Masih Hasilkan Rp 1,4 Miliar Walau Sudah Tiada, Ini Fakta Kurt Cobain

4 menit
Masih Hasilkan Rp 1,4 Miliar Walau Sudah Tiada, Ini Fakta Kurt Cobain, (Instagram/@kurtcobain).

Meski udah tiada telah lama, pentolan band Nirvana sekaligus legenda musik Grunge, Kurt Cobain, emang masih menghasilkan uang US$ 100 ribu atau kurang lebih Rp 1,4 dari royaltinya dari karyanya seperti dikutip dari People.com. Hal itu pun diakui oleh putri tunggalnya, Frances Bean Cobain.

Pria kelahiran Aberdeen, Washington, tahun 1967 ini memulai kariernya di dunia musik di tahun 1988. Album pertama Nirvana yang berjudul “Bleach” memang gak terlalu sukses namun saat melepas single “Smells Like Teen Spirit” dirilis, musik Grunge pun digandrungi generasi 90-an.

Fans Nirvana pasti tahu bagaimana kehidupan Cobain yang sangat dekat dengan narkoba. Alhasil di tahun 1994, dirinya memutuskan buat mengakhiri hidupnya sendiri.

Tepat pada 20 Februari ini menandakan ultah Kurt Cobain yang ke-52 tahun lho. Yuk, kita simak beberapa fakta-fakta karier beliau di dunia musik yang mungkin belum kamu ketahui.

Baca juga: Raisa Kantongi Royalti dari Streaming Spotify Senilai Rp 3,4 Miliar

1. Masa kecil sangat keras

Musisi legendaris ini sempat mengalami kehidupan yang sangat keras saat masih kanak-kanak, (georgethebae.tumblr.com)

Bisa dibilang lirik dari band beraliran musik Grunge emang gak jauh dari depresi, narkoba, frustrasi, dan lain sebagainya. Masa kecil Cobain mungkin jadi cerminan dari warna musiknya.

Kedua orangtuanya udah bercerai saat Kurt Cobain masih berusia 9 tahun. Di dinding rumahnya, ia sempat menulis kalimat, “aku benci ayah, aku benci ibu, ayah benci ibu, ibu benci ayah, inilah hal yang membuatmu sedih.”

Sebagai bocah yang dibesarkan di lingkungan keras, Kurt Cobain memiliki psikologis unik. Waktu kecil, dirinya merupakan seorang yang hiperaktif. Namun saat dewasa ia justru terlihat lebih introvert dan moody-an. Gak jarang dirinya berdiam diri dalam jangka waktu lama dan gak mengeluarkan kata-kata.

Saat remaja, dirinya udah meninggalkan rumahnya dan tinggal bersama teman-temannya selama beberapa bulan. Kabarnya, selama itu Cobain cuma tidur di sofa saja.

Baca juga: Finalis Cover Boy yang Buka Debat Pilpres, Ini Perjalanan Karier Armand Maulana

2. Dirinya nyaris menjadi Angkatan Laut

Dirinya nyaris menjadi Angkatan Laut, (Instagram/@kurtcobain).

Sebelum terjun ke dunia musik, pria ini juga dikabarkan nyaris jadi Angkatan Laut. Proses rekrutmennya pun nyaris selesai, namun akhirnya batal.

Kabarnya juga ia sempat bekerja sebagai pelatih renang sebelum terjun ke dunia musik. Ia pun mengajar di sekolah renang khusus anak TK di Aberdeen.

Baca juga: Pernah Sukses, 5 Seleb Ini Terjerat Utang dan Bangkrut Hingga Meninggal

3. Terobsesi dengan gitar saat masih remaja

Terobsesi dengan gitar saat masih remaja, (usatoday.com).

Pria kidal ini pertama kali menerima gitar pertamanya saat masih berusia 14 tahun. Paman Cobain lah yang memberikan gitar ini kepadanya.

Cobain sendiri gak ingat merek dan bentuk gitarnya. Namun ia  emang sangat terobsesi sama alat musik yang satu ini.

4. Sukses tapi gak bahagia

Meskipun menikmati kesuksesannya, Kurt merasa gak bahagia dengan kariernya, (Instagram/@kurtcobain).

Meski gak terlalu sukses pada masa awal berdiri, awal 1990 menjadi tahun di mana Nirvana bangkit. Album dari Nirvana pun laris hingga 75 juta kopi di seluruh penjuru dunia.

Ketenaran Nirvana lantas membuat musik Grunge populer di kalangan anak muda pada masanya. Silahkan saja tanya ke saudaramu yang kelahiran tahun 1980-an, mereka pasti mengenal siapa itu Nirvana.

Akan tetapi di tengah kesuksesannya, Kurt Cobain justru berjuang buat menghadapi tekanan yang ia alami karena ketenarannya. Itu sebabnya mengapa dia jadi kecanduan narkoba.

Belum lagi, dia menikahi Courtney Love yang ternyata juga pecandu narkoba. Dan hingga saat hamil pun dia masih mengonsumsi obat-obatan terlarang itu, namun pada akhirnya berhenti.

5. Makin jadi pecandu sebelum tewas

Makin jadi pecandu sebelum tewas, (Instagram/@kurtcobain).

Mungkin kamu ingat bahwa di tahun 1993, Nirvana pernah manggung akustik di MTV. Dan rekaman itu pun dijadikan salah satu album yang cukup laris.

Saat itulah Nirvana menajalani rangkaian tur di Eropa. Saat Cobain tengah berada di Italia bersama istri dan anaknya, ia mengalami overdosis hingga akhirnya koma. Alhasil, Cobain dilarikan ke rumah sakit.

Sepulangnya ke Amerika Serikat, kondisi psikologis Cobain makin memburuk. Courtney Love bahkan sempat sempat memanggil polisi karena suaminya mengurung diri di kamar mandi dan memegang pistol.

Dan tepat pada 1994 di Seattle, Cobain yang masih berusia 27 tahun ditemukan tewas bunuh diri. Dirinya dikabarkan menembak sendiri tepat dibagian mulutnya dan menulis sebuah surat perpisahan kepada fans, istri, dan putrinya yang saat itu masih bayi.

Meski dikabarkan tewas bunuh diri, kematian itu pun kerap jadi misteri. Gak sedikit juga kabar konspirasi bermunculan seputar kematian sang legenda.

Itulah sekilas fakta perjalanan hidup Kurt Cobain sebagai musisi.

Ketika Cobain masih hidup, mungkin sebagian besar dari kita berpikir bahwa dia hidup bergelimangan harta dan hura-hura. Tapi, kenyataannya dia justru gak bahagia sama sekali.

Kisah Cobain tentu mengingatkan kita bahwa, kebahagiaan gak akan bisa diukur dari berapa uang yang bisa kamu raup dari karier mu. Percuma aja kalau uang banyak tapi hidup berantakan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!