Gak Bakal Telat, Gaji ke 13 PNS Cair Bulan Ini

2 menit
Gaji ke 13 PNS Cair Juni 2019 (Shutterstock)
Gaji ke 13 PNS Cair Juni 2019 (Shutterstock)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan, pencairan gaji ke 13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI/POLRI cair bulan ini. Dirinya menungkapkan gak akan ada keterlambatan.

Hal tersebut mengacu dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 tahun 2019. Tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2016.

Isinya menyangkut tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas kepada PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

“Sesuai dengan yang kita sampaikan akan dibayarkan pada bulan Juni ini. Nanti kita lihat,” kata Sri Mulyani di Jakarta.

Adapun, besaran jumlah gaji ke 13 ini sesuai dengan penghasilan yang diterima setiap bulannya dan tidak mengalami perubahan.

Anggarkan Rp 20 Triliun

Pada tahun ini, pemerintah telah menyediakan dana sebesar Rp 40 triliun untuk THR dan gaji ke-13 PNS. Dengan jumlah alokasi masing-masing Rp 20 triliun untuk THR dan Rp 20 triliun untuk gaji ke 13.

Menurut Sri Mulyani, pencairan THR dan gaji ke 13 memang dicairkan secara terpisah. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 tahun 2019.

Dalam aturan itu dijelaskan tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2016 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas kepada PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

“Ini sudah sesuai dengan yang kami sampaikan sebelumnya kalau gaji ke-13 akan dipisah dengan tujangan hari raya (THR),” paparnya.

Selain itu, waktu pencairan pada bulan Juni ini diharapkan akan memberikan keringanan bagi para PNS. Utamanya untuk membantu biaya sekolah para anak PNS hingga TNI dan Polri.

Tak hanya itu, pencairan THR dan gaji ke 13 juga diharapkan akan mendorong laju konsumsi yang. Terutama yang masuk kepada komponen Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal kedua 2019.

Hal ini tentu akan berdampak pada laju ekonomi nasional. “Kami berharap pengaruh terhadap PDB bulan ini akan lebih besar dibandingkan bulan-bulan biasa,” kata Sri Mulyani.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.