Penampilan Makin Stylish dan Berkelas! Ini Cerita di Balik Karya Elegan Fossil

4 menit
Jam tangan dan tas Fossil (Instagram/@fossil)
Jam tangan dan tas Fossil (Instagram/@fossil)

Fossil, brand yang identik dengan jam tangan hingga tas kulit dan aksesori pendukung penampilan masih tetap menjadi pilihan banyak orang. Padahal, banyak brand baru muncul di pasaran.

Aksesori, baik untuk pria maupun wanita tidak bisa dipisahkan dalam penampilan. Salah satu aksesori yang selalu disukai kaum wanita dan pria yang tak pernah lekang waktu adalah, jam tangan.

Meski pilihan jam tangan kini sangat beragam, aksesori satu ini tidak hanya dianggap sebagai fashion item saja, melainkan juga dianggap memiliki nilai investasi tinggi.

Salah satu jam tangan dengan nilai fashion item dan investasi tinggi ialah Fossil. Meski banyak bermunculan merek jam tangan, Fossil merupakan brand yang hingga saat ini masih digemari dan memiliki nilai jual tinggi.

Penasaran mengenai brand satu ini dan bagaimana caranya bisa bertahan dari masa ke masa? Simak pemaparannya di sini:

Sejarah Jam Tangan Fossil

Jam tangan Fossil (Instagram/@fossil)
Jam tangan Fossil (Instagram/@fossil)

Didirikan pada tahun 1984 oleh Tom Kartsotis yang dulunya seorang mahasiswa universitas ternama di Texas, perusahaan ini pada tahun 1990 memperkenalkan produk berbahan kulit dengan jam tangan tersebut.

Keinginan menguasai pasar jam tangan saat itu semakin kuat ketika Fossil mulai mengakuisisi sebuah merek jam tangan asal Swiss yakni Zodiac Watches yang berdiri pada tahun 1882, dan merek  Michele watch pada tahun 2004.

Seiring berjalannya waktu, mereka kembali membuka cabang manufaktur di berbagai negara yang cukup maju, guna memenuhi kebutuhan pemasaran di berbagai penjuru dunia.

Baca juga: 9 Brand Fashion Ini Termahal di Dunia, Louis Vuitton Teratas!

Tak lekang waktu

Jam tangan Fossil (Instagram/@fossil)
Jam tangan Fossil (Instagram/@fossil)

Jam tangan ini dikenal memiliki desain yang klasik dan tidak lekang termakan zaman, sederhana dan relevan.

Brand satu ini juga merupakan produsen dan distributor berlisensi untuk merek ternama seperti Burberry, DKNY, Emporio Armani, Armani Exchange, Tory Burch, Kate Spade, Michael Kors, Marc oleh Marc Jacobs, Skagen Designs, Michele, dan Adidas.

Keindahan desain merek ini awalnya dirancang oleh Lynne Stafford, yang terinspirasi oleh sebuah iklan di media cetak pada 1930-an.

Istri Kartsotis kemudian menciptakan desain baru bergaya retro. Desain tersebut banyak menarik perhatian sehingga membuat merek itu semakin terkenal.

Kolaborasi dengan Philippe Starck, sang desainer kawakan asal Prancis yang menciptakan model–model dan varian terbaru dari jam tangan Fossil, menjadi penentu keberhasilan dan kesuksesan Fossil.

Baca juga: Mau Tampil Gaya dengan Tas Branded tapi Harganya Kemahalan? Sewa di Sini Aja

Memiliki desain baru

Jam tangan dan tas Fossil (Instagram/@fossil)
Jam tangan dan tas Fossil (Instagram/@fossil)

Brand ini telah mengembangkan lebih dari 12.000 desain baru tahun lalu, dan meluncurkan sekitar 2.000 atau 3.000 produk ke pasar.

Shannon Washburn, Vice President, Watch Product Development, mengatakan pasar Fossil sangat unik. Pasalnya, mereka memiliki strategi pasar tersendiri dan nilai fesyen sangat menarik.

Bahkan, pada tahun ini Fossil baru saja mengeluarkan jam tangan pintar untuk koleksi Spring/Summer 2017. Koleksi tersebut memberi varian smartwatch dari seri Fossil Q Wearables.

Jam tangan satu ini hadir untuk pria dan wanita dengan desain yang klasik dan ikonik. Terlebih, koleksi baru ini  terbagi dalam dua desain, yaitu seri touchscreen dan analog.

Kedua  tipe tersebut bisa terhubung langsung dengan smartphone dengan fungsi untuk menerima panggilan telepon, mengambil foto, mengendalikan musik dan menghitung kalori dalam langkah Anda.

Selain jam tangan, brand satu ini juga mengeluarkan beberapa produk fesyen lain di antaranya, kaca mata, fesyen berbahan kulit, seperti dompet dan tas.

Preloved

Jam tangan dan tas Fossil (Instagram/@fossil)
Jam tangan dan tas Fossil (Instagram/@fossil)

Meski telah dipasarkan di berbagai konter resmi beberapa mal di Jakarta, antara lain Plaza Indonesia, Pondok Indah Mall 2, Lotte Shopping Avenue, Plaza Senayan, Central Park, Grand Metropolitan Bekasi, dan lainnya.

Koleksi brand satu ini  juga dapat ditemui di URBAN ICON store yang membuka outlet di Grand Indonesia, Senayan City, Central Park, Plaza Indonesia, Kota Kasablanka, Summarecon Mall Bekasi dan sebagainya.

Namun, para pencinta brand asal Amerika Serikat ini tetap memburu item terfavorit hingga ke seller online, meski barang tersebut ada yang second alias preloved.

Seller online ini berani pasang harga murah dibanding counter resmi karena rata-rata langsung dapat dari supplier di luar negeri, atau dibawa hand carry, atau belinya di outlet di luar yang harganya didiskon jauh banget dari harga asal. Biasanya beda harga dengan yang di toko bisa mencapai Rp 500 ribu per item.

Memburu barang secara preloved kalau lagi hoki malah bisa dapat dengan kondisi yang masih sangat baik, tetapi harga yang jauh banget dengan yang ada di toko. Apalagi, kualitas produk brand ini awet dan tahan lama.

Itulah beberapa fakta menarik tentang brand ternama satu ini. Buat kamu yang keranjingan dengan produk satu ini, semoga informasi tadi bermanfaat ya.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.