Dirawat Jadi Pasien BPJS Kelas 3, Ini 8 Fakta Menarik Ria Irawan!

5 menit
ria irawan
Fakta menarik Ria Irawan (Instagram/@riairawan)

Ria Irawan kini tengah dirawat di rumah sakit akibat sel kanker di tubuhnya kembali aktif dan bergerak menyebar ke organ tubuh lainnya, yaitu paru-paru dan otak.

Aktris senior yang sempat dinyatakan sembuh dari penyakit kanker kelenjar getah bening itu kini terbaring di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, dengan menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan. 

Wanita yang baru bertambah usia 50 tahun itupun membeberkan keseruan menjalani rawat inap di kelas 3 RSCM menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan.

Selama dirawat, putri aktris lawas Ade Irawan itu mengungkapkan curahan hatinya (curhatan) di instagramnya. 

ria irawan
Ria Irawan (Instagram/@riairawan)

Meski sedang terbaring sakit, istri Mayky Wongkar itu tampak ceria, dan tetap tersenyum menceritakan kisahnya sebagai pasien BPJS.

Dalam salah satu unggahannya, Ria mengungkapkan ada tumor di bagian dalam kepalanya. Tumor itu mengakibatkan saraf bicaranya tertekan.

Selain itu, dia juga dalam video tersebut menceritakan berada satu ruangan dengan pasien lain yang sedang merintih kesakitan. Ria pun tak lupa berterima kasih atas doa yang diberikan untuknya.

Terbaring sakit karena sel kanker yang dideritanya kembali menyebar, membuat fakta tentang Ria Irawan jadi sorotan. 

Dilansir dari Wikipedia, yuk simak fakta menarik aktris senior Ria Irawan seperti dirangkum MoneySmart berikut:

Karier di industri perfilman Tanah Air

Ria Irawan
Ria Irawan (Instagram/@riairawan)

Pemilik nama Chandra Ariati Dewi Irawan ini merupakan putri dari aktor senior Bambang Irawan (Jawa) dan aktris senior Ade Irawan (Minang).

Ria mendapat sorotan sejak kelahirannya karena terlahir sebagai bungsu dari lima bersaudara pasangan Bambang Irawan dan Ade Irawan yang kala itu populer.

Tumbuh besar di lingkungan film, dengan sang ayah yang memiliki perusahaan film Agora membuat Ria tertarik dunia perfilman sejak masih kecil.

Wanita yang telah beberapa kali gundul karena efek kemoterapi yang dijalaninya mengawali kiprahnya di dunia hiburan sejak usia empat tahun. Saat itu, dia menjadi figuran dalam film “Sopir Taxi (1973), yang dibintangi Bambang Hermanto dan Dien Novita.

Setelah itu, Ria kembali berperan sebagai figuran dengan dialog dalam film “Belas Kasih”.

Ria juga bermain dalam film “Fajar Menyingsing” (1975) bersama Erwin Gutawa, “Chicha” (1976) bersama Chicha Koeswoyo yang saat itu sedang tenar, “Siulan Rahasia” (1977), “Istriku Sayang Istriku Malang” (1977), “Nakalnya Anak-Anak” (1980) hingga film “Kembang Kertas” (1984) yang membuat banyak orang terpikat.

Baca juga: Resmi, Cepat, dan Gampang Banget! Begini Caranya Mengetahui Nomor BPJS Kesehatan

Peraih beragam penghargaan film

Ria Irawan
Ria Irawan (Instagram/@riairawan)

Ria meraih nominasi Festival Film Indonesia 1986 sebagai Aktris Pendukung Terbaik berkat perannya di film “Bila Saatnya Tiba” (1985).

Ria juga berhasil memenangkan Piala Citra sebagai Pemeran pendukung wanita Terbaik di FFI 1988 lewat film “Selamat Tinggal Jeanette” (1987) yang dibintangi Mathias Muchus dan Meriam Bellina.

Wanita kelahiran 24 Juli 1969 itu kembali mendapat nominasi Aktris Pendukung Terbaik lewat film “Berbagi Suami” (2006) di Festival Film Indonesia 2006.

Dunia tarik suara

Ria Irawan
Ria Irawan (Instagram/@riairawan)

Sukses berkiprah di industri perfilman Tanah Air, Ria juga merambah dunia tarik suara.

Saat itu, dia membuat album keroyokan bersama kelompok bernama Japras yang terdiri dari Ully Artha, Debby Cintia Dewi, Wieke Widowati, Rini S, Bono, Nurul Arifin, Ita Mustafa, Ani Kusuma, Eva Arnaz, dan Rima Melati. Album ini laris manis di pasaran.

Ria juga merekam dua album dangdut bersama Rano Karno, “Hiasan Mimpi dan Sorga Dunia”, serta album pop “Setangkai Anggrek Bulan” dan “Di Antara Hatiku Hatimu”.Selain itu, dia juga pernah membentuk trio bersama Nurul Arifin dan Ita Mustafa. 

Tak cukup menjadi penyanyi, Ria juga menjadi produser untuk albumnya yang berjudul Untuk Kamu bekerja sama dengan Deddy Dhukun. Ria kemudian membuat album duet dengan Melissa, penyanyi Malaysia.

Merambah dunia fotografi

Ria Irawan
Ria Irawan (Instagram/@riairawan)

Tak cukup puas hanya menyanyi, Ria juga menjajal dunia fotografi dan penyutradaraan video klip. Kala itu, dia pernah menggarap klip Anggun C. Sasmi serta penyanyi lainnya.

Setelah diarahkan oleh fotografer Ken Sanjaya dan Drigo L. Tobing, kemampuan fotografi Ria pun meningkat.

Adik Dewi Irawan tersebut pernah bekerja sama dengan Jay Subijakto yang saat itu menjadi kekasihnya, serta Rizal Mantovani yang juga sempat menjadi kekasihnya.

Untuk terus mengasah kemampuannya, Ria pun memutuskan mengambil kuliah desain grafis saat tinggal bersama Dewi Irawan dan suaminya di Milan. Meski tengah menimba ilmu di negeri orang, Ria sempat membintangi film “Kuldesak”. 

Usai mendapatkan ilmu, Ria memutuskan kembali ke Indonesia pada tahun 1996. Namun, dia mengurungkan niat itu saat transit di Singapura.

Ria pun memutuskan tinggal sementara di sana. Setelah enam bulan, dia benar-benar kembali ke Indonesia. Pemeran Rachmi Hatta itupun mendapat beragam tawaran syuting dan wawancara serta pemotretan.

Beberapa sinetron yang kemudian dibintanginya ialah “Cintailah Daku”, “Debu Tertiup Angin”, “Melompati Angin”, “Bidadari yang Terluka”, dan “Canting”.

Kembali terjun ke layar lebar

Ria Irawan
Ria Irawan (Instagram/@riairawan)

Kembali berada di Tanah Air, Ria langsung terjun ke layar lebar dengan membintangi “Biola Tak Berdawai”.

Ria pun diganjar The Best Actress lewat perannya sebagai Renjani dalam ajang Festival Film Asia Pasific di Iran pada tahun 2003.

Pernah terjerat kasus narkoba

Ria Irawan
Ria Irawan (Instagram/@riairawan)

Kembali berkiprah di dunia perfilman Indonesia, Ria Irawan terus meraih penghargaan. Namun, dia membuat heboh setelah kembali terjerat kasus narkoba pada tahun 2005.

Saat itu, Ria ditangkap bersama pengunjung diskotik Crown yang dinyatakan positif pemakai narkoba.

Namun, aparat kepolisian sulit menyeret Ria ke pengadilan karena tidak memiliki cukup alat bukti.

Kehidupan pribadi

Ria Irawan
Ria Irawan (Instagram/@riairawan)

Ria kembali jadi topik hangat pemberitaan usai Rivaldi Sukarno ditemukan meninggal akibat overdosis di rumahnya pada pertengahan tahun 1990. Karena kasus tersebut, Ria terpaksa pindah ke luar negeri.

Di tahun yang sama, Ria kembali jadi sorotan usai menikah dengan seorang pengusaha dan berstatus duda bernama Yuma pada 5 April 1997. 

Namun, pernikahan pasangan beda profesi itu hanya bertahan dua tahun. Mereka pun memutuskan untuk bercerai pada Desember 1999.

Idap kanker

Ria Irawan
Ria Irawan (Instagram/@riairawan)

Setelah semua pemberitaan tersebut, Ria didiagnosis mengidap kanker getah bening pada tahun 2009. Sahabat almarhum Julia Perez itupun menjalani pengobatan medis di Jakarta.

Di tengah perjuangannya mengobati kanker dengan status janda selama 17 tahun, Ria kembali menikah dengan Mayky Wongkar, yang merupakan asisten pribadinya sendiri pada 23 Desember 2016.

Kini, sel kanker di tubuh Ria Irawan kembali bermetastasis atau bergerak menyebar ke organ tubuh lainnya. Ria pun sudah kembali menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak Minggu 1 September 2019. 

Itulah delapan fakta menarik tentang Ria Irawan. Semoga Kak Ria cepat pulih dan bisa kembali berkarya!

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.