Walaupun Gajinya Rendah, 5 CEO Ini Memiliki Kekayaan yang Fantastis Lho

3 menit
gaji ceo
CEO Twitter, Jack Dorsey. (Shutterstock)

Banyak orang mengira gaji yang memiliki nilai paling besar adalah gaji CEO. Wajar aja sih kalau orang-orang berpikiran demikian. Soalnya, CEO adalah posisi pimpinan tertinggi dalam suatu perusahaan.

Dengan posisinya yang paling tinggi dalam suatu perusahaan, seorang CEO udah pasti mengemban tanggung jawab yang besar. Makanya, masuk di akal kalau gaji CEO itu sangat besar. 

Masa iya besaran gaji yang diterima CEO kalah dengan besaran gaji karyawan biasa? Terdengar mustahil, bukan? 

Walaupun banyak orang beranggapan gaji CEO pastilah besar, faktanya nih ada beberapa CEO yang diketahui mau dibayar rendah lho. Kamu boleh aja gak percaya, tapi berdasarkan data-data yang ada, para CEO tersebut gak keberatan dibayar lebih rendah dari karyawan.

Penasaran siapa aja para CEO yang rela dibayar rendah demi tanggung jawab yang besar? Berikut ini daftar namanya.

Baca juga: Berpenghasilan Tertinggi Sejagat, Gaji Elon Musk Setara 65 CEO!

Ini gaji CEO paling rendah yang diterima para eksekutif dari perusahaan-perusahaan besar

gaji ceo
CEO Alphabet, Larry Page. (Shutterstock)

Visual Capitalist memperoleh data besaran gaji CEO dari yang terendah hingga yang tertinggi. Dari data yang disajikan, ada beberapa CEO yang ternyata dibayar rendah, bahkan ada yang sangat rendah. Berikut ini daftar para CEO tersebut dan besaran gajinya pada tahun 2018.

CEO Perusahaan Gaji
Larry Page Alphabet US$ 1
Jack Dorsey Twitter US$ 1
A. Jayson Adair Copart US$ 203 ribu
Warren Buffett Berkshire Hathaway US$ 398 ribu
Valentin Gapontsev IPG Photonics US$ 1,7 juta

Sungguh fakta yang mengejutkan, ternyata Larry Page yang merupakan pendiri Google cuma mendapat gaji US$ 1 atau sekitar Rp 14 ribuan. Larry Page kini bekerja sebagai CEO di Alphabet Inc. yang merupakan induk perusahaan Google.

Meskipun terima gaji yang gak besar, Larry Page diketahui memegang saham Alphabet Inc. dalam jumlah besar lho. Larry Page tercatat memiliki saham Alphabet Inc. kelas C sebanyak 20 juta lembar dan kelas B sebanyak 20 juta lembar.

Gaji sebesar US$ 1 juga diterima CEO Twitter Jack Dorsey. Sama seperti Larry Page, posisi Jack Dorsey bukanlah CEO semata. Ia merupakan pendiri media sosial Twitter pada 21 Maret 2006. Walau bergaji rendah, Dorsey menjadi pemegang saham Twitter sebanyak 16,6 juta lembar.

CEO selanjutnya yang gak disangka-sangka menerima gaji rendah adalah Warren Buffett. Pemilik sekaligus CEO di Berkshire Hathaway ini menerima gaji sekitar US$ 398 ribu atau sekitar Rp 5,55 miliar. Buffett memiliki saham Berkshire Hathaway sebanyak 100 juta lembar.

Emang sih gajinya rendah, tapi berapa besar kekayaan mereka? Ini daftar besaran kekayaan mereka.

Baca juga: Kisah Sukses 4 CEO Top Dunia yang Memulai Karier sebagai Anak Magang

Digaji rendah, segini besaran kekayaan para CEO tersebut

gaji ceo
CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffet. (Shutterstock)

Tadi kamu udah tahu siapa aja para CEO yang digaji rendah. Para CEO itu sendiri bekerja di perusahaan yang mereka dirikan sendiri. Namun, mereka masih mencatat kepemilikan atas saham-saham perusahaan mereka tersebut.

Dengan mencatatkan diri sebagai pemilik saham, segini besaran kekayaan para CEO di atas. Berikut ini daftarnya.

CEO Besaran kekayaan
Larry Page US$ 52,5 miliar
Jack Dorsey US$ 5,5 miliar
A. Jayson Adair US$ 433 juta
Warren Buffett US$ 80,7 miliar
Valentin Gapontsev US$ 1,8 miliar

Nah, itu tadi daftar gaji CEO terendah dan para eksekutif yang menerimanya. Emang mereka punya gaji yang kecil, tapi lihat kekayaannya, fantastis banget! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!