Elza Syarief Pengacara Keluarga Cendana yang Dipecat karena Dukung Prabowo!

3 menit
Elza Syarief
Elza Syarief (TEMPO/Rully Kesuma)

Elza Syarief, kuasa hukum Sajad Ukra, mantan suami Nikita Mirzani kena amukan sang artis di acara Hotman Paris Show, belum lama ini.

Nikita yang sangat kesal dengan Elza Syarief meluapkan emosi hingga melempar telepon genggamnya ke meja. Nikita marah kepada kuasa hukum mantan suaminya atas kasus perebutan hak asuh anak.

Elza Syarief
Elza Syarief

Dilabrak ibu tiga anak tersebut, Elza Syarief dikenal sebagai pengacara yang menangani beberapa kasus besar publik figur Tanah Air mulai dari kalangan politikus, pengusaha, sampai para selebriti.

Selain dikenal sebagai pengacara keluarga Cendana, Elza memiliki delapan fakta menarik lain tentang dirinya. 

Apa saja? Yuk, ketahui lengkapnya seperti disarikan MoneySmart dari beberapa sumber berikut:

Awal mula kariernya sebagai pengacara 

Elza Syarief
Elza Syarief (Instagram/@prowealthjkt)

Elza dikenal sebagai kuasa hukum para selebritis Indonesia. Wanita berusia 62 tahun ini memulai kariernya sebagai pengacara saat bergabung dengan Ikatan Warga Satya, kumpulan mantan CPM dan POM AD.

Baca juga: Di Bawah Rp 40 Miliar, Ini Penampakan Rumah Baru Nikita Mirzani yang Mewah

Memiliki law firm sendiri

elza syarief
Elza Syarief (Instagram/@dewisyamsuyoto87)

Sempat bekerja di kantor milik O.C Kaligis sebelum membuka kantor hukum sendiri dengan nama ‘Elza Syarief Law Office’ yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat, pada tahun 1991.

Melalui law firm itu, wanita kelahiran Jakarta tersebut banyak menangani kasus-kasus korporat besar sebelumnya, terutama perusahaan milik keluarga Soeharto atau keluarga Cendana.

Pengacara keluarga Cendana

Elza Syarief
Elza Syarief (Instagram/@ernirohaini)

Elza merupakan pengacara yang dekat dengan keluarga Cendana. Dia mengawali kiprahnya bersama keluarga Cendana dengan menangani kasus tanah perusahaan milik anak ketiga Presiden Soeharto, Bambang Trihatmodjo dan Siti Hardijanti Rukmana.  

Beberapa perusahaan yang ditanganinya ialah Mandala Permai, Citra Nasional, Timor Motor, Timor Industri Complement, Mandala Citra Unggulan, serta Humpuss.

Keberhasilan Elza menangani kasus tersebut telah melambungkan kredibilitasnya sebagai pengacara. 

Selain Bambang, sang adik, Tommy Soeharto mempercayakan Elza sebagai corporate lawyer yang menangani beberapa perusahaan miliknya, pada tahun 1996. 

Namanya semakin berkibar setelah dia diminta menjadi salah satu kuasa hukumnya pada 2000. Saat itu, Tommy sedang terbelit hukum atas tuduhan terlibat kasus tukar guling PT Goro Bathara Sakti-Bulog, Elza mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA).

Diduga menyuap

Elza Syarief
Elza Syarief (Instagram/@batiktanahliek)

Elza merupakan salah satu dari kuasa hukum Tommy Soeharto yang diduga sebagai dalang atas pembunuhan hakim agung.

Pada tahun 2002, Elza sempat dituduh melakukan  penyuapan kepada Rahmat Hidayat dan Tatang Sumatri, saksi kunci kasus pembunuhan hakim agung Syaifuddin Kartasasmita.

Menjadi tersangka

Buntut dari dugaan suap tersebut, Kepolisian Daerah Metro Jaya menetapkan Elza Syarief sebagai tersangka kasus penyuapan. 

Elza diduga telah menyuap Rahmat Hidayat Rp 2 juta untuk memberikan kesaksian palsu dalam persidangan sang klien, Tommy Soeharto.

Pengacara kasus-kasus selebriti

Elza Syarief di kalangan selebriti pernah menangani kasus Kristina dalam upaya perceraiannya dari Al-Amin Nasution. Dia juga pernah membela MD Entertainment yang berkasus dengan Cinta Laura.

Wanita lulusan Fakultas Hukum Universitas Padjajaran ini juga pernah menjadi pengacara Maia Estianty saat ingin bercerai dari Ahmad Dhani.

Selain itu, beberapa artis lainnya mulai dari Sheila Marcia, Tamara Bleszynski, Cut Memey, Gray Iskak, hingga Ratu Felisha dalam kasus pemukulan Andhika.

Keluar dari Hanura

Elza Syarief
Elza Syarief (Instagram/@officialhanura)

Tak hanya aktif di bidang hukum, Elza Syarief juga pernah berkecimpung di dunia politik. Ibu lima anak itu tercatat pernah bergabung dengan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), namun keluar karena dipecat akibat melanggar keputusan partai.

Dipecat karena mendukung Prabowo

Wanita kelahiran 24 Juli 1957 itu dipecat dari Partai Hanura karena mendukung lawan politik partai yang diprakarsai Wiranto, yakni Prabowo. 

Bahkan, pada tahun 2014, Elza Syarief juga ikut membela Prabowo di Mahkamah Konstitusi dalam gugatan hasil pilpres.

Itulah delapan fakta menarik tentang Elza Syarief, sosok yang terkenal sebagai kuasa hukum keluarga Cendana dan memiliki sejumlah aksi kontroversial dalam kariernya. Gimana menurut kamu?

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.