Cuma 1 Penumpang Saat Terbang Perdana, Ini 5 Fakta Menarik British Airways

3 menit
British Airways
Fakta menarik British Airways (Shutterstock)

Berita mengenai mogoknya sejumlah pilot maskapai penerbangan dunia kembali muncul ke permukaan. Kali ini, dialami perusahaan asal Inggris, yaitu British Airways yang mengakomodasi rute domestik maupun internasional.

Isu klasik yang menjadi penyebab para pilot memutuskan mogok bekerja dari tanggal 10, 11 dan 27 September 2019 adalah karena upah yang dinilai gak adil.

“Sudah waktunya untuk kembali ke meja perundingan dan mengumpulkan tawaran serius yang akan mengakhiri perselisihan ini,” kata Brian Strutton, Sekretaris Jenderal serikat pilot British Airline Pilot Association pada 9 September 2019, seperti dikutip dari Kompas.

Sebagian dari kamu mungkin udah pernah mendengar tentang maskapai yang berdiri tahun 1919 tersebut. Pasalnya, merupakan perusahaan penerbangan terbesar kedua di Inggris di bawah EasyJet.

Kalau masih penasaran, yuk kita simak langsung aja lima fakta menarik tentang maskapai British Airways berikut:

Sebelum menjadi maskapai penerbangan British Airways adalah angkutan logistik

British Airways
British Airways

Mengutip dari Direct Traveller, kalau umumnya perusahaan penerbangan bermula dari mengangkut penumpang maka berbeda dengan maskapai satu ini.

Pasalnya, sebelumnya korporasi  ini menawarkan jasa kargo untuk mengirim surat, angsa, koran dan selai ke tempat tujuannya.

Maklum saja, karena pada tahun 1919 ketika masih terjadi Perang Dunia II teknologi pesawat terbang masih belum secanggih sekarang dan mobilitas masyarakat dunia belum terlalu sibuk. 

Baca juga: Korean Air dan Kuwait Airways Masuk dalam Daftar Maskapai Penerbangan Terburuk!

Jumlah manifest di penerbangan pertama British Airways 1 orang

British Airways
British Airways (Telegraph)

Yang bikin garuk-garuk kepala banyak orang, ketika melakukan penerbangan pertamanya dulu hanya mengantarkan satu penumpang.

Ini masih berhubungan dengan poin pertama dimana bisnis utama yang dilakukan oleh mereka adalah kargo, bukan penerbangan komersial.

Perusahaan ini juga menjadi maskapai pertama yang menyediakan makanan di udara untuk penumpangnya pada tahun 1927. Dan, hari ini sekitar 100 ribu makanan per harinya disiapkan oleh mereka untuk disantap di udara.

Berapa banyak pilot wanitanya?

British Airways
British Airways

Sebagai salah satu upaya penyetaraan gender, maskapai British Airways juga menerima pilot wanita sebagai kru penerbangannya hari ini.

Tercatat sampai tahun 2015 ada sekitar 5 persen pilot wanita dari total seluruh pilot yang terdaftar di perusahaan tersebut. Meski terlihat kecil, gak menutup kemungkinan di waktu yang akan datang jumlahnya semakin diperbanyak oleh direksi.

Sajikan 35 juta gelas teh untuk 40 juta penumpang

British Airways
British Airways

Yang gak kalah menarik adalah, jumlah minuman yang harus disiapkan para awak kabin kepada penumpang ketika berada di atas pesawat. Tercatat, ada sekitar 35 juta gelas teh yang disajikan pramugari maupun pramugara setiap tahunnya.

Setiap tahunnya juga, British Airways mendapatkan penumpang sekitar 40 juta orang domestik maupun internasional.

Keuntungannya sampai miliaran dolar Amerika

British Airways
British Airways

Terakhir yang penting kamu ketahui adalah, jumlah keuntungan yang didapatkan British Airways. Pada tahun 2018, perusahaan ini mengantongi keuntungan sekitar US$ 16,6 miliar atau setara Rp 232 triliunan.

Itulah beberapa fakta unik tentang British Airways yang lagi dilanda masalah internal. Semoga permasalahan ini bisa cepat selesai dan gak banyak orang yang mengalami kerugian akibat kejadian tersebut. (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1