5 Fakta Sepak Terjang Habil Marati, dari Kuli Panggul jadi Politisi Berharta Rp 118 M!

4 menit
habil marati
Habil Marati. (Tempo/Imam Sukamto)

Sosok Habil Marati lagi ramai jadi pemberitaan nih. Pasalnya, mengutip Suara.com, politikus PPP ini diduga terlibat dalam aksi 22 Mei 2019 yang berujung ricuh.

Habil dapat sangkaan terlibat sebagai penyandang dana alias donatur pembelian senjata api. Nantinya senjata-senjata tersebut bakal digunakan buat menembak empat tokoh nasional.

Seperti yang udah kamu tahu beritanya, aksi 22 Mei 2019 bukan sekadar aksi menolak hasil Pemilu 2019, melainkan diduga ditunggangi percobaan pembunuhan yang berujung makar. Aparat pun cepat bergerak dan berhasil mencegah rencana tersebut agar gak sampai terjadi.

Dari nama-nama yang dikantongi Kepolisian, tersebutlah nama Habil Marati. Ia disebut menyediakan dana sebesar S$ 15 ribu atau Rp 156 jutaan. Saat namanya ramai tersiar itulah, politikus yang juga pengusaha ini gak bisa dihubungi sama sekali oleh koleganya di PPP.

Lalu, siapakah sebenarnya Habil Marati yang diduga sampai mau gelontorkan dana ratusan juta rupiah hingga akhirnya ditangkap Polisi? Berikut ini fakta-faktanya.

Baca juga: Habil Marati Berharta Rp 118 M dan Punya 3 Kapal di Tahun 2004, Salah Satunya Azimut

1. Lahir di Sulawesi Tenggara dan merupakan lulusan UIN Sumatra Utara

Habil Marati diketahui lahir di Sulawesi Tenggara pada 7 November 1962. Informasi seputar masa lalunya hingga masa-masa menjalani pendidikan terbilang minim sekali.

Kabar yang beredar, Habil pernah menempuh pendidikan di IAIN yang kini menjadi Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. Ia lulus tahun 1982 dengan gelar Sarjana Syariah.

Ia pun melanjutkan pendidikan dengan mengambil program Magister Manajemen di Universitas Sumatra Utara. Ia berhasil menamatkan pendidikannya tersebut pada tahun 2003.

Baca juga: Karier Kivlan Zen, Prajurit TNI Berprestasi yang Jadi Tersangka Makar

2. Pernah kerja di perusahaan HPH Kalimantan hingga akhirnya menjadi pengusaha

habil marati
Ilustrasi lahan hutan di Kalimantan. (Shutterstock)

Dulunya hidup Habil Marati sebelum seperti sekarang gak mulus-mulus amat. Melansir Detik, ia pernah merasakan kepahitan hidup dan harus bertahan dengan melakoni pekerjaan yang ada. Habil pernah mengamen, kuli panggul, hingga jadi tukang cuci piring.

Habil mulai lepas dari titik terendah dalam hidupnya ketika ia bekerja di perusahaan HPH Kalimantan. Ia pun mulai menceburkan diri menjadi pengusaha setelah mendapat pengetahuan tentang reaktor kimia di Jerman, Austria, dan Amerika Serikat.

Habil tercatat memimpin sejumlah perusahaan. Mulai dari PT Batavindo Krida Nusa, PT Galaxy Pasific Evalindo, PT Makassar Perrosal Global, PT Satomer Asri Fiberindo, PT Industri Kakao Utama, dan PT Agra Post Lava.

Baca juga: Disebut Sederhana, Hakim MK Suhartoyo Punya Harley dan Total Kekayaan Rp 8 Miliar

3. Politikus PPP yang pernah jadi anggota DPR dan MPR

habil marati
Gedung DPR/MPR Jakarta. (Shutterstock)

Fakta menarik lainnya dari seorang Habil Marati adalah sosoknya yang dikenal sebagai politikus. Habil Marati bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan dan jadi anggota DPR.

Menurut informasi yang ada, politikus PPP ini menjabat sebagai anggota DPR periode 1999 – 2004. Ia menjadi anggota Komisi IX DPR yang menangani Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Habil juga diketahui pernah menduduki kursi di MPR. Pada Pemilu 2019 yang lalu, ia mencalonkan diri lagi sebagai anggota DPR di daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tenggara.

Di PPP, Habil pernah memegang posisi penting. Politikus senior ini pernah jadi Sekretaris DPW PPP Sumut (1985 – 1990), Ketua DPW PPP Sumut (1995 – 2004), dan Ketua DPP PPP (2003 – 2007). Malahan, ia pernah jadi Bendahara Umum DPP PPP.

4. Pernah jadi manajer timnas di Piala AFF 2012

habil marati
Ilustrasi timnas Indonesia yang bertarung melawan timnas Thailand. (Shutterstock)

Nama Habil Marati juga punya peran di pentas sepak bola Indonesia. Sosoknya pernah menjabat posisi manajer timnas di Piala AFF 2012.

Namun, masa jabatan Habil gak berlangsung lama saat berada di posisi tersebut. Sejak perjalanan Timnas berhenti di fase penyisihan grup Piala AFF 2012, karier Habil sebagai manajer Timnas juga ikut terhenti.

Habil juga pernah terlibat dalam kepengurusan PSSI. Lagi-lagi kariernya terhenti gara-gara adanya konflik internal di PPSI.

5. Di LHKPN 2004 Habil Marati punya kekayaan Rp 118 miliar

habil marati
Ilustrasi kapal Azimut. (Shutterstock)

Setiap orang yang menjadi bagian dari penyelenggara negara wajib melaporkan harta kekayaannya. Habil pun juga demikian. Ia melaporkan harta kekayaannya pada 2004 yang besarannya mencapai Rp 118.853.112.526 dan US$ 57.613.

Tentu aja nilai kekayaannya tersebut bukan angka yang kecil. Dari LHKPN yang dilaporkannya tersebut, terungkap fakta kalau Habil punya deretan mobil mewah dari merek BMW, Chrysler Voyager, Jaguar, Mercy, hingga Land Rover.

Lebih dari itu, sosok pengusaha yang satu ini juga memiliki kapal laut lho. Ia punya kapal laut bernama Saparua bernilai Rp 1 miliar, kapal laut Heritage bernilai Rp 2,5 miliar, dan kapal laut merek Azimut bernilai Rp 4,2 miliar.

Nah, itu tadi fakta-fakta mengenai Habil Marati yang merupakan pengusaha sekaligus politikus. Gimana menurutmu? (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!