Intip Venue Final Liga Champions Bernilai Rp 3,3 T yang Super Canggih

4 menit
Final Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano (Instagram).
Final Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano (Instagram).

Dua klub sudah siap berlaga di Final Liga Champions, dua-duanya wakil dari Inggris yaitu Liverpool dan Tottenham. Sayangnya, perhelatan itu tidak digelar di Inggris, melainkan di Spanyol.

Keduanya akan beradu di Stadion Wanda Metropolitano. Stadion kandang milik klub Atletico Madrid ini siap menjadi saksi bisu siapa klub terkuat di Eropa tahun 2018-2019. Wanda Metropolitano juga siap menampung puluhan ribu penggemar kedua belah klub.

Wanda Metropolitano memang layak untuk menjadi tempat perhelatan Final Liga Champions 2 Jun 2019 mendatang. Pasalnya, mereka memiliki fasilitas yang canggih yang siap memanjakan suporter Liverpool maupun Tottenham.

Baca juga: Baru Jadi Ibu Muda dan Kesulitan Atur Keuangan? Praktekan Saja 5 Cara Jitu Ini

Bekas stadion atletik

Final Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano
Bekas stadion atletik (Instagram).

Stadion yang bakal menjadi tempat perhelatan Final Liga Champions ini tergolong baru. Berdiri di pinggiran kota Madrid, stadion ini sudah berdiri sejak tahun 1993. Tapi dulu, bukan untuk stadion sepakbola, melainkan untuk arena olahraga atletik.

Karena, pada saat itu Madrid tengah mengajukan diri sebagai tuan rumah Kejuaraan Atletik Dunia tahun 1997, namun mereka kalah dari Athena dan arena ini terpaksa mangkrak hingga tahun 2004.

Tahun 2004, rencana renovasi kembali digalakkan demi memenangkan kualifikasi menjadi tuan rumah Olimpiade 2016. Tapi lagi-lagi Madrid kalah dan tuan rumah Olimpiade jatuh ke tangan Brasil.

Menghabiskan dana Rp 3,8 triliun

Final Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano
Stadion Wanda Metropolitano (Instagram).

Setelah gagal melaju ke Olimpiade 2016, stadion ini kembali mangkrak. Hingga akhirnya tahun 2011 renovasi besar-besaran dilakukan.

Dari arena atletik, resmi dirombak menjadi stadion sepakbola untuk Atletico Madrid. Pembangunan menghabiskan dana yang cukup fantastis, yaitu 208 juta poundsterling atau Rp 3,8 triliunan.

Pembangunan pun selesai di tahun 2017, dengan nama stadion Estadio de La Peineta. Masuklah investor asal China, yaitu perusahaan properti Wanda Group yang kemudian menjadi sponsor utama. Demi kepentingan sponsor, nama stadion berubah jadi Wanda Metropolitano.

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

Stadion terbesar ketiga di Spanyol

Final Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano
Stadion terbesar ketiga di Spanyol (Instagram).

Wanda Metropolitano termasuk ke dalam deretan stadion terbesar di Spanyol, tapi bukan yang pertama. Pertama masih dipegang oleh stadion kebanggaan Barcelona, Camp Nou dengan kapasitas penonton mencapai 99.354 orang. Di urutan kedua ditempati oleh stadion yang juga terletak di Madrid yaitu Santiago Bernabeu dengan kapasitas 85.454 orang.

Baru deh di urutan ketiga ditempati oleh Wanda Metropolitano yang memiliki kapasitas 67.829 penonton, dijamin cukup deh buat menampung para penonton Final Liga Champions yang bakalan membludak. Sebelum direnovasi pada tahun 2011 silam, arena ini hanya mampu menampung 20 ribuan penonton saja.

Sejumlah fasilitas canggih dan lengkap

Final Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano (Instagram).
Memiliki berbagai fasilitas yang lengkap (Instagram).

Stadion ini memiliki konsep yang futuristik dan serba canggih. Dikutip dari Goal, bahkan Wanda Metropolitano merupakan stadion pertama di Eropa yang menggunakan 100 persen lampu LED. Untuk semakin menambah semarak suasana, stadion ini juga memiliki 36 lampu sorot LED yang mampu memancarkan lebih dari 16 juta warna. Kebayang deh saat malam hari pasti bakal indah banget ini stadion.

Sama seperti stadion-stadion modern lainnya, Wanda Metropolitano juga menyematkan jaringan internet super cepat 4G di lingkungan stadion. Hal ini tentu memungkinkan para penonton untuk tetap berkomunikasi atau menjelajahi sosial media dengan cepat meski di tengah-tengah keramaian. Rencananya sih setelah jaringan 5G resmi mengudara, mereka akan segera menggantinya.

Selain itu, di lapangan juga tersedia layar display 360 derajat yang membentang sepanjang 530 m2. Hanya stadion Wanda yang memiliki fitur ini di Spanyol.

Dari sejumlah fasilitas canggih dan lengkap itu, gak heran kalau stadion ini dipilih jadi venue Final Liga Champions.

Baca juga: 6 Kesalahan Fatal yang Sering Terjadi Saat Liburan ke Luar Negeri di Bulan Ramadan

Stadion bintang 5 UEFA dan stadion terbaik tahun 2018

Final Liga Champions
Stadion bintang 5 UEFA dan stadion terbaik tahun 2018 (Instagram).

Organisasi Sepakbola Eropa UEFA telah menyematkan stadion ini sebagai stadion canggih berbintang 5. Penilaian ini didasari atas teknologi yang lengkap dan memadai di dalam stadion. Gak cuma itu saja, stadion yang baru berumur jagung ini juga mendapatkan penghargaan sebagai stadion terbaik di tahun 2018.

Gelar stadion terbaik diberikan oleh World Football Summit Industry, sebuah kongres bergengsi sepakbola tahunan. Ada beberapa aspek yang menjadi indikator penilaian juri, pertama adalah pengalaman para penonton, desain infrastruktur yang menarik, teknologi canggih yang disematkan, pengalaman para pemain, keamanan stadion, dan layanan lainnya seperti kafe dan tempat makan.

Dengan sejumlah fitur dan penghargaan yang diterima Wanda Metropolitano tersebut, wajar saja kalau stadion ini terpilih menjadi tempat dihelatnya aang bergengsi Final Liga Champions. Tapi kira-kira nanti siapa yang menang ya? Liverpool atau Tottenham? (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!