Gaji Kecil Itu Relatif! Makanya Cek Dulu Perbandingan Gaji di Sini

4 menit
cek-gaji

Merasa gaji kecil adalah alasan klasik untuk resign dari pekerjaan. Kata kuncinya adalah “merasa”. Makanya, cek gaji dulu sebelum gegabah dan keburu resign.

Kalau mengundurkan diri hanya karena perasaan, kok rasanya kurang bijak. Pemberian gaji bisa dipengaruhi banyak hal.

Mungkin buat kamu, gaji itu kurang. Tapi ternyata dari sisi manajemen dianggap wajar, atau mungkin kelebihan.

Misalnya kamu seorang account executive yang berpengalaman. Gajimu Rp 5 juta. Ternyata kolegamu yang lebih muda gajinya sama denganmu.

Nah, di saat inilah kamu merasa gaji kurang. Padahal, usut punya usut, account executive yang lebih muda itu lulusan luar negeri dan pengalamannya gak kalah.

Ternyata perasaan gaji kurang itu hanya dilatari rasa iri. Jika inilah yang terjadi, keputusan resign bisa dibilang tak layak diambil.

Beda ceritanya jika gajimu ternyata benar-benar di bawah standar secara umum. Kalau begitu, boleh deh protes atau cari kerjaan baru yang lebih baik.

cek-gaji
Gaji sering jadi faktor yang membuat pegawai resign, meski sebenarnya sudah sesuai (twitter)

Nah, baru-baru ini Badan Pusat Statistik merilis data gaji rata-rata buruh alias pegawai se-Indonesia berdasarkan sektor kerja.

Data itu bisa kamu jadikan patokan untuk cek gaji. Apakah gajimu di bawah, di atas, atau sesuai dengan angka rata-rata? Jika ternyata gajimu di bawah rata-rata, baru deh bisa dipertimbangkan untuk resign.

Berikut ini daftar gaji buruh seperti tertulis di data Badan Pusat Statistik:

  1. Jasa keuangan dan asuransi Rp 4,13 juta
  2. Pertambangan dan penggilingan Rp 4,13 juta
  3. Informasi dan komunikasi Rp 4.06 juta
  4. Administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib Rp 3,81 juta
  5. Pengadaan listrik dan gas Rp 3,42 juta
  6. Transportasi dan pergudangan Rp 3,17 juta
  7. Jasa perusahaan Rp 3,13 juta
  8. Real estat Rp 3,07 juta
  9. Jasa kesehatan dan kegiatan sosial Rp 2,97 juta
  10. Pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah, dan daur ulang Rp 2,89 juta
  11. Jasa pendidikan Rp 2,71 juta
  12. Konstruksi Rp 2,63 juta
  13. Industri pengolahan 2,48 juta
  14. Perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor Rp 2,16 juta
  15. Penyediaan akomodasi dan makan minum Rp 2,10 juta
  16. Pertanian, kehutanan dan perikanan Rp 1,76 juta
  17. Jasa lainnya Rp 1,44 juta

Data gaji di atas didapatkan dari seluruh Indonesia. Artinya, besar kemungkinan ada ketimpangan karena upah minimum yang berbeda-beda, terutama antara kota besar dan kota kecil.

Untuk memperdalam data, kita bisa menengok beberapa situs seputar karier yang punya fitur cek gaji. Data ini bisa dikatakan lebih detail dan terjurus, terutama yang memuat nama perusahaan dan posisi kerja. Tapi gaji presiden gak ada ya.

cek-gaji
Kalau PNS, gaji udah ada rumusnya. Terima atau tidak, gitu aja (berita.baca.co.id)

Berikut ini beberapa situs yang bisa dijadikan rujukan:

1. Qerja

Situs ini pernah jadi juara kompetisi start-up pada 2015. Di dalamnya termuat informasi seputar karier, terutama lowongan kerja.

Mereka yang sudah bekerja pun banyak terdaftar. Jumlah gaji per posisi dan nama perusahaan tersedia, tapi tidak semuanya.

Data itu diberikan oleh pekerja yang bersangkutan yang memang terdaftar di situs itu. Misalnya kamu kerja di PT ABC, nah, kamu bisa memasukkan data gaji dan perusahaanmu ke situ. Nanti orang lain yang terdaftar bisa melihatnya sebagai pembanding.

2. Karir

Di situs ini kamu gak hanya bisa cek gaji, tapi juga bisa memperkirakan berapa seharusnya gaji yang kamu dapat saat ini. Fitur itu dinamai Salary Benchmark.

Kamu pun bisa dituntun untuk mengatur gaji lebih baik lewat fitur tersebut. Jika ternyata gajimu belum sesuai dengan standar, ada panduan tentang perusahaan dan level plus gaji yang dianggap lebih pas.

3. Gajimu

Dari namanya sudah ketahuan apa isi situs ini. Di Gajimu.com, kamu bisa melihat besaran gaji berdasarkan sektor hingga gaji pegawai negeri sipil. 

Di sana pun ada fitur kalkulator gaji untuk mengecek kelayakan gajimu saat ini. Yang gak kalah menarik, ada bantuan informasi mengenai aturan ketenagakerjaan.

Jadi, kalau ada yang sekiranya salah dalam sistem kerja, kamu bisa menjadikan informasi di sini sebagai rujukan. Disediakan pula hadiah menarik buat kamu yang bersedia mengisi survei gaji lho.

cek-gaji
Mau gaji segede gaban? Jadi anggota DPR saja (sumeks.co.id)

4. Jobplanet

Tahu TripAdvisor.com situs review hotel itu? Jobplanet mirip-mirip. Bedanya, yang di-review di sini adalah perusahaan, termasuk gaji pegawainya tentu saja.

Anggota situs ini bisa secara anonim menulis review tentang pengalaman kerjanya di suatu perusahaan. Orang lain yang terdaftar dapat melihatnya untuk dijadikan referensi.

Situs ini terutama penting buat pencari kerja. Informasi review di sana bisa kamu pakai sebagai patokan sebelum mendaratkan e-mail lamaran kerja ke suatu perusahaan.

5. Job-like

Nama perusahaan, posisi kerja, dan gaji pegawainya tersedia di situs ini. Job-like sangat mudah dioperasikan dan wajib dikunjungi buat pencari kerja.

Ketika mengeklik salah satu perusahaan, kamu bisa melihat info komplet dari review, cek gaji, hingga lowongan yang sedang buka. All-in-one deh pokoknya.

Gaji adalah komponen pokok dalah suatu pekerjaan. Itu sebabnya demo rutin dilakukan setiap kali menjelang Hari Buruh.

Kalau kamu berniat resign atau sedang cari kerja, situs-situs di atas bisa ditengok dulu buat cek gaji sebelum membuat keputusan. Semoga beruntung!

Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.