Intip Nyamannya Rumah-Rumah Keluarga SBY Lewat Jepretan Ibu Ani Yudhoyono

5 menit
kristiani herrawati ani yudhoyono
Ibu Ani Yudhoyono. (Instagram/@aniyudhoyono)

Perjuangan Ibu Kristiani Herrawati melawan penyakit kanker akhirnya usai pada Sabtu, 1 Juni 2019. Perempuan yang lebih dikenal sebagai Ibu Ani Yudhoyono ini tutup usia di National University Hospital Singapura.

Ungkapan duka cita pun mengalir dari masyarakat Indonesia, mengiringi kepergian istri mantan Presiden Indonesia ke-6 ini. Masyarakat mengenal Ibu Ani sebagai wanita hebat yang selalu mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), termasuk saat memimpin Indonesia selama 10 tahun.

Masyarakat juga mengenal Ibu Ani sebagai seorang ibu negara yang sangat menggemari dunia fotografi. Kita sudah gak kaget melihat putri ketiga Letjen (Purn) Sarwo Edhie Wibowo ini kerap menyandang kamera berlensa panjang di pundaknya, selagi menemani SBY melaksanakan acara kenegaraan.

Gak hanya diunggah ke akun media sosialnya, karya-karya Ibu Kristiani Herrawati ini juga pernah dipajang di sebuah pameran dan dijadikan sebuah buku lho. Hal ini tentu membanggakan, melihat bahwa ilmu fotografi Ibu Ani didapat secara otodidak.

Dikutip dari Detik, Ibu Ani Yudhoyono pernah mengatakan, dirinya mulai tertarik fotografi sejak remaja ketika melihat ayahnya membuat foto keluarga. Nyatanya, kini gak sedikit jepretan Kristiani Herrawati yang bertemakan keluarga.

Hasil-hasil foto yang dipamerkan Ibu Ani ke media sosial memang tak semuanya menggunakan kamera profesional. Tak sedikit juga yang memakai kamera smartphone. Namun, tetap gak hilang kok kebahagiaan keluarga yang tergambar lewat foto-foto tersebut.

Yang menarik, banyak sekali foto-foto yang berlatar di rumah, entah itu di kediaman SBY di Puri Cikeas dan Kuningan, maupun kediaman kedua putra mereka. Kita jadi bisa melihat seperti apa penampakan kediaman keluarga mereka.

Penasaran seperti apa penampakan rumah-rumah keluarga SBY lewat jepretan Ibu Kristiani Herrawati? Yuk simak! Nyaman banget lho.

Baca juga: Ani Yudhoyono Suka Fotografi, Ini 5 Ibu Negara Indonesia yang Juga Punya Hobi Menarik

Halaman rumput, meja dan kursi kayu

kristiani herrawati ani yudhoyono
Instagram/@aniyudhoyono

Foto jepretan Ibu Ani ini diambil dari angle yang unik. Jarang-jarang kan kita lihat sosok SBY dari atas. Komposisi warna yang pas antara hijaunya rumput dan coklatnya kursi dan meja kayu bikin foto ini sedap dipandang.

Bisa jadi foto ini diambil di kediaman SBY di Puri Cikeas. Sebab, rumah SBY itu memang memiliki halaman yang luas.

Baca juga: Wafat di Usia 66 Tahun, Ini Deretan Prestasi yang Pernah Diraih Ibu Ani Yudhoyono

Ruang kerja dengan karpet merah

kristiani herrawati ani yudhoyono
Instagram/@aniyudhoyono

Kebahagiaan keluarga SBY juga terpancar lewat foto di ruang kerja ini. Ibu Kristiani Herrawati menjepret sang suami bersama ketiga cucunya.

Ruang kerja berkarpet merah tempat mereka berfoto pun seperti ruang kerja kebanyakan. Ada meja dengan alat-alat tulis dan agenda di atasnya. Ada juga dua rak besar yang penuh berisi buku.

Baca juga: Di Balik Sukses SBY dan Jokowi, Ini Kisah Inspiratif Sofjan Wanandi

Jendela besar gaya Eropa

kristiani herrawati ani yudhoyono
Instagram/@aniyudhoyono

Di foto ini terlihat SBY memangku cucunya sembari duduk di kursi taman yang terbuat dari logam. Tamannya sendiri dipasangi tegel dari batu alam.

