Kekayaannya Fantastis, Forbes Kembali Rilis Daftar 10 Orang Paling Kaya di Dunia

2 menit
Shutterstock
Shutterstock

Majalah bisnis dan keuangan Amerika Serikat (AS) Forbes kembali merilis daftar orang paling kaya di dunia atau Forbes World’s Billionaires 2019. Dalam laporannya Forbes mengatakan jika kekayaan taipan dunia kembali menyusut.

Berkurangnya harta orang paling kaya di dunia ini merupakan kali kedua dalam satu dekade terakhirBerdasarkan data terkini Forbes, terdapat 2.153 miliuner di dunia atau turun 55 dibandingkan tahun lalu.

Dari jumlah tersebut, 994 orang mencatatkan penurunan jumlah aset dibandingkan tahun lalu. Ini menunjukkan jika orang terkaya di dunia sekalipun terkena dampai tekanan ekonomi dan melemahnya pasar saham.

Jeff Bezos Masih Terkaya di Dunia

Pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos kembali menduduki posisi puncak daftar Forbes World’s Billionaires 2019 atau menjadi orang terkaya di dunia. Pemilik 16 persen saham raksasa e-commerce Amazon itu tercatat memiliki nilai aset bersih US$ 131 miliar atau sekitar Rp 1.854 triliun.

Ini adalah tahun kedua ia menduduki posisi teratas setelah menggeser Bill Gates pada 2018 lalu. Tahun lalu, Amazon mencatatkan pendapatan US$ 230 miliar dan laba bersih yang mencetak rekor sebesar US$ 10 miliar atau naik US$ 3 miliar dibandingkan 2017.

Selain mendirikan Amazon, Bezos juga memiliki surat kabar The Washington Post dan Blue Origin. Sebuah perusahaan teknologi luar angkasa yang mengembangkan roket untuk digunakan secara komersial.

Di posisi kedua, ada pendiri Microsoft dan filantropis, Bill Gates, dengan total nilai aset US$ 96,5 miliar. Setelah mendirikan Microsoft dengan rekannya, Paul Allen, Gates kini telah melepas sebagian besar kepemilikan sahamnya dan hanya memiliki sekitar 1 persen dari saham Microsoft.

Ia berinvestasi di berbagai macam saham dan aset-aset lainnya. Bersama istrinya, Melinda, Gates mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan amal swasta terbesar di dunia. Mereka bekerja untuk meningkatkan kualitas kesehatan global dan bekerja sama dengan Rotary International untuk memberantas polio.

Hingga saat ini, Gates telah mendonasikan saham Microsoft senilai US$ 35,8 miliar kepada Gates Foundation, tulis Forbes. Di posisi ketiga ada investor paling sukses di dunia, Warren Buffett. Pria berjulukan Oracle of Omaha ini mencatatkan nilai aset US$ 82,5 miliar.

Buffett saat ini masih menjalankan perusahaan Berkshire Hathaway yang memiliki sekitar 60 perusahaan, termasuk perusahaan asuransi Geico, pembuat baterai Duracell, dan restoran Dairy Queen.

Dirinya kali pertama membeli saham di usia 11 tahun dan membuat laporan pajak di usia 13 tahun. Ia berjanji untuk mendonasikan 99 persen kekayaannya. Pada 2018, ia tercatat mendonasikan US$ 3,4 miliar kekayaannya. Sebagian besar di antaranya disumbangkan ke yayasan milik sahabat sesama miliunernya, Bill & Melinda Gates Foundation.

Daftar Lengkap Orang Paling Kaya Sejagat

Berikut adalah daftar lengkap 10 besar orang terkaya di dunia seperti dikutip dari majalah Forbes.

  1. Jeff Bezos, pendiri dan CEO Amazon, nilai kekayaan US$ 131 miliar (Rp 1.854 triliun).
  2. Bill Gates, pendiri Microsoft, nilai kekayaan US$ 96,5 miliar (Rp 1.365 triliun).
  3. Warren Buffett, pemilik Berkshire Hathaway, nilai kekayaan US$ 82,5 miliar (Rp 1.167 triliun).
  4. Bernard Arnault dan keluarga, pemilik perusahaan fashion LVMH, nilai kekayaan US$ 76 miliar (Rp 1.075 triliun).
  5. Carlos Slim Helu dan keluarga, pemilik perusahaan telekomunikasi terbesar di Amerika Selatan America Movil, nilai kekayaan US$ 64 miliar (Rp 905 triliun).
  6. Amancio Ortega, pendiri perusahaan fashion Zara dan merupakan orang terkaya di Eropa, nilai kekayaan US$ 62,7 miliar (Rp 887 triliun).
  7. Larry Ellison, pendiri perusahaan piranti lunak Oracle, nilai kekayaan US$ 62,5 miliar (Rp 882 triliun).
  8. Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook, nilai kekayaan US$ 62,3 miliar (Rp 879 triiun).
  9. Michael Bloomberg, pendiri perusahaan media Bloomberg LP, nilai kekayaan US$ 55,5 miliar (Rp 784 triliun).
  10. Larry Page, pendiri Google, nilai kekayaan US$ 50,8 miliar (Rp 717 triliun).

 

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan