Ini Deretan Film Superhero Indonesia yang Bakal Menyaingi Hollywood

2 menit
Ilustrasi Nonton Film Superhero (Shutterstock)
Ilustrasi Nonton Film Superhero (Shutterstock)

Film-film bertema pahlawan super (superhero) yang diadaptasi dari komik sedang marak di bioskop-bioskop dalam negeri. Namun kebanyakan film-film tersebut diproduksi di Hollywood.

Sineas Indonesia pun mencoba mengadaptasi pahlawan-pahlawan super yang diangkat dari komik atau cerita bersambung ke layar lebar. Joko Anwar misalnya, sutradara film “Pengabdi Setan” dan “Janji Joni” itu siap merilis film terbarunya “Gundala Putra Petir”.

Film besutannya tersebut rencananya akan dirilis pada Agustus tahun ini. Seperti dikutip dari katadata.co.id, trailer atau potongan singkat film tersebut telah beredar di kanal Youtube sejak Jumat 12 April lalu. Film ini akan menceritakan kisah Sancaka menjadi Gundala yang diangkat dari komik karya Harya Suraminata (Hasmi) pada 1969. 

Selain Gundala, layar bioskop nasional juga akan diramaikan dengan film “Gatotkaca” pada tahun depan. Film yang disutradarai Charles Gozali tersebut rencananya menjadi salah satu dari sekuel “Satria Dewa Universe”.

Tokoh Gatotkaca diadaptasi dari kisah pewayangan yang diceritakan ulang dalam komik “Garudayana” karya Is Yuniarto.

Sejak Dulu Banyak Superhero Indonesia 

Sineas Indonsia sebetulnya sudah banyak memproduksi film-film bertema jagoan. Pada 2018, Angga Dwimas Sasongko menyutradarai “Wiro Sableng 212” yang diangkat dari buku cerita karya Bastian Tito.

Pada era 1970 hingga akhir 1980-an, film nasional juga banyak mengadaptasi komik dan cerita bersambung ke layar lebar. Seperti Si Buta dari Gua Hantu, Rama Superman Indonesia, hingga Jaka Sembung.

Sementara pada masa penjajahan kita juga mengenal banyak pahlawan asli Indonesia seperti Si Pitung, Sedangkan pada layar kaca tentu kita masih ingat nama Saras 008, dan Panji Manusia Milenium.

Belum lagi deretan superhero Indonesia yang berasal dari komik dan belum difilmkan. Contohnya Godam, Zantoro, Aquanus, Volt, Sembrani, Merpati, Kalong, Caroq, Elang Hitam dan banyak lagi.

Bertarung Dengan Superhero Hollywood

Saat ini, eksistensi superhero lokal harus bersaing keras dengan pahlawan dari Amerika Serikat (AS). Di bulan ini saja ada film Shazam, Hellboy, hingga yang paling dinanti Avengers diakhir bulan nanti.

Meski secara publikasi dan popularitas kalah dibandingkan produk Hollywood, namun nyatanya antuasisme publik Indonesia dalam menyaksikan karya lokal gak kalah. Itu terbukti dengan besarnya animo masyarakat Indonesia dalam menonton film pahlawan lokal.

Dengan dukungan yang kuat dari pemerintah, dan lingkungan perfilman nasional, bukan gak mungkin film superhero dalam negeri akan mampu bersaing dengan superhero luar. Jadi, jangan lupa nonton film pahlawan kebanggaan dalam negeri ya.

 

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan