nadiem Makarim di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2019).

Setelah dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Merdeka hari ini, Nadiem termasuk beberapa nama yang akan dilantik sebagai menteri, Rabu 23 Oktober 2019 pukul 09.00 WIB. Sebelumnya, Jokowi akan memanggil para calon menteri pukul 07.00 WIB di hari yang sama.

Masuk dalam jajaran  menteri Kabinet Indonesia Kerja Jilid 2, siapa sih Nadiem Makarim, bisnis Gojek yang sudah dibesarkannya dan berapa harta kekayaan? Yuk, ketahui fakta menarik tentangnya di sini:

Putra pengacara keturunan perintis kemerdekaan Indonesia

Nadiem Makarim
Putra pengacara keturunan perintis kemerdekaan Indonesia (Instagram/@nadiemmakarimofficial)

Pria kelahiran Singapura, 4 Juli 1984 itu selama ini dikenal sebagai seorang pengusaha Indonesia. Dia merupakan pendiri serta CEO Gojek, sebuah perusahaan transportasi dan penyedia jasa berbasis daring

Pemilik nama Nadiem Anwar Makarim adalah putra dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri. 

Ayahnya adalah seorang aktivis dan pengacara terkemuka yang berketurunan Minang-Arab. Sedangkan sang bunda merupakan penulis lepas, putri dari Hamid Algadri, salah seorang perintis kemerdekaan Indonesia.

Nadiem menjalani proses pendidikan dasar hingga SLTA berpindah-pindah dari Jakarta ke Singapura. 

Usai menyelesaikan bangku SMA di Singapura pada tahun 2002, dia mengambil jurusan Hubungan Internasional di Brown University, Amerika Serikat. 

Setelah memperoleh gelar sarjana pada tahun 2006, tiga tahun kemudian dia mengambil pasca-sarjana dan meraih gelar Master of Business Administration di Harvard Business School.

Baca juga: Yuk Intip Rahasia Sukses Nadiem Makarim Lewat 7 Quotes Ini

Dari Zalora Indonesia hingga Gojek

nadiem makarim
Dari Zalora hingga Gojek (Instagram/@nadiemmakarimofficial)

Pada tahun 2006, Nadiem memulai kariernya sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company. Setelah memperoleh gelar MBA, dia terjun sebagai pengusaha dengan mendirikan Zalora Indonesia. 

Di perusahaan tersebut dia juga menjabat sebagai Managing Editor. Setelah keluar dari Zalora, dia kemudian menjabat sebagai Chief Innovation Officer (CIO) Kartuku, sebelum akhirnya fokus mengembangkan Gojek yang telah dirintis sejak tahun 2011.

Perjalanan Gojek bisnis berstatus decacorn

nadiem makarim
Gojek bisnis berstatus decacorn (Instagram/@nadiemmakarimofficial)

Gojek saat ini dikenal sebagai perusahaan rintisan terbesar di Indonesia dengan status decacorn setelah 10 tahun beroperasi. Gojek didirikan Nadiem Makarim dan teman-temannya pada pada tahun 2010.

Bisnis Gojek meliputi layanan transportasi, pengiriman makanan, hingga pembayaran yang melibatkan banyak transaksi keuangan dan telah menjadi super app yang beroperasi di mana sebagian besar dipakai untuk mengeksplorasi pasar Indonesia. 

Selama 10 tahun beroperasi, Gojek sudah sembilan kali menggelar putaran penggalangan dana. Menurut Crunchbase, sudah 24 investor yang menyuntik Gojek dengan total dana yang dihimpun US$ 3,1 miliar.

Penggalangan dana Seri A dilakukan Gojek pada tahun 2014 lalu dengan Openspace Ventures dan Capikris Foundation sebagai investornya. Namun, jumlah suntikan dananya saat itu tidak diumumkan.

Pada tahun 2015, Gojek membuka pendanaan Seri B. Pada putaran pendanaan Openspace kembali berpartisipasi plus DST Global dan Sequoia Capital India. Nominalnya juga tak diumumkan.

Pada 2016 putaran pendanaan Seri C dilakukan dengan nilai yang tidak disebutkan. Investornya Rakuten, Openspace Ventures.

Gojek kembali meluncurkan pencarian dana Seri D di tahun 2016. Saat itu, nilai yang terkumpul lebih dari US$ 550 juta. Beberapa investornya DST Global, Northstar Group, Farallon Capital Management, Kohlberg Kravis Roberts, & Co, Warburg Pincus dan Formation Group.

