Rugi Triliunan Rupiah, 5 Film Ini Gagal Raih Predikat Box Office

4 menit
film box office
Salah satu adegan di film John Carter. (IMDB/Disney/Frank Connor)

Biasanya kita mendengar informasi tentang film box office yang cuannya sampai ratusan miliar hingga triliunan rupiah seperti yang dirasakan oleh Avengers. Tetapi tahukah kamu film layar lebar Hollywood yang gagal bahkan sampai rugi ratusan miliar rupiah?

Industri perfilman dunia memang menjadi magnet tersendiri bagi para pengusaha kelas kakap yang udah malang melintang di Hollywood puluhan tahun lalu. Perusahaan besar seperti Walt Disney, Warner Bros dan Universal Picture merupakan pemain besar yang sering menghasilkan film berkualitas.

Namun, di balik itu ada juga beberapa peristiwa dimana ekspektasi sebuah cerita film gak sesuai sama yang diharapkan oleh sebagian penikmat film dunia.

Alhasil keuntungan yang didapatkan dari perilisannya di bioskop-bioskop internasional gak mampu menutupi bujet produksi yang udah dikeluarkan sebelumnya.

Gak tanggung-tanggung ruginya bahkan ada yang mencapai dua kali lipat ongkos pembuatan filmnya lho. Daripada terus penasaran mending langsung aja nih liat 6 film yang gagal meraih predikat film box office karena rugi sampai ratusan miliar rupiah berikut ini.

Baca juga: 4 Pelajaran Finansial yang Bermanfaat Bisa Kamu Petik dari Film “Aladdin”

1. John Carter – Rp 3 triliunan

film box office
Salah satu adegan di film John Carter. (IMDB)

Mengutip dari Cheat Sheet, yang pertama gagal jadi film box office adalah John Carter yang dirilis tahun 2012 lalu. Ceritanya diambil dari kisah novel yang sebelumnya udah diterbitkan lebih dulu.

Yang bikin kagetnya lagi adalah rumah produksi serta distributor John Carter adalah Walt Disney yang terkenal sering banget menghasilkan film layar lebar kece.

Diperkirakan, kerugian yang dialami oleh manajemen sampai US$ 213 juta atau sama dengan Rp 3 triliunan. Beberapa penyebabnya antara lain adalah marketing, finansial dan eksekusi film yang jauh dari kata sempurna.

Kritikan pedas yang diberikan lewat website Rotten Tomatoes juga faktor lain penyebab gagalnya produk ini.

Baca juga: Ini 7 Petuah dari Film “Star Wars” Bisa Bikin Kamu Sukses Jadi Wirausahawan

2. The Lone Ranger – Rp 2,8 triliun

film box office
Salah satu adegan di film Lone Ranger. (IMDB)

Film yang dibintangi oleh aktor terkenal ternyata bukan jaminan bakal selalu sukses lho. Salah satunya adalah The Lone Ranger yang menghadirkan Johnny Depp sebagai pemeran utama.

Sama seperti John Carter, The Lone Ranger yang dibuat sekaligus didistribusikan oleh Walt Disney di tahun 2013 ini gak jadi film box office.

Kerugian yang didapatkannya selama ini diakibatkan karena dana marketing yang jor-joran tetapi hasilnya kurang laku di pasaran. Hasilnya uang sebanyak US$ 200 juta atau Rp 2,8 triliun melayang entah kemana.

Baca juga: 5 Film Indonesia Pas Libur Lebaran yang Patut Kamu Tonton

3. 47 Ronin – Rp 2,2 triliun

film box office
Salah satu adegan di film 47 Ronin. (IMDB)

Siapa yang gak kenal sama Keanu Reeves? Aktor kawakan Hollywood yang kariernya melejit lewat The Matrix ini harus rela menerima kenyataan filmnya mengalami kerugian hingga US$ 158 juta atau Rp 2,2 triliun.

Selain karena kurang laku di pasaran, salah satu alasan kenapa 47 Ronin mengalami kerugian sampai triliunan rupiah akibat bujet yang membengkak karena harus syuting ulang untuk beberapa scene.

Kejadian itu diminta langsung oleh sang sutradara Carl Rinsch yang merasa kurang puas atas eksekusinya.

4. Mars Needs Moms – Rp 1,9 triliun

film box office
Salah satu adegan di film Mars Need Mom. (IMDB)

Untuk film kartun, ada film berjudul Mars Needs Moms yang rilis tahun 2011 lalu. Ini juga gagal jadi film box office. Sebagian dari kamu mungkin ada yang tahu dan ada juga yang gak pernah mendengar sama sekali judul ini.

Total bujet dari pembuatan Mars Needs Moms mencapai US$ 175 juta atau Rp 2,5 triliun sedangkan pemasukan yang didapat hanya US$ 39 juta atau Rp 555 miliar. Sehingga meninggalkan kerugian mencapai Rp 1,9 triliunan .

Jumlah yang lumayan besar untuk sebuah film animasi yang sebetulnya dari sisi animasi lumayan bagus. Hanya aja plot cerita yang ditawarkan kurang maksimal.

5. Jupiter Ascending – Rp 1,8 triliun

film box office
Salah satu adegan di film Jupiter Ascending. (IMDB)

Terakhir ada Jupiter Ascending, film yang direncanakan untuk menjadi judul trilogi. Namun karena merasakan kenyataan yang pahit di pasaran jadi terpaksa rencana itu batal.

Lebih nyakitinnya lagi, aktor sama aktris yang dikontrak adalah Channing Tatum dan Mila Kunis yang udah punya nama di industri film Hollywood.

Kritikan pedas dari Internet Movie Data Base serta Rotten Tomatoes jadi faktor masyarakat ogah menyaksikan film berdurasi sampai 2 jam lebih 7 menit ini. Akhirnya pihak pengembang dan distributor harus merugi sampai US$ 129 juta atau Rp 1,8 triliun.

Itulah 5 film yang gagal jadi film box office karena merugi hingga triliunan rupiah. Niat raup untung gede, apa daya filmnya kurang laku di pasaran. Ternyata nama besar sebuah rumah produksi bukan jaminan film yang dihasilkan bakal selalu bagus ya. (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1