Ingin Gadai BPKB di Pegadaian? Cari Tahu Dulu Kelebihan dan Kekurangannya Ini!

3 menit
Menggadaikan kendaraan di Pegadaian (Instagram).

Saat butuh dana cepat dan mendesak, gadai BPKB kendaraan menjadi salah satu cara yang banyak dipilih orang.

Kalau mengajukan pinjaman di bank, butuh waktu lama. Sedangkan pinjam uang ke kerabat, penuh dengan drama. Syukur kalau dikasih, bisa-bisa cuma jadi bahan cibiran doang.

Proses yang ditawarkan oleh lembaga penyedia gadai juga biasanya cepat, bahkan gak sampai 30 menit. Dokumen persyaratannya juga mudah, hanya KTP, KK serta barang yang ingin digadaikan.

Itulah mengapa gak sedikit orang yang memilih untuk menggadaikan barang atau surat berharga yang ada di rumah saat membutuhkan dana mendesak.

Walau begitu, kamu tetap harus memilih lembaga yang aman dan terpercaya jika ingin “menyekolahkan” BPKB kendaraan milikmu. Salah satunya harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

Nah, salah satu lembaga non bank milik Pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Pegadaian menjadi yang paling banyak dipilih orang saat ingin menggadaikan BPKB maupun barang berharga lainnya.

Buat kamu yang ingin menggadaikan BPKB kendaraan bermotor kamu, baik mobil dan motor di Pegadaian. Lebih baik simak dulu kelebihan dan kekurangannya di bawah ini:

Baca juga: 6 Bedak Tabur Murah yang Cocok Untuk Kantong Mahasiswa, Bikin Kamu Makin Cantik

Kelebihan gadai BPKB di Pegadaian

Gadai BPKB di Pegadaian (Instagram).

1. Persyaratan mudah

Saat ingin menggadaikan BPKB, ada beberapa dokumen yang harus kamu lengkapi sebagai persyaratannya dalam bentuk asli dan fotokopiannya, yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan juga Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

2. Pencairan dana cepat

Selain persyaratannya mudah, proses pencairannya juga terbilang cepat yaitu hanya memakan waktu berkisar 15 menit aja dari proses pengajuan hingga dana pinjaman cair.

Dana bisa kamu terima dalam bentuk uang cash atau bisa juga langsung di transfer ke rekening kamu. Jadi, memang tepat banget buat kamu yang butuh dana cepat.

Baca juga: Punya Mata Panda? Ini Rekomendasi Eye Cream Murah Terbaik yang Bisa Dipilih

3. Tak perlu membuka rekening tabungan untuk proses pencairan pinjaman

Jika kamu mengajukan pinjaman di bank, setidaknya kamu harus memiliki rekening tabungan di bank tersebut. Tapi berbeda dengan Pegadaian. Karena bentuknya adalah lembaga non bank, maka kamu gak perlu membuka rekening tabungan untuk pencairan dananya.

4. Terpercaya dan aman

Gadai BPKB di Pegadaian tentu saja sudah terjaga keamanannya. Karena seperti yang sudah disebutkan di atas kalau Pegadaian itu merupakan lembaga milik Pemerintah. Jadi, udah gak perlu diragukan lagi keamanan barang yang kamu jaminkan.

Selain itu, barang milikmu juga akan diasuransikan, sehingga kamu udah gak perlu khawatir kalau barangmu akan rusak. Jika hal itu terjadi, maka pihak Pegadaian akan menggantinya.

5. Ada masa tenggang pelunasan tanpa bunga dan bisa diperpanjang

Kelebihan lainnya gadai BPKB di Pegadaian adalah adanya masa tenggang pelunasan selama dua minggu setelah jatuh tempo tanpa dikenakan bunga.

Selain itu, jika sampai masa tenggang sudah habis tapi kamu belum bisa melunasinya, maka kamu bisa memperpanjang jangka waktu cicilan secara berkala sampai kamu bisa melunasi cicilan dengan membayar sewa bunganya saja.

Meskipun memiliki banyak kelebihan yang ditawarkan, Pegadaian juga memiliki kelemahan yang bisa kamu jadikan pertimbangan saat ingin menggadaikan BPKB milikmu. Apa saja?

Kelemahan gadai BPKB di Pegadaian

Menggadaikan motor di Pegadaian (Instagram).

1. Barang akan ditahan

Salah satu kelemahan gadai BPKB di Pegadaian adalah barang akan ditahan selama pinjaman belum dilunasi. Jadi, kamu juga harus menyerahkan kendaraan milikmu.

Terkecuali kamu memilih pembiayaan Pegadaian Kreasi dan Arrum, tapi jenis pinjaman itu hanya diperuntukkan untuk kamu yang ingin mengembangkan bisnis. Jadi, kendaraannya bisa tetap digunakan untuk keperluan usaha.

2. Nominal jumlah kredit masih terbatas

Karena persyaratannya yang mudah dan proses pencairannya yang sangat cepat, nominal jumlah pinjaman yang diberikan pun terbilang masih sangat terbatas.

Hal itu tentu saja berbeda dengan bank yang dapat memberikan pinjaman besar. Karena balik lagi, proses dan persyaratannya pun sangat mudah.

3. Usia kendaraan kurang dari 5 tahun dan pajak kendaraan hidup

Kelemahan terakhir adalah usia kendaraan tidak boleh lebih dari 5 tahun. Jika lebih, kemungkinan pengajuan gadai BPKB motor atau mobil akan ditolak. Selain itu, pajak kendaraan juga harus dalam keadaan hidup, tidak dalam keadaan macet apalagi mati.

Baca juga: 12 Tempat Wisata Gratis di Tokyo Ini Mampu Sempurnakan Pelesiranmu di Jepang

Itu dia kelebihan dan kekurangan gadai BPKB motor atau mobil di Pegadaian yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Tapi dibanding gadai BPKB di tempat gadai di pinggir jalan yang kini banyak bertaburan di mana-mana, alangkah baik jika kamu memilih Pegadaian sebagai tempat menggadaikan BPKB karena sudah dijamin keamanannya. (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!