Gojek kembali melakukan penghimpunan dana Seri E dengan total dana yang terkumpul US$ 1,5 miliar, awal tahun 2018. Adapun investor yang bergabung adalah Via ID, Tencent Holdings, Temasek Holdings, Astra International, Meituan-Dianping, JD.com, Google hingga Blibli.

Pada awal 2019, Gojek menggelar penggalangan dana Seri F tahap pertama. Total dana yang terhimpun US$ 1 miliar. Deretan investornya Astra Internasional, Tencent Holdings, JD.com dan Google.

Sabet Asian of The Year 2018

nadiem makarim
Sabet Asian of The Year 2018 (Instagram/@nadiemmakarimofficial)

Nadiem Makarim menjadi orang Indonesia pertama yang meraih penghargaan bergengsi “Asian of The Year” dari The Strait Times, pada tahun 2012.

Penghargaan tersebut diperolehnya seiring dengan fokus Gojek untuk meningkatkan kesejahteraan sektor informal.

Penghargaan “Asian of the Year” diberikan kepada individu atau sekelompok individu yang berkontribusi secara signifikan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di negaranya atau di Asia.

Nadiem berada di jajaran nama besar peraih “Asian of the Year” seperti pendiri Singapura Lee Kuan Yew (2015); Narendra Modi, Perdana Menteri India (2014); Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang dan Xi Jinping, Presiden China (2013); serta Thein Sein, Presiden Myanmar (2012).

Penasihat Kwarnas Pramuka

nadiem makarim
Penasihat Kwarnas Pramuka (Instagram/@nadiemmakarimofficial)

Nadiem Makarim telah ditunjuk menjadi Dewan Penasihat Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 2018-2023 oleh Jokowi pada 27 Desember 2018. Diharapkan, Dewan Penasihat di bidang bisnis dapat mengajari anak-anak gerakan Pramuka bagaimana mengelola bisnis.

Selain Nadiem, Presiden ketiga BJ Habibie, Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), serta mantan Wapres Try Sutrisno juga telah menjadi Anggota Dewan Penasihat.

Gak cuma Nadiem, pengusaha sukses lainnya ditunjuk, yaitu CEO Net TV Wishnutama dan pemilik MNC Group Hary Tanoesoedibjo.

Nadiem juga berada sepadan dengan jajaran nama besar lain seperti Sri Sultan Hamengkubuwono X, Soekarwo, Mustofa Bisri, Syafi’i Maarif, Siti Hartati Murdaya, Frans Magnis Suseno, Jaya Suprana, Slamet Raharjo, dan Eka Cipta Wijaya.

50 Sosok Menginspirasi di Dunia versi Bloomberg 2018

nadiem makarim
50 Sosok Menginspirasi di Dunia versi Bloomberg 2018
(Instagram/@nadiemmakarimofficial)

Nadiem Makarim masuk ke daftar sosok paling menginspirasi dalam 2018 Bloomberg 50. Daftar tersebut terdiri dari orang-orang yang terlibat dalam dunia bisnis dan keuangan, entertainment, politik hingga teknologi dan ilmu pengetahuan di mana sosoknya bisa membawa perubahan besar di tahun 2018.

Nadiem meraih penghargaan itu berkat Gojek yang dibangunnya telah mengubah kehidupan masyarakat Indonesia dalam waktu cepat.

Dalam keterangannya, 2018 Bloomberg 50 mengatakan bahwa layanan “berbagi aplikasi” Gojek yang berbasis di Indonesia juga bisa mendobrak untuk ekspansi ke luar negeri.

Dalam daftar nama tersebut, nama Nadiem masuk bersama para direktur The Fed Jerome Powell, Richard Clarida, John Williams, Randal Quarles dan Lael Brainard, serta peraih nobel bidang fisika Donna Strickland hingga artis Taylor Swift.

Harta kekayaan

nadiem makarim
Harta kekayaan (Instagram/@nadiemmakarimofficial)

Dengan semua eksistensi dan penghargaan yang diraihnya, Nadiem Makarim masuk dalam daftar lima miliarder terkaya Indonesia dengan usia kisaran angka 30 tahun.

Dirilis dari Globe Asia tahun 2018, kekayaan Nadiem Makarim ditaksir mencapai US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun. Secara dunia, peringkat Nadiem Makarim berada di urutan ke-150 dalam daftar tersebut.

Itulah tujuh fakta menarik Nadiem Makarim salah seorang menteri Kabinet Indonesia Kerja Jilid 2. Semoga kesuksesannya di industri bisnis startup bisa membawa kesuksesan pula di pemerintahan mendatang.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.