Sebagai latar, ada jendela besar bergaya Eropa lengkap dengan tirainya. Gak disebutkan di mana lokasinya, tapi yang jelas pasti di salah satu rumah keluarga SBY.

Ruang makan dan ruang keluarga

kristiani herrawati ani yudhoyono
Instagram/@aniyudhoyono

Di foto lain, Ibu Kristiani Herrawati kembali mengangkat tema keakraban keluarga, antara kakek dan para cucu. Berdasarkan caption, latar waktu adalah saat SBY menemani dua cucunya sedang sarapan pagi.

Meja makan diletakkan di belakang sofa depan tv. Penataan ini cukup efisien, karena satu ruangan besar jadi punya dua fungsi, untuk ruang makan sekaligus ruang keluarga.

kristiani herrawati ani yudhoyono
Instagram/@aniyudhoyono

Kalau yang ini penampakan sisi ruang keluarganya. Di situ ada satu sofa besar dan dua sofa kecil yang tepiannya dilapisi material mirip logam. Meja yang diletakkan di tengah pun unik karena seperti peti besar dari logam dan berpelisir kayu.

Ruang makan dengan furnitur klasik

kristiani herrawati ani yudhoyono
Instagram/@aniyudhoyono

Nah, kalau yang ini mungkin di ruang makan rumah yang berbeda dari foto sebelumnya. Sebab, mejanya tidak dipasangi taplak dan furniturnya pun bergaya klasik dengan ukir-ukiran.

Di belakang, ada lemari besar yang difungsikan untuk meletakkan berbagai pajangan.

Ruang bermain

kristiani herrawati ani yudhoyono
Instagram/@aniyudhoyono

Ruang bermain ini ada di kediaman Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang akrab disapa Ibas. Ruangan berlantai marmer ini luas banget. Hal itu kelihatan dari pantulan yang terlihat di cermin lemari closet.

Wah, kalau ruangan bermainnya kayak gini, main sepeda-sepedaan pun gak khawatir nabrak perabotan rumah ya.

kristiani herrawati ani yudhoyono
Instagram/@aniyudhoyono

Kalau foto kedua ini sepertinya diambil di ruang bermain lainnya. Soalnya, lantainya bermotif kayu dan ada tempat tidur lengkap dengan kasurnya.

Senangnya anak-anak Ibas. Kalau udah lelah bermain ya sudah, tinggal merebahkan diri aja deh di kasur.

Ruang rekreasi

kristiani herrawati ani yudhoyono
Instagram/@aniyudhoyono

Ternyata Ibu Kristiani Herrawati ini juga pernah mengunggah foto SBY sedang dipangkas rambutnya lho. Ruangan tempat SBY bercukur nampaknya semacam ruang rekreasi.

Di ruangan bercat dinding krem itu ada sebuah kursi pijat. Di dekat jendela, ada sebuah treadmill.

Ruang tamu bergaya minimalis

kristiani herrawati ani yudhoyono
Instagram/@aniyudhoyono

Di foto lainnya, Ibu Ani Yudhoyono menjepret sang cucu, Almira Tunggadewi Yudhoyono, putri AHY dan Annisa Pohan. Almira bersandar di sebuah sofa putih bergaya minimalis

Teras dengan pintu kayu besar

kristiani herrawati ani yudhoyono
Instagram/@aniyudhoyono

Langkah kecil sang cucu terabadikan dalam foto Ibu Ani yang satu ini. Sang cucu berjalan di atas karpet yang melapisi sebagian teras depan rumah.

Di bagian belakang tampak rumah dengan pilar beton dan dinding bermotif batu alam. Terlihat juga jendela besar dan pintu besar hitam dengan motif di bagian tengahnya.

Itulah deretan foto Ibu Kristiani Herrawati yang menampilkan kebahagiaan sekaligus kenyamanan rumah keluarga besar mereka. Karya-karya Ibu Ani Yudhoyono ini tentu akan menjadi kenangan yang tak tergantikan bagi SBY dan keluarga.

Ruben Setiawan

Pembelajar yang selalu mencoba hal-hal baru untuk dipahami. Semoga selalu bisa memberikan informasi bermanfaat bagi pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan