Senilai Rp 33 Miliar, Ini Penampakan Rumah Fuad Amin, Koruptor yang Juga Mantan Bupati Madura

4 menit
Fuad Amin saat menghadiri sidang di Tipikor (Tempo Store)
Fuad Amin saat menghadiri sidang di Tipikor (Tempo Store)

Salah satu rumah mewah milik koruptor, Fuad Amin Imron, ternyata sedang dilelang. Rumahnya keren abis, tapi, nilai limitnya luar biasa yaitu Rp 33 miliar!

Hunian mewah ini beralamat di Jl. Cipinang Cempedak ll No.25A Rt. 011/06, Kel. Cipinang Cempedak, Kec.Jatinegara, Jakarta Timur. Menurut informasi dari situs lelang.go.id, jika kamu memang ingin memiliki hunian ini, maka kamu harus menyiapkan uang jaminan sebesar Rp 7 miliar.

Batas akhir penyerahan jaminannya juga masih lama kok yaitu tanggal 27 Mei 2019. Sementara itu, batas akhir penawaran 28 Mei 2019, pukul 11.00 siang. Gimana, tertarik gak?

Buat yang penasaran sama penampakannya, yuk kita simak saja ulasan lengkapnya di bawah sini.

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Seperti istana

Rumah Fuad Amin
Rumah megah seperti istana tetapi sudah tak terawat (LelangKemenkeu)

Bicara soal penampakan rumah Fuad Amin, yang jelas rumah ini memang kayak istana yang sangat megah. Pagar rumah ini tingginya mencapai 2 meter.

Gak heran kalau limitnya saja sampai Rp 33 miliar. Rumah seleb di mana pun masih kalah mewah sama penampakan rumah ini.

Sejatinya, Cipinang Cempedak juga menjadi salah satu kawasan perumahan elit yang terletak di Jakarta Timur. Kawasan ini gak jauh dari Otista dan Kampung Melayu, tapi memang masih agak jauh dari Stasiun Kereta Jatinegara.

2. Halaman rumahnya kurang lebih 20 meter

Rumah Fuad Amin
Halaman depan rumah Fuad (LelangKemenkeu).

Jarak dari gerbang depan menuju rumah ternyata cukup panjang dan luas lho. Mungkin kurang lebih mencapai Rp 20 meter ya.

Yang jelas, parkiran rumah ini memang sangat luas. So, gak perlu khawatir ketika mau open house mengundang banyak orang ke rumah.

Sementara itu bangunan rumahnya menggunakan atap bermodel tenda. Bangunan dua lantai memang cukup unik, kamu bisa ornamen berbentuk jendela yang terlihat di bagian kiri. Bagian itulah yang membuat penampakan rumah ini megah kayak istana.

Sayangnya, bangunan ini memang terlihat gak keurus. Perhatikan saja penampakan cat rumahnya yang sudah kusam, banyaknya rumput liar di halaman, dan ubin batu halaman depannya yang sudah coak.

Tentunya, siapapun yang nanti memenangkan lelang bakal keluar duit gede untuk renovasi.

Kabarnya pagar depannya juga sudah berkarat lho. Dan pintu garasinya yang terbuat dari kayu juga sudah gak terurus, mesti dipernis ulang deh.

Baca juga: Bikin Ngelus Dada, Ini Harga Deretan Mobil Sport Milik 3 Koruptor Indonesia

3. Interiornya lapang banget

Rumah Fuad Amin
Interiornya luas dan lega (Lelang.Kemenkeu).

Interior rumah Fuad Amin juga keren banget. Tapi yang lebih penting diketahui adalah, ukurannya yang cukup lebar dan lapang.

Gak banyak sekat di dalam rumah ini, dan terlihat jelas bahwa ruang tamunya berwujud seperti aula rumah bangsawan. Terlihat tangga melingkar yang membuat penampakan interior jadi makin mewah.

Di samping itu, lampu kristal berukuran besar juga makin memperindah isi ruangan.

Dulu mungkin di ruangan inilah pak Fuad menerima tamu-tamu penting. Dan pasti di ruangan ini pulalah terlihat perabotan yang mahal.  

4. Terdapat satu ruangan yang berlantai kayu

Rumah Fuad Amin
Salah satu ruang yang memiliki lantai kayu (Lelang.Kemenkeu).

Terdapat satu ruangan di rumah Fuad Amin yang terlihat sangat cantik. Ruangan ini dindingnya dibalut dengan wallpaper motif daun berwarna krem, sementara itu bagian tengahnya berwarna cokelat.

Lantainya dilapisi panel kayu yang yang cukup artistik. Kira-kira dulu dipakai buat apa ya ruangan ini?

Bisa jadi buat tempat nonton televisi atau kamar. Lantaran di ruangan lain, lantainya bukan kayu melainkan ubin biasa.

5. Interiornya kotor banget

Rumah Fuad Amin
Interiornya sudah kotor (Lelang.Kemenkeu)

Bisa dibilang dinding dalam rumah ini memang diselimuti wallpaper, hanya saja wallpapernya berwarna putih kekuningan. Seiring dengan berjalannya waktu, dinding rumah ini pun jadi kotor banget karena rumahnya gak keurus.

Lantai di rumah ini yang berwarna putih juga terlihat sangat dekil karena gak dipel dalam waktu lama.

Sayang banget ya, semoga saja rumah ini berpindah ke tangan yang tepat dalam waktu dekat. Biar ada yang ngurus.

6. Ada kolam renang

Rumah Fuad Amin
Ada kolam renang di halaman belakang (Lelang.Kemenkeu)

Terdapat kolam renang di halaman belakang rumah Fuad Amin yang kondisinya sekarang sudah memprihatinkan. Di dekat kolam, ada gazebo mini juga yang bisa dipakai buat bersantai.

Dipastikan mereka yang membeli rumah ini bakal capek deh untuk merenovasi bagian belakang rumahnya. Coba saja kamu lihat sendiri penampakannya sekarang. Jasa tukang kebun mungkin gak akan cukup untuk membereskan ini semua.

Itulah penampakan rumah mewah yang dulu ditempati mantan Ketua DPRD Bangkalan dan Bupati Madura.

Pria ini terpaksa diamankan oleh KPK atas dugaan suap. Fuad dikabarkan menerima uang dari petinggi PT MKS Antonius Bambang Djatmiko sebesar Rp 18,05 miliar guna memuluskan perjanjian kerja sama antara PT MKS dan PD Sumber Daya, serta memberikan dukungan untuk PT MKS kepada Kodeco Energy terkait permintaan penyaluran gas alam ke Gili Timur.

Selain itu, Fuad Amin juga dituduh melakukan praktik money laundering dengan mengalihkan harta kekayaannya ke sejumlah rekening di bank. Minat untuk membeli rumahnya? (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.