Tandingan Kopassus, Berapa Gaji Anggota 6 Pasukan Khusus Paling Mematikan di Dunia?

4 menit
pasukan khusus
Anggota Kopassus bersepeda di car free day, Jakarta. (Shutterstock)

Menjaga keamanan wilayah sebuah negara adalah tugas dan kewajiban militer. Dalam kondisi tertentu dibutuhkan gerak cepat pasukan khusus supaya gangguan keamanan yang terjadi bisa diatasi dengan cepat dan efektif.

Buat mengatasi sebuah masalah diperlukan strategi yang matang supaya gak menimbulkan korban jiwa. Selain strategi, dibutuhkan juga sumber daya manusia yang mumpuni agar rencana bisa berjalan dengan zero mistake.

Menghasilkan tentara-tentara yang berkualitas wahid bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu, proses dan seleksi yang gak instan. Apalagi kalau bujet yang dianggarkan sebuah negara terbatas, hambatannya jadi lebih banyak lagi.

Selama ini kita memiliki pasukan khusus bernama Kopassus yang beranggotakan personel-personel terbaik dari berbagai kesatuan di TNI. Gak tanggung-tanggung, Kopassus juga cukup disegani di antara pasukan-pasukan khusus dari negara lain.

Berbagai prestasi pun sudah diraih, mulai dari misi penyelamatan sandera pembajakan pesawat, misi menjatuhkan teroris hingga juara lomba adu tembak bareng militer negara sahabat.

Ngomong-ngomong soal gaji nih, sebagai informasi, gaji TNI, yang berarti juga termasuk anggota Kopassus, berkisar antara Rp 1,56 juta hingga Rp 5,6 juta. Kecil? Tenang, itu baru gaji pokoknya aja kok. Para anggota TNI juga mendapatkan berbagai tunjangan, dari tunjangan istri dan anak, tunjangan beras, tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, tunjangan operasional pengamanan, dan uang lauk pauk.

Selain Kopassus kira-kira pasukan khusus dari negara mana ya yang punya keahlian sebanding? Mending simak aja nih daftarnya berikut ini, mengutip dari Business Insider.

Baca juga: Berapa Gaji Seorang Komandan Paspampres? Simak di Sini Yuk!

1. SAS

pasukan khusus
Lencana pasukan SAS. (Shutterstock)

Gelar pasukan khusus paling mematikan disabet oleh pasukan khusus asal Inggris, Special Air Service (SAS) yang lahir pada tahun 1941. SAS merupakan salah satu militer elit tertua dunia yang menginspirasi banyak negara.

Tugasnya gak cuman menumpas teroris di negara Iraq tetapi juga menyelamatkan sandera serta aksi penyergapan. Motto yang selalu digunakan oleh para anggotanya adalah “Who Dares Wins”.

Hampir 90 persen lebih tentara yang coba gabung gagal dalam proses seleksinya. Kalau berhasil masuk, pendapatan yang diraih oleh anggotanya sampai 25 ribu poundsterling atau Rp 453 juta dalam satu tahun.

Baca juga: Berapa Sih Gaji TNI? Simak Info Selengkapnya di Sini!

2. Delta Force

pasukan khusus
Lencana Delta Force. (Logolynx)

Kalau kamu pernah nonton film Black Hawk Down yang sempat booming tahun 90an pasti mengetahui pasukan khusus bernama Delta Force. Tentara yang berasal dari Amerika Serikat ini dibentuk sejak tahun 1977 guna melawan teroris.

Salah satu misinya yang pernah dijalani adalah menginvasi kelompok Taliban di Afghanistan tahun 2001 pasca peristiwa 9/11. Menurut salah satu tim perekrut, hanya 12 dari 240 orang peserta seleksi yang berhasil lolos menjadi tim Delta Force.

Anggota pasukan elit Amerika Serikat ini digaji termurah sekitar US$ 32 ribu atau setara Rp 455 juta per tahun.

