Jarang Disorot Publik, Ini 4 Fakta Karier dan Bisnis Thareq Kemal Habibie

3 menit
Thareq Kemal Habibie
Thareq Kemal Habibie (TEMPO/Muhammad Hidayat)

Putra bungsu BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, memang menjadi sorotan belakangan ini. Selain karena menjadi salah satu juru bicara keluarga Habibie, penampilan Thareq yang nyentrik mirip tokoh Marvel Nick Fury turut menjadi pusat perhatian.

Informasi seputar pria yang selalu mengenakan penutup mata ala bajak laut memang sangat minim di internet. Bahkan, media pun cukup sungkan untuk mewawancarai langsung Thareq.

Lewat penelusuran di LinkedIn dan Facebook, informasi seputar Thareq akhirnya ditemukan. 

Bisa dibilang, perjalanan karier putra bungsu presiden ke-3 Republik Indonesia ini cukup memukau. Thareq memang merupakan sosok inspiratif.

Ingin tahu fakta seputar Thareq Habibie? Yuk, simak ulasannya seperti dirangkum MoneySmart di sini:

1. Sama seperti ayahnya, jebolan dari Negeri Panzer

Thareq Kemal Habibie
Thareq Kemal Habibie (Instagram/@farrahhab)

Thareq mengenyam pendidikan SMP dan SMA di salah satu sekolah swasta ternama di Jakarta, yaitu Labschool. Namun, di tahun 1985, dia memutuskan kuliah di luar negeri, lebih tepatnya di Jerman, negara tempat ayahnya menimba ilmu.

Kampus itu merupakan Technical University of Braunschweig. Dan Thareq mengambil jurusan Tehnik Sipil di sana.

Meski sama-sama di Negeri Panzer, Thareq ternyata memilih bidang yang berbeda dengan ayahnya. 

Baca juga: Masih yang Paling Dikagumi Publik, Ini 5 Fakta Wajib Diketahui dari Sosok BJ Habibie

2. Sangat peduli lingkungan

Thareq Kemal Habibie
Thareq Kemal Habibie (Facebook/Rico Habley)

Salah satu bidang yang digeluti Thareq Kemal Habibie adalah lingkungan. 

Dalam deskripsi di akun LinkedIn miliknya, Thareq mengaku sudah lama berkarier di bidang itu. Sebut saja seperti teknologi lingkungan, perencanaan kota, hingga hal-hal yang berkaitan dengan riset serta pengembangan teknologi seputar pengelolaan limbah energi.

Intinya, Thareq memang punya cita-cita berinovasi untuk menjaga kelestarian lingkungan. Agar bumi ini menjadi tempat tinggal yang layak bagi manusia.

Keren ya! Semoga Pak Thareq bisa mewujudkan impian satu ini!

3. Skill-nya gak cuma seputar teknologi 

Thareq Kemal Habibie
Thareq Kemal Habibie (Facebook/Rico Habley)

Bicara soal skill atau kemampuan, Thareq Kemal Habibie bisa dibilang multitalenta lho. Dia juga sempat menjalani training di bidang finansial lebih tepatnya di Deutsche Bank dan GE pada tahun 1995. 

Sebagai seorang profesional, Thareq cukup ahli dalam hal perencanaan keuangan, pengelolaan perusahaan startup, mekanika tanah, dan tentunya lingkungan. 

4. Pimpin banyak perusahaan

Thareq Kemal Habibie
Thareq Kemal Habibie (Instagram/@b.jhabibie)

Untuk saat ini, perusahaan yang dimilikinya merupakan seorang Chief Consultant di perusahaan jasa bernama TH Consulting. Sayangnya, informasi mengenai perusahaan ini cukup minim.

Namun, sebagai salah satu co-founder dan Pimpinan Institute of Green Technology di Habibie Center, ayah dari Farrah, Farhan, dan Felicia ini juga menduduki beberapa posisi penting di PT Ilthabi Rekatama.

PT Ilthabi merupakan perusahaan keluarga yang dipimpin oleh anak-anak BJ Habibie. Mereka juga memegang 5,22 persen saham dari PT Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk (MTWI). Hingga saat ini, dia masih menduduki PT Ilthabi sebagai salah satu chairman

Itulah sekilas fakta mengenai karier Thareq Kemal Habibie yang sangat inspiratif. Meski gak terlihat aktif di dunia pesawat, Thareq memang punya misi bisa melestarikan lingkungan. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.