Dari Presdir Sawit Sampai Jadi Gubernur Kalteng, Ini Fakta Eks Suami Ussy Sulistyawati

3 menit
Sugianto Sabran
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (Instagram/@sugianto_sabran)

Sosok Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran, tengah viral di media sosial. Pasalnya, Sugianto Sabran mengamuk saat tengah menonton laga sepak bola Liga 1 antara Persib Bandung melawan Kalteng Putra.

Dalam rekaman video yang beredar, Sugianto melempar botol plastik dari tempat duduknya. Bahkan, Sugianto sampai turun ke lapangan guna memprotes keputusan wasit yang dinilainya merugikan Kalteng Putra.

Sang Gubernur Kalteng itu juga sempat beradu mulut dengan Kapolres Palangkaraya AKBP Timbul RK Siregar.

Setelah viral, banyak orang penasaran dengan sosoknya. Selain dikenal sebagai Gubernur Kalteng, Sugianto yang merupakan mantan suami Ussy Sulistyawati memiliki beberapa fakta menarik tentangnya.

Penasaran? Yuk, simak lengkapnya seperti disarikan MoneySmart dari berbagai sumber:

Presiden Direktur Perusahaan Sawit

Sugianto Sabran
Presdir perusahaan sawit (Instagram/@sugianto_sabran)

Sugianto Sabran merintis kariernya di perusahan besar sawit di daerah Kalimantan Tengah meneruskan tonggak kekuasaan sang paman.

Mantan suami Ussy Sulistyawati ini menggantikan sang paman menjadi Presiden Direktur PT Tanjung Lingga. PT Tanjung Lingga masuk dalam kategori perusahaan sawit terbesar di Indonesia.

Memegang perusahaan sawit ini, Sugianto Sabran berhasil meningkatkan omset dari miliaran hingga triliunan rupiah.

Baca juga: Rumah Mewah Rp 50 M Milik Andhika Pratama dan Ussy Sulistyawati, Ini Penampakannya

Jadi Gubernur Kalteng

Sugianto Sabran
Jadi gubernur kalteng (Instagram/@sugianto_sabran)

Tak cukup puas menjadi pebisnis, Sugianto Sabran tertarik berkecimpung bidang politik dengan bergabung di salah satu partai politik.

Pada tahun 2009, dia berhasil meraih kursi DPR RI di Komisi IV mengurusi masalah yang tak jauh-jauh dari bidangnya, yaitu kehutanan, pertanian, dan pangan.

Usai menjadi wakil rakyat di Senayan, pria 46 tahun itu mencalonkan diri sebagai Gubernur Kalimantan Tengah. Dia pun terpilih menjadi orang nomor satu di Kalimantan Tengah sejak tahun 2016.

Berharta Rp 112 Miliar

Sugianto Sabran
Berharta Rp 112 miliar (Instagram/@yulistraivo)

Dalam LHKPN KPK terbaru tahun 2018, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berharta kekayaan Rp 112.229.380.547.

Mantan Suami Ussy Sulistyawati

Sugianto Sabran
Meski telah menjadi mantan suami, Ussy Sulistyawati tetap berhubungan baik dengan Sugianto Sabran dan menjenguk sang istri yang baru saja melahirkan (Instagram)

Kesuksesan Sugianto Sabran dalam dunia karier, tak diiringi dalam dunia percintaan. Pernikahan Sugianto Sabran dan Ussy Sulistiawaty hanya bertahan selama satu tahun saja. 

Rumah tangga keduanya mulai retak usai Sugianto Sabran dihadapi kasus hukum, yaitu kasus pembabatan hutan tanpa izin.

Dihadapi tekanan tersebut saat tengah hamil lima bulan, Ussy tak kuat dan memilih untuk menggugat cerai Sugianto usai melahirkan.

Menikahi Wanita yang Terpaut Usia 19 tahun

sugianto sabran
Menikahi wanita yang terpaut usia 19 tahun dengannya (Instagram/@yulistraivo)

Diceraikan Ussy Sulistiawaty, Sugianto Sabran kembali menikah. Setelah menduda bertahun-tahun lamanya, Sugianto menikahi seorang wanita cantik bernama Yulistria Ivo Azhari.

Wanita cantik kelahiran Semarang, 26 Juli 1992 itu memiliki usia yang jauh lebih muda dari Sugianto Sabran, yatu 19 tahun. Dari pernikahannya dengan Ivo, Sugianto telah dikaruniai seorang anak.

sugianto sabran
Telah dikaruniai seorang anak (Instagram/@yulistraivo)

Keduanya menikah di Istana Isen Mulang, Palangkaraya, Kamis 25 Januari 2018. Pernikahan keduanya bahkan dihadiri oleh beberapa tamu kenegaraan, yakni Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Megawati Soekarnoputri hingga beberapa menteri. 

Itulah lima fakta menarik tentang Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, mantan suami Ussy Sulistyowati yang viral karena melempar botol dan ngamuk saat nonton bola.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.