Baca juga: Segini Besar Gaji Pokok dan Tunjangan yang Diterima Presiden RI

3. Navy SEAL

pasukan khusus
Lencana Navy SEAL. (Wikimedia Commons)

Pasukan khusus dari militer angkatan laut Amerika Serikat ini dikenal memiliki kemampuan yang lengkap banget nih, mulai dari menembak sasaran, menyergap secara diam-diam sampai berenang dalam waktu yang lama.

Bahkan, salah satu proses rekrutnya sendiri sampai berenang menyeberangi samudera lepas dengan kondisi tangan serta kaki diikat. Jadi bisa dibayangin deh betapa susahnya jadi anggota kesatuan Navy SEAL yang udah berdiri sejak 1962.

Sangking susahnya hanya 6 persen dari total tentara yang berhasil lolos menjadi bagiannya. Dan kalau udah diterima gaji yang didapatkan juga sangat lumayan sekitar Rp 21 jutaan per bulan.

4. Sayeret Matkal

pasukan khusus
Lencana Sayeret Matkal. (Redbubble.net)

Sedikit bergeser ke negara Israel ada tim elit bernama Sayeret Matkal yang dibentuk pada tahun 1957. Tugasnya mirip seperti Navy Seals yang mengatasi segala bentuk kejahatan yang sulit diatasi.

Salah satu kasus yang membuat namanya populer ialah menangkap seorang sopir taksi bernama Eliyahu Gurel yang menyelundupkan 4 warga Palestina di sebuah lubang pabrik sedalam 10 meter tahun 2003.

Rata-rata tentara angkatan bersenjata Israel dibayar sekitar Rp 7 jutaan per bulan, sedangkan untuk pasukan elit seperti Sayeret Matkal angkanya berpotensi lebih besar dari itu.

5. Alpha Group

pasukan khusus
Lencana Alpha Group. (Wikimedia Commons)

Rusia juga gak mau kalah dengan Inggris, Amerika dan Israel yang punya pasukan elit yang dinamakan dengan Alpha Group. Tim ini dibentuk oleh Komite keamanan Rusia atau KGB pada tahun 1974. Kala itu, Rusia masih tergabung dalam Uni Soviet.

Salah satu tugas utamanya adalah menanggulangi terorisme yang berhubungan sama negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin. Tahun 1979 mereka juga sempat datang ke Afghanistan untuk mengamankan kedutaan besar Rusia di sana.

Setiap bulannya tentara Rusia diberi upah sekitar Rp 6,6 juta. Layaknya Sayeret Matkal angka yang lebih besar mungkin bakal didapatkan oleh Alpha Group.

6. Special Service Group

pasukan khusus
Lencana SSG. (Wikimedia Commons)

Walaupun bukan negara yang punya bujet melimpah untuk tentaranya tetapi Pakistan memiliki pasukan khusus bernama Special Service Group atau yang dikenal SSG.

Berdiri sejak tahun 1956, SSG memberlakukan latihan yang berat banget kepada anggotanya seperti berjalan sejauh 58 kilometer dalam waktu 12 jam serta 8 kilometer dalam 50 menit dengan pakaian perang lengkap.

Pada Oktober 2009 lalu mereka berhasil menyelamatkan sebuah 39 orang di gedung perkantoran yang diduduki militan Taliban. Sebelum melakukan aksi tersebut para teroris juga sempat menyerang markas SSG terlebih dahulu.

Kalau besaran gaji yang mereka dapat, memang sulit ditemukan yang akurat. Namun, dikutip dari soldiers.pk, para perwira SSG mendapat gaji sekitar 10.000 Pakistan Rupee atau sekitar Rp 900 ribu lebih besar dari perwira biasa.

Nah itulah 6 pasukan khusus yang punya keahlian mirip sama Kopassus yang dimiliki oleh Indonesia. Walaupun anggotanya berbeda-beda namun mereka memiliki tugas yang sama yaitu menciptakan keamanan bagi negara. (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!