Bakal Menghentak Jakarta, Ini 6 Fakta Band Slipknot yang Berharta Rp 280 M

3 menit
slipknot
Bakal Menghentak Jakarta, Ini 6 Fakta Band Slipknot yang Berharta Rp 280 M, (Instagram/@slipknot).

Band metal asal Amerika Serikat, Slipknot dipastikan bakal manggung di Indonesia. Mereka bakal main di event musik metal terbesar di Indonesia, Hammersonic. 

Dilihat dari laman Instagram resmi Hammersonic, Corey Taylor dan kawan-kawan akan menghentak pada tanggal 27 Maret 2020. Buat kamu para Maggots, jangan sampai terlewat menyaksikan aksi-aksi mereka tahun depan. 

Tapi, sebelum hari itu tiba, gak ada salahnya untuk mengetahui beberapa fakta-fakta tentang prestasi sampai harta kekayaan Slipknot berikut ini. 

Baca juga: Investasi di Indonesia, Ini 4 Fakta Perusahaan Migas ADNOC yang Nilainya Rp 124 T

1. Slipknot selalu menggunakan topeng saat manggung

Slipknot
Begini aksi para personel Slipknot saat di atas panggung, (Instagram/@slipknot).

Band yang terbentuk sejak tahun 1995 di Iowa, AS itu memang terkenal banget dengan gayanya selalu menggunakan topeng setiap manggung. Usut punya usut, hal itu sudah mereka lakukan sejak awal-awal berdiri. 

Katanya sih awal mulanya gara-gara sang perkusi, Shawn Crahan mengenakan topeng badut saat latihan. Langsung deh, semua personel mengikutinya dan memilih topeng masing-masing sesuai dengan karakter. 

Dengan topeng itu juga mereka jadi merasa berbeda dari band-band lainnya. Meskipun agak serem ya. 

Baca juga: Siap Diunduh! YouTube Hadirkan Layanan Streaming Musik, Biayanya Rp 49 Ribu

2. Selama beberapa tahun, gak ada yang tahu wajah asli mereka 

slipknot
Begini nih karakter topeng para personel band metal asal Amerika Serikat ini, (Instagram/@slipknot).

Topeng yang sudah menjadi ciri khas mereka itu malah bikin Slipknot misterius. Di setiap sesi latihan, pemotretan, manggung, atau jumpa fans, topeng itu pun tak pernah dilepas. Alhasil, selama beberapa tahun gak ada yang bisa menebak siapa sosok-sosok asli tersebut. 

Hal ini ditambah dengan cara mereka mengidentifikasikan identitas diri masing-masing. Cara memperkenalkannya ke publik bukan dengan nama asli atau nama samaran, melainkan dengan nomor, #0, #1, #2, sampai #9.

Hingga akhirnya pada tahun 2006, lewat sebuah film dokumenter berjudul Inside The Nine, semua wajah asli di balik topeng terungkap. 

Baca juga: Rolling Stones Hingga Metallica, 5 Konser Musik Terbesar dengan Jumlah Penonton Jutaan Orang

3. Saat manggung sering melakukan aksi-aksi gila yang melukai diri mereka sendiri 

Slipknot
Aksi panggung mereka kerap mengundang misterius di balik topeng para personelnya, (Instagram/@slipknot).

Musik yang keras bukanlah hal yang baru di dunia musik, tapi bagaimana dengan aksi panggung yang berbahaya? 

Slipknot beberapa kali melakukan aksi-aksi berbahaya saat melakukan pentas. Di hadapan ribuan penggemar mereka, mereka rela menyakiti diri sendiri demi menyuguhkan tontonan yang beda. 

Sebut saja seperti yang dilakukan oleh sang DJ nomor #0 Sid Wilson. Sid pernah melakukan aksi berbahaya membakar dirinya sendiri saat manggung, alhasil, ia harus menerima luka bakar yang serius di kakinya. 

Crahan, si perkusi juga pernah menjedot-jedotkan kepalanya sendiri ke alat perkusinya yang terbuat dari tong bir. Tindakan gilanya itu meninggalkan 39 jahitan di dahinya. 

4. Memenangkan Grammy tahun 2006 

slipknot
Band metal sekelas Slipknot pun kerap melakuakn ritual berdoa sebelum aksi panggungnya, (Instagram/@slipknot).

Slipknot sudah beberapa kali masuk nominasi penghargaan Grammy, di antaranya tahun 2001, 2002, 2003, 2005, 2006, 2009, 2015, dan 2016. Kategorinya beragam, mulai dari aksi panggung terbaik, sampai album rock terbaik. 

Tapi, mereka hanya berhasil memenangkan satu Grammy pada tahun 2006 untuk kategori Best Metal Performance.

5. Berhasil menjual album sebanyak 40 juta kopi 

Slipknot
Begini kostum dan topeng para personel band metal asal Negeri Paman Sam yang bakal manggkung di Jakarta, (Instagram/@slipknot).

Slipknot telah menetaskan enam album sejak berdiri tahun 1995 silam. Album keenamnya baru dirilis pada Agustus 2019 lalu yang bertajuk ‘We Are Not Your Kind’. 

Sejauh ini, mereka sudah menjual lebih dari 40 juta kopi album fisik di berbagai belahan dunia.

6. Kekayaan Slipknot mencapai US$ 20 juta 

slipknot
Gayanya yang khas dengan topeng seramnya, band ini banyak mengundang pertanyaan siapa sih mereka?, (Instagram/@slipknot).

Dari hasil penjualan album, tiket konser, bayaran pentas sana-sini, membuat Slipknot kaya raya. Tiket konser mereka saja rata-rata harganya sekitar US$ 78 atau Rp 1 jutaan. Coba bayangkan kalau yang datang ribuan orang bisa miliaran rupiah dikantong. 

Dikutip dari Celebrity Net Worth, band ini memiliki kekayaan mencapai US$ 20 juta atau Rp 280 miliaran. 

Itulah enam fakta tentang Slipknot yang harus kamu ketahui. Buat kamu yang pengin nonton aksi mereka Maret 2020 nanti, siap-siap deh beli tiketnya yang bakal dijual pada tanggal 11 November besok. Harga tiketnya, mulai dari Rp 750 ribu untuk kategori Early Bird dan Rp 1,2 juta On The Spot. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.