Siap Diunduh! YouTube Hadirkan Layanan Streaming Musik, Biayanya Rp 49 Ribu

4 menit
YouTube Music
YouTube Music

Gak mau kalah dengan Spotify atau Joox, kini Youtube Music hadir sebagai sebuah aplikasi penyedia layanan streaming musik di Indonesia.

Nama YouTube tentu sudah cukup kuat di telinga masyarakat. Semua orang kenal YouTube di bandingkan Google yang meluncurkan produk layanan streaming musik dengan nama lain.

Lalu, sudah pasti aplikasi ini bakal mengandalkan teknologi Google, perusahaan teknologi raksasa di dunia.

Ingin tahu fakta seputar aplikasi ini? Yuk, kenali fitur-fitur canggihnya di sini:

1. YouTube Music gunakan teknologi Google Smart Search

Youtube Music
Gunakan teknologi Google Smart Watch

Kalau bingung mencari sesuatu, cara tergampang yang bisa kita lakukan adalah “tanya mbah Google.” Setuju gak?

Gak dipungkiri, mesin pencarian Google memang sudah jadi ensiklopedia berjalan buat kita semua. Teknologi Google Smart Search ini ternyata disematkan untuk YouTube Music.

“Tidak sulit mencari lagu di aplikasi ini. Seandainya kamu gak tahu judul dan penyanyinya tapi tahu liriknya, silakan ketik di kolom search, maka deretan lagu akan keluar,” ujar Group Product Manager Google, Brandon Bilinski, dalam virtual konferensi pers di kantor Google Indonesia, 5 November 2019.

Itu yang pertama, dan masih banyak lagi keunggulan dari aplikasi musik tersebut yang benar-benar gak dimiliki aplikasi lainnya. 

Baca juga: Cara Monetisasi Akun Youtube yang Gampang dan Gak Pakai Ribet

2. Bisa putar video

Youtube Music
Bisa putar video

Bukan cuma musik yang diputar di sini, video klip pun bisa. Ketika lagu diputar, maka akan ada pilihan di bagian atas untuk mengubahnya ke mode video. Jika kamu klik, ya lagu itu akan berubah jadi video klip.

Gak cuma video klip saja, rekaman live hingga cover musik juga bisa diputar di aplikasi ini. 

Anggap saja, kamu ingin mendengarkan lagu “Love of My Life” miliknya Queen yang di-cover akustik oleh Sungha Jung, kamu gak perlu buka aplikasi YouTube, tapi pakai YouTube Music saja. Lebih cepat dan kualitas audionya tentu lebih mantap.

Bilinski menambahkan, YouTube Music ini memang hadir untuk memberikan pengalaman premium buat kamu semua mendengarkan musik. 

Kalau dipikir-pikir, aplikasi ini bisa video lantas apa bedanya sama aplikasi YouTube yang biasa kita gunakan? 

Video-video di YouTube Music hanya menyediakan konten yang berkaitan dengan musik saja. Mereka juga punya kolom Hot List yang isinya kumpulan video terbaru dan terpopuler. 

3. Rekomendasi musik secara otomatis

Youtube Music
Rekomendasi musik secara otomatis

Ini juga merupakan salah satu fitur yang cukup unik. Aplikasi ini akan memberikanmu rekomendasi musik berdasarkan musik-musik apa yang seringkali kamu dengarkan. 

Dengan melakukan sign in di aplikasi ini lewat akun Google, maka Google sudah bisa membaca lagu-lagu apa yang sering kamu dengarkan di YouTube. So, mereka gak bakal kesulitan lagi mencari rekomendasi buatmu.

Tapi, kecanggihan fitur ini gak cuma berakhir sampai di situ. Aplikasi streaming musik dari YouTube ini juga bisa memberikanmu rekomendasi musik “berdasarkan lokasi di mana kamu berada.”

Misalnya, pagi-pagi kamu mau nge-gym nih dan kamu masuk ke aplikasi ini. Lokasi gym akan terbaca oleh Google, dan lagu-lagu up beat bakal terputar otomatis biar workout-mu jadi lebih semangat.

Begitu pula saat tidur, maka lagu-lagu slow yang bikin ngantuk juga bisa direkomendasikan lho

4. Ribuan playlist

Youtube Music
Ribuan playlist

Playlist di YouTube Musics ada banyak sekali. Kamu bisa mencari lagu-lagu paling hits saat ini lewat playlist yang sudah tersedia di sana.

Kamu bisa cari playlist mana pun yang kiranya sesuai dengan mood untuk didengarkan hari ini. Tertarik mencoba? 

Biayanya untuk layanan YouTube Music Premium ini cuma Rp 49 ribu saja. Kamu juga bisa menggunakan Family Plan hingga Premium Family Plan agar bisa memanfaatkan fitur enam akun, mirip fiturnya Netflix gitu deh. Biayanya mulai dari Rp 75 ribu perbulan.

Dengan menggunakan fitur premium ini, tentunya selain bebas iklan kamu juga bisa mengunduh lagu-lagunya dan memutarnya secara offline.  

5. YouTube Premium juga meluncur

Youtube Music
YouTube Premimu juga meluncur (Instagram/@youtube music)

Bersamaan dengan meluncurnya aplikasi musik, muncul pula layanan YouTube Premium di Indonesia. Layanan ini sifatnya berbayar, dan ada keuntungannya.

Dengan membayar Rp 59 ribu perbulan, tentu saja iklan-iklan di YouTube bakal hilang. Kamu juga bisa men-download video. 

Gak sampai di situ juga, dengan membayar layanan YouTube Premium, kamu bisa mendapatkan benefit dari YouTube Music Premium secara otomatis. 

Gimana, menarik gak? Kalau mau musik bebas iklan saja Rp 49 ribu, tapi dengan nambah Rp 10 ribu kamu bisa dapat fitur bebas iklan juga untuk situs YouTube yang biasa. 

Yang paling penting dari semua ini adalah, aplikasinya sudah bisa di-download di Google Playstore dan iOS App Store! Kamu pun bisa dapat tawaran perkenalan khusus tiga bulan gratis untuk YouTube Premium, asyik kan!

Itulah sekilas mengenai aplikasi YouTube yang baru ini. Kira-kira bakal jadi layanan streaming nomor satu gak nih di Indonesia? Kita tunggu saja! (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Pensiunan jurnalis, praktisi humas, dan seseorang sempat aktif di dunia beladiri campuran. Sekarang telah menjadi perencana keuangan yang sangat antusias dengan hal-hal yang berkaitan dengan pasar modal.