Pernah Digaji Rp 600 Ribu, Ini Kisah HM Fitno yang Hobi Sedekah dan Punya Istana

3 menit
HM Fitno
HM Fitno jadi kaya raya karena gemar bersedekah (Instagram/@fitno_fabulous)

MoneySmart sebelumnya telah membahas tentang penampakan rumah HM Fitno. Namun, kamu tahu gak sih siapa sebenarnya dia? Dari mana latar belakang keluarganya, dan apa bisnisnya?

Percaya gak percaya, pria yang punya hunian mewah bak istana di Pondok Indah ini, ternyata gak terlahir kaya lho!

Dia memang merupakan seorang pengusaha papan atas, dan investor. Namun, dia dulunya hanya orang biasa saja, bahkan dia merantau ke Jakarta dengan modal yang sangat kecil.

Penasaran dengan jatuh bangunnya pria asal Pangkal Pinang, Bangka Belitung ini dalam meraih kesuksesan? Berikut, ulasan singkatnya:

1. Bungsu 11 bersaudara yang merantau dengan modal Rp 50 ribu

HM Fitno
HM Fitno merantau dengan modal hanya Rp 50 ribu (Instagram/@fitno_fabulous)

Kisah hidup HM Fitno seperti yang diceritakannya di akun Youtube Raffi Ahmad ternyata agak mirip dengan “Laskar Pelangi”. Ayahnya merupakan karyawan PT Timah, dan mereka bukanlah berasal dari keluarga kaya.

Fitno merupakan anak bungsu dari 11 bersaudara, otomatis ketika dia beranjak dewasa orangtuanya sudah makin menua. Dan, Fitno gak bisa bermanja-manja, dia harus memutar otaknya bisa bertahan hidup.

Di tahun 1995, dia pun merantau ke Jakarta dengan modal pas-pasan, yaitu Rp 50 ribu aja! Di tahun itu, mungkin Rp 50 ribu masih cukup besar ya.

Baca juga: Rumah 6 Seleb Ini seperti Istana dan Harganya Lebih dari Rp 10 M

2. Pekerjaan pertamanya adalah Telemarketing

HM Fitno
Pekerjaan pertama HM Fitno telemarketing (Instagram/@fitno_fabulous)

Tujuan HM Fitno merantau ke Jakarta adalah mencari kerja. Mindset yang ditanamkan Fitno pada saat itu adalah, “Pokoknya besok harus kerja.”

Dia pun memutuskan menghadiri ajang walking interview di Jakarta. Dan akhirnya, di situlah dia mendapat pekerjaan pertamanya sebagai telemarketing.

Jangan  salah, gaji awal yang dia terima saat itu adalah Rp 600 ribu lho. Tapi, berkat kerja kerasnya dan sikap yang selalu menolak berada di zona nyaman, Fitno berhasil dalam kariernya hingga akhirnya dia pun menjadi salah satu pengusaha top.

Baca juga: Rumah Pengusaha yang Akrab dengan Luna Maya bak Istana, Begini Penampakannya

3. Bisnisnya di berbagai bidang

HM Fitno
HM Fitno menjalani bisnis berbagai bidang (Instagram/@fitno_fabulous)

Beberapa orang tentu penasaran soal apa sih bisnisnya HM Fitno ini?

Menurut penelusuran MoneySmart ke berbagai media, akhirnya terkuak pria ini adalah CEO PT Mac Sarana Djaya, sebuah perusahaan penyedia hosting netral terbesar dan tersukses di Indonesia.

Selain itu, dari video YouTube Raffi Ahmad, Fitno juga mengatakan dirinya pemilik F Hotel yang bisa kamu temui di Blok M, Bali, Lombok, dan Dago Pakar, Bandung.

Wah, keren juga ya, bisnisnya ada di mana-mana! Kabarnya, dia juga punya bisnis kuliner bernama Kampoeng Bangka. Dia juga menjadi investor di bidang e-commerce fashion Muslim, lebih tepatnya situs eBaba.co.id.

4. Seorang Youtuber

HM Fitno
HM Fitno seorang youtuber (Instagram/@fitno_fabulous)

Mungkin ini juga yang membuat HM Fitno lain dari yang lain. Selain CEO, dia juga pemilik usaha, tentu kebayang dong bagaimana hectic-nya dia setiap hari?

Tapi, ternyata dia masih menyempatkan diri di dunia medsos. Dia pun cukup aktif membuat Vlog. Kalau penasaran akun YouTubenya adalah Fitno_Fabulous.

Kontennya pun gak jauh dari jalan-jalan atau wawancara inspiratif dengan pengusaha-pengusaha lainnya.

Bisa dikira-kira dong ya penghasilan Fitno gak cuma dari bisnis. Dari YouTube pun juga ada, apalagi subscriber-nya sudah lebih dari 15 ribu.

5. Gemar bersedekah

HM Fitno
HM Fitno gemar bersedekah (Instagram/@fitno_fabulous)

Dalam video sidak rumah HM Fitno di Rans Entertainment, Nagita Slavina tampaknya penasaran cerita hidup Fitno, dan menanyakan apakah Fitno pernah merasakan jatuh di titik terendah dalam hidupnya?

Fitno justru mengungkapkan, sejauh ini dalam bisnis Fitno selalu moncer dari waktu ke waktu. Gak pernah tiba-tiba jatuh, karena Fitno sendiri membangunnya dari nol hingga jadi raksasa.

Mungkin satu hal yang menurut Fitno sedih pada saat itu adalah saat orangtuanya meninggal dunia.

Fitno memang sangat mencintai kedua orangtuanya yang sejak dulu mengajarinya hidup, bersedekah, dan menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.

Sebagai pengusaha yang kerap disebut gemar bersedekah, Fitno mengakui kebiasaan mulia itu ternyata merupakan ajaran orangtuanya.

Sejak duduk di bangku SMP, orangtua Fitno selalu memberikannya uang yang tujuannya adalah disedekahkan.

Itulah sekilas fakta HM Fitno, crazy rich asal Pangkal Pinang yang senang bersedekah dan punya banyak bisnis.

Kisah Fitno tentu mengingatkan kita tentang apapun latar belakang ekonomi kita, tentu kita bisa sukses di masa depan kalau siap kerja keras. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Pensiunan jurnalis, praktisi humas, dan seseorang sempat aktif di dunia beladiri campuran. Sekarang telah menjadi perencana keuangan yang sangat antusias dengan hal-hal yang berkaitan dengan pasar modal.