Mengenal Richard Rakotonirina, Menhan Madagaskar Keturunan Indonesia

3 menit
Menteri Pertahanan Madagaskar Richard Rakotonirina (mg.ambafrance.org)

Selain pejabat di Malaysia dan Suriname saja yang punya darah Indonesia, Menteri Pertahanan Madagaskar juga berdarah Indonesia. Dia pun sangat fasih berbahasa Indonesia.

Tepat pada Kongres Diaspora kelima yang diselenggarakan di Kota Kasablanka, Dino Pati Djalal menyebut nama Jendral Richard Rakotonirina, seorang diaspora (warga berdarah Indonesia yang tinggal di luar negeri) yang kini menduduki kursi menhan di negara Afrika tersebut.

Sayangnya, jendral angkatan darat ini gak datang ke kongres tersebut. Richard hanya tampil di layar proyektor dan berbicara di hadapan audiens secara virtual. Pasalnya, saat itu dia memang gak bisa meninggalkan tugas negara.

Ingin tahu, fakta-fakta pria yang satu ini? Berikut ulasannya seperti yang dirangkum MoneySmart:

1. Ayahnya orang Indonesia

menteri pertahanan
Menteri Pertahanan Madagaskar Richard Rakotonirina (mg.ambafrance.org)

Rakotonirina memang merupakan warga asli di negara Afrika tersebut. Namun, darah Indonesia mengalir di diri Menteri Pertahanan Madagaskar ini dari sang ayah.

Gak heran sih, 20 persen warga Madagaskar memang merupakan keturunan Indonesia. Saat berkunjung ke Jakarta pada tahun 2013, Richard pernah mengungkapkan, kalau di abad ketujuh ada gelombang imigran dari Indonesia yang datang ke Madagaskar.

“Jadi migran pertama itu orang Nusantara. Dalam sejarah itu kita nenek moyang kita dari nusantara. Imigran di Madagaskar lain dari Suriname atau Afrika Selatan karena mereka dibuang. Jadi orang Indonesia di Madagaskar itu berjuang untuk kehidupan. Orang Indonesia itu berani sekalilah,” kata Richard, seperti dikutip Detik, 2013 lalu. 

Jendral Rakotonirina ini merupakan generasi ke-12 dari nenek moyangnya. 

Baca juga: Menteri Terkaya! Ini Puluhan Aset Puan Maharani Senilai Rp 300 M

2. Mengenyam pendidikan militer di Indonesia

menteri pertahanan
Menteri Pertahanan Madagaskar Richard Rakotonirina (midi-madagasikara.mg)

Berdasarkan CV yang dirilis Pemerintah Madagaskar, Jendral Rakotonirina ternyata pernah sekolah di Indonesia. Tapi, sekolahnya tentu saja sekolah militer.

Pendidikan itu berlangsung di Sesko AD Bandung (2001), Sesko TNI di Bandung (2005), dan pendidikan di Lemhanas pada tahun 2011. 

Saat berkunjung ke Indonesia, Rakotonirina sempat kaget kalau wajah-wajah orang Indonesia justru mirip orang Madagaskar. 

Ketika ingin menghadiri Kongres Diaspora di Jakarta pada tahun 2013, Richard mengaku harus minta izin dengan pemerintah. Namun, karena Pemerintah Madagaskar tahu sebagian nenek moyang warga mereka adalah orang Indonesia, maka Rakotonirina diizinkan menyambangi Indonesia.

3. Anaknya kuliah di Indonesia

menteri pertahanan
Menteri Pertahanan Madagaskar Richard Rakotonirina (Facebook/Serasera Mada)

Ayah dari empat anak ini ternyata menyekolahkan dua putranya di Indonesia. Yaitu, di Universitas Widya Kartika, Surabaya. 

Kampus yang beralamat di Jalan Sutorejo Prima Utara II/1 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia ini sudah didirikan tahun 1986.

Dari jargonnya, Universitas ini memang cukup mengedepankan entrepreneurship. Beberapa program studinya antara lain akuntansi, manajemen, teknik elektro, informatika, sipil, arsitektur, sastra Mandarin, dan Inggris.

Jadi ceritanya, mantan rektor di Widya Kartika adalah teman baik Menteri Pertahanan Madagaskar ini. Dan dia menawarkan beasiswa untuk putra Jendral Rakotonirina. 

Itulah sekilas fakta seputar Richard Rakotorina, orang berdarah Indonesia yang kini menjadi Menteri Pertahanan Madagaskar. 

Tentunya, berita ini cukup bikin bangga kita sebagai warga Indonesia. Ternyata, keturunan Indonesia banyak yang jadi orang sukses di negara lain. Mereka pun sangat fasih berbahasa Indonesia.

Richard mungkin hanya salah satu di antaranya. Soewarto Moestadja, pria asal Kebumen ini juga pernah menduduki kursi Mendagri di Suriname. 

Selain itu, Ahmad Zahid Hamidi, yang pernah menduduki kursi Menhan Malaysia, adalah putra dari Raden Hamidi Abdul Fatah dan Tuminah Abdul Jalil, yang berasal dari Wates, Kulon Progo. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Pensiunan jurnalis, praktisi humas, dan seseorang sempat aktif di dunia beladiri campuran. Sekarang telah menjadi perencana keuangan yang sangat antusias dengan hal-hal yang berkaitan dengan pasar modal.