Membanggakan! Ini 6 Film Hollywood yang Dibintangi oleh Iko Uwais

3 menit
iko uwais
Iko Uwais dan Yayan Ruhiyan di Star Wars. (Imdb)

Indonesia punya sederet aktor dengan kemampuan bela diri yang mumpuni, di mana salah satunya adalah Iko Uwais. Suami dari penyanyi Audy Item ini mengawali karier aktingnya lewat film laga Merantau, garapan sutradara Gareth Evans, yang dirilis tahun 2009 silam.

Semenjak saat itu, namanya mulai dikenal sebagai aktor laga top. Gerakan pencak silatnya berhasil memukau para penggila laga baik di Indonesia maupun mancanegara. 

Setelah Merantau, Iko kembali terlibat dalam film laga garapan Gareth lainnya yaitu The Raid. Di situ, ia dipertemukan dengan aktor lainnya seperti Joe Taslim dan Yayan Ruhian. Film yang dibintanginya itupun sukses mendapatkan banyak penghargaan internasional, mulai dari Toronto International Film Festival (2011) hingga Dublin International Film Festival (2012). 

Berkat kepiawaiannya itu, Iko Uwais kemudian mendapatkan banyak tawaran untuk beradu peran dengan artis-artis kawakan luar negeri. Berikut ini deretan film Hollywood yang dibintanginya. 

Baca juga: 5 Artis Indonesia Sukses Hingga Mancanegara, Sekali Main Film Dibayar Rp 167 Juta!

1. Man of Tai Chi

iko uwais
Iko di Man of Tai Chi. (Youtube)

Di tahun 2013, Iko Uwais pernah diajak bermain film oleh aktor kawakan Keanu Reeves. Di situ ia berperan sebagai Gilang yang dipersilakan untuk menunjukkan kebolehan pencak silatnya. Memang sih, di sini Iko gak sampai berduel dengan Reeves, tapi kemunculannya saja udah memberi warna tersendiri buat film ini.

Baca juga: Main di Mortal Kombat, Ini Deretan Film Joe Taslim yang Sukses Mengguncang Hollywood!

2. Star Wars 

iko uwais
Iko dan Yayan Ruhiyan di Star Wars. (Imdb)

Meskipun cuma berakting untuk waktu yang sangat singkat, tampil di film franchise Star Wars sudah sangat membanggakan untuk artis Indonesia. Iko Uwais, bersama dengan Yayan Ruhian berperan sebagai anggota Kanjiklub Gang di film Star Wars: The Force Awakens di tahun 2015 silam. 

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, 5 Artis Ini Pernah Jadi Buruh! Ada yang Kini Jadi Bintang Hollywood

3. Beyond Skyline 

iko uwais
Iko di Beyond Skyline. (Imdb)

Bertarung melawan manusia mungkin sudah biasa bagi Iko, tapi bagaimana kalau lawannya mahluk luar angkasa? Nah kamu bisa melihat aksinya di film garapan Liam O’Donnell Beyond Skyline.

Gak kayak di dua film sebelumnya yang cuma jadi figuran, di sini peran Iko lumayan penting. Ia berperan sebagai pemimpin kelompok gerakan bawah tanah yang aktif dalam memberantas alien-alien yang ingin menguasai Bumi. 

4. Mile 22 

iko uwais
Beradu akting dengan Mark Whalberg di Mile 22. (avsforum)

Lewat Mile 22 yang dirilis pada 2018 lalu, Iko Uwais berhasil mencuri perhatian banyak penonton. Pasalnya, banyak yang menilai aksinya di sana lebih memukau ketimbang bintang utamanya Mark Wahlberg.

Film ini mengisahkan tentang agen spesial yang dipimpin James Silva (Mark Wahlberg) yang bertugas untuk menyelundupkan seorang polisi bernama Li Noor yang diperankan oleh Iko Uwais. Li dinilai sebagai saksi kunci dalam teror yang akan terjadi di Amerika Serikat.  

Gak cuma beradu akting, ternyata Iko juga dipercaya sebagai pengarah gerakan lho! 

5. Triple Threat 

iko uwais
Iko di poster film Triple Threat. (Imdb)

Ngeliat keandalan Iko Uwais melakukan bela diri di sebuah film aja rasanya sudah puas banget, tapi bagaimana kalau tiga ahli bela diri? Nah di film Triple Threat  ia beradu akting dengan ahli bela diri asal China, Tiger Chan, dan ahli Muay Thai, Tony Jaa. 

Ketiganya bertugas sebagai tentara bayaran. Mereka ditugaskan untuk menjaga seorang putri miliarder yang tengah dalam ancaman penculikan. 

6. Aksi Iko Uwais di Stuber

iko uwais
Saat premiere film Stuber. (Instagram/@iko.uwais)

Stuber baru dirilis pada bulan Juli ini. Di sini ia bermain bersama dengan Dave Bautista mantan pegulat WWE sekaligus pemeran Drax di film Guardian of The Galaxy. 

Iko Uwais berperan sebagai tokoh jahat penyelundup narkoba. Gak cuma itu aja, Iko yang memerankan Teiji juga doyan banget membunuh polisi-polisi. Nah aksi jahatnya itu mendapatkan perlawanan gak cuma dari polisi, tapi juga dari Vic yang diperankan oleh Bautista.

Itulah enam film Hollywood yang dibintangi oleh Iko Uwais. Kabarnya sih, saat ini ia juga telah mencapai kesepakatan dengan sutradara asal AS untuk membintangi film Chinatown Express. Wah kita tunggu saja bagaimana aksinya